Beda Karakter Pembeli Mobil BMW Dengan Mobil Merek Jepang di Indonesia

10/05/2018 Fat Pasar Mobil

Ada banyak segmen kendaraan roda empat di Indonesia. Hal ini sejalan dengan beragam karakter konsumen yang ada. Secara umum karakter konsumen pembeli mobil di tanah air terbagi menjadi tiga. Kalangan bawah, menengah dan kalangan atas. Ketiganya pun berasal dari berbagai profesi dan jenis pekerjaan.

Generasi terbaru, All New BMW X3 harganya lebih dari 1 miliar

All New BMW X3 diluncurkan secara resmi di pameran IIMS 2018 JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat (19/04/2018), harganya lebih dari Rp 1 miliar, namun tetap laris manis

Bagaimana dengan BMW, seperti apa karakter pembeli mobil asal Jerman tersebut?

Jodie O'tania, Vice President Director Corporate Communication BMW Group Indonesia menuturkan kalau pembeli mobil BMW kebanyakan adalah pelaku bisnis. Dan ini sedikit banyak mempengaruhi cara pembelian yang dilakukan, kredit atau tunai. Menurut Jodie kebanyakan pembelian dilakukan secara tunai dari pada kredit.

"Tetapi tergantung dari segmen atau mobilnya juga. Untuk Seri 3 dan X1 kebanyakan kredit, tetapi di luar itu sudah membeli tunai semua," tutur Jodie di sela-sela acara BMW Destination X di Bromo, Jawa Timur, Selasa (8/5/2018).

Event BMW Destination X di Bromo, Mei 2018

Event BMW Destination X di Bromo, Jawa Timur, Selasa (8/5/2018), BMW bawa model baru All New BMW X3

>>> Meski Ada Regulasi Baru Soal Pajak, Harga BMW Tak Bakal Turun

Jodie melanjutkan, pembeli BMW model sedan Seri 5, Seri 6 dan Seri 7 rata-rata adalah pebisnis yang memang membutuhkan kendaraan berkelas untuk mobilitas sehari-hari dan bukan dijadikan sebuah investasi. Uang yang dipakai pun uang mati, bukan untuk perputaran bisnis. Jadi, wajar bila kebanyakan mereka membeli model di atas secara tunai.

"Jadi menurut mereka uang yang mereka punya untuk membeli mobil itu uang mati, jadi mereka lebih memilih membeli secara tunai, lain cerita dengan pembeli Seri 3 dan X1 yang rata-rata masih banyak yang kredit," tambah Jodie.

Karakter-karakter pembeli mobil BMW di atas berbeda cukup jauh bila dibanding pembeli mobil merek Jepang. Khususnya yang bermain di kelas menengah ke bawah, pembelian unit mobil merek Jepang lebih banyak dilakukan secara kredit dari pada harus membayar kontan.

Soal hasil penjualan BMW terbilang cukup positif. Data pengiriman mobil dari pabrik ke dealer yang tercatat di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada kuartal I tahun 2018 (Januari - Maret) mencapai 566 unit. Kontribusi terbesar dipersembahkan oleh model BMW Serie 3.

Mobil listrik BMW i8 di IIMS 2018, nampak keren

BMW juga membawa mobil listrik BMW i8 untuk diperkenalkan kepada publik di pameran IIMS 2018

>>> Capai Rp 4,08 Triliun, Transaksi Pameran IIMS 2018 Jauh Melampaui Target

Di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang diselenggarakan tanggal 19-29 April lalu, BMW Group Indonesia juga mencatatkan hasil menggembirakan. Lebih dari 600 unit mobil BMW dan MINI dipesan pengunjung pameran, didominasi model baru All New BMW X3 yang menyumbangkan penjualan paling besar mencapai 10 persen.

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif di mobilmo.com

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca