Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020: Mobil Suv Premium Harga Terjangkau

29/04/2020| Abdul

1. PENGANTAR BMW X1 SDRIVE18I XLINE 2020

Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020 Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 1 November 2019 yang bertempat di De Luca Restaurany, Plaza, Jakarta. X1 menjadi salah satu kendaraan BMW yang ikut menyumbang pemasukan terbesar di Indonesia, meskipun untuk seri X merupakan model paling rendah.

Apabila dilihat dari desainnya memang menawan dengan fitur yang menarik. Dari segi harga tergolong murah sehingga mendapatkan tempat untuk para pecinta mobil SUV Tanah Air. Setelah 3 tahun mengaspal, kali ini pihak BMW menghadirkan versi facelift nya yang telah diberikan beragam peningkatan dan juga tambahan fitur di dalamnya. Penasaran dengan keunggulan yang dimiliki, mari kita lihat informasinya yang kami rangkum dalam spesifikasi BMW X1 sDrive18i xLine 2020.

2. EKSTERIOR BMW X1 SDRIVE18I XLINE 2020

Review X1 sDrive18i xLine 2020: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Desain grille baru tampil lebih menarik

Pada bagian depan menggunakan desain kidney grille baru yakni grille one piece yang dibuat lebih lebar. Selain itu, untuk lampu depan didesain baru yang juga dibuat dengan lebih besar yang telah diberikan fitur adaptif, sehingga visibilitas di malam hari jadi lebih baik. Berbeda dengan sebelumnya, untuk fog lamp kali ini berbentuk persegi panjang yang terdapat di bagian bumper bawah.

Sementara itu, terdapat lubang udara yang dapat menyalurkan angin menuju ke bagian ban. Tujuannya adalah angin yang masuk dapat berguna untuk mendinginkan sistem pengereman. Lubang udara juga terdapat pada  bagian kiri bawah yang dapat memberikan bantuan dalam mendinginkan bagian intercooler oli. Namun untuk kanan ditutup supaya aerodinamika kendaraan tetap terjaga.

Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Sisi samping juga terkesan akan kemewahannya

Menuju ke bagian samping BMW X1 sDrive18i xLine 2020. Yang mana kesan mewah langsung terpancar pada bagian ini. Terdapat aksen selamat datang di sisi sampingnya ini berupa lampu yang menyorot ke bawah di bagian spion. Hal tersebut membuat tanda X1 di samping pintu mobil dari SUV besutan BMW satu ini.

Untuk perubahannya terdapat pada bagian side skirt yang didesain seperti footstep sehingga membuat tampilannya jadi lebih sporty. Meskipun aksennya hanya berupa hiasan karena ground clearance yang dimiliki tergolong rendah. Ada yang menarik lagi, yang mana saat membuka pintu maka akan disapa dengan side silk yang menggunakan warna hijau.

Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Lampu belakang juga dibuat lebih besar dan menuju ke sisi samping

Saat melihat bagian belakang akan menemui lampu belakang yang ukurannya lebih besar dan dibuat menuju ke sisi samping. Hal tersebut seakan mengikuti desain dari BMW terbaru. Dengan melalui BMW Comfort Access pemilik hanya perlu menggerakkan kaki saja di dekat bumper untuk membuka bagasi yang dimiliki. Sementara untuk sisi bawahnya telah diberikan skid plate yang menggunakan aksen warna silver dipadukan dengan pipa knalpot berukuran 90 mm.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR BMW X1 SDRIVE18I XLINE 2020

Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020: Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Interior mewah dengan dibekali fitur mumpuni

Salah satu pendukung kenyamanan di dalam mobil adalah dengan menggunakan bahan material soft-touch. Hal tersebut juga membuat bagian dashboardnya tampak lembut yang dipadukan dengan interior yang didesain ergonomis. Dashboardnya tersebut juga dibekali dengan sistem infotainment dengan ukuran 8,8 inci yang sudah menggunakan layar sentuh. Ditambah lagi pada tuas transmisi telah mengandalkan joystick sehingga berbeda dengan model sebelumnya.

Sementara untuk bagian kemudi sudah menggunakan lapisan kulit dan begitu multi fungsi. Hal tersebut berkat penggunaan beberapa tombol pada kemudinya sehingga bisa digunakan untuk mengoperasikan berbagai fitur yang terdapat pada kendaraan. Sementara itu, untuk pengaturan kemudi telah dibekali dengan tilt-telescopic sehingga bisa menyesuaikan dengan kenyamanan masing-masing. Bahkan dari pihak BMW memberitahukan mengenai adanya M-Steering supaya penanganan bisa lebih responsif pada BMW X1 sDrive18i xLine 2020.

Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok belakang BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Jok nyaman dengan headroom dan legroom yang lega

Menuju ke bagian jok mobil, pihak BMW menggunakan bahan material kulit artificial yang memang khas dari BMW. Yang mena dengan bahan material tersebut kenyamanan akan dirasakan ketika mendudukinya. Pada kursi pengemudi terdapat pengaturan sehingga bisa disesuaikan kenyamanan pengemudi seperti dalam menopang paha. Sementara itu, terdapat pula pengaturan elektrik dan juga dibekali fitur memori sehingga dapat menyimpan pengaturan kursi terakhir digunakan.

Pada bagian belakang jok mobil ada saku yang bisa dipakai untuk menempatkan buku atau barang lainnya bagi penumpang. Meskipun kursi bagian depan dimundurkan, pada penumpang baris kedua akan tetap mendapatkan legroom dan headroom yang lega.

Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Bagasi luas apalagi saat jok belakang dimajukan

Sebagai kendaraan SUV yang ditujukan untuk keluarga, maka bagasinya dibuat dengan lebih baik. Seperti misalnya pada bagian lantai yang dibuat rata dan lantai dapat dibuka supaya menjadi ruang tambahan bagi pemilik untuk menempatkan barang bawaan. Untuk menambah ruang bagasi, kursi baris kedua dapat dimajukan dengan menggunakan sistem elektrik.

Jika melihat informasi dari pihak BMW, kapasitas bagasi yang dimiliki BMW X1 sDrive18i xLine 2020 adalah 505 liter dan memiliki ruang maksimalnya adalah 1.550 liter. Dengan pemasangan ban flat tire menjadikan mobil ini tidak perlu membawa ban cadangan di dalam bagasi.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR BMW X1 SDRIVE18I XLINE 2020

Sebagai mobil dalam lini terendah dari BMW X-Series di Indonesia, namun dari segi fitur terbilang mumpuni. Salah satu fitur yang diberikan adalah Apple CarPlay wireless  yang daman memberikan kompatibilitas dengan tidak melalui kabel. Hal tersebut dapat menghasilkan pengaturan yang lebih cepat dengan melalui iPhone. Memang tidak menggunakan kabel, namun untuk sistemnya tetap responsif.

Gambar ini menunjukkan fitur pada mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Fitur mumpuni dengan sistem keselamatan yang banyak

Fitur lainnya yang diberikan adalah suspensi adaptif, dengan mengandalkan fitur ini maka untuk pengaturan suspensi akan dilakukan secara otomatis. Jadi pada saat melintasi jalanan yang kurang bagus maka suspensi jadi lembut. Begitu pula saat berada pada kecepatan tinggi maka suspensi otomatis mengeras.

Selanjutnya untuk keselamatan diberikan fitur airbag dan seatbelt 3 titik yang sudah Tensioner dan juga Belt Force Limiter. Sistem keselamatan yang diberikan pada BMW X1 sDrive18i xLine 2020 terbilang banyak seperti DDC (Dynamic Stability Control), ASC (Automatic Stability Control), Multi Collision Brake, DTC (Dynamic Traction Control) dan DBC (Dynamic Brake Control).

>>> Review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019: Mobil SUV Premium Dengan Fitur Berlimpah

5. OPERASI BMW X1 SDRIVE18I XLINE 2020

Gambar ini menunjukkan mesin mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Mesin 3 silinder dengan efisiensi BBM yang tinggi

Menuju ke bagian performa, pihak BMW memberikan mesin 3 silinder 1.5 liter. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 140 Dk dan torsi puncak yang dapat dihasilkan adalah 220 Nm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke bagian roda depan dengan mengandalkan transmisi otomatis 7 percepatan. Efisiensi bahan bakar yang dimiliki terbilang tinggi karena pengaturan mesin baru.

>>> Tanpa Indonesia, Penjualan Mobil Listrik BMW Di 2018 Melampaui Target

6. SPESIFIKASI BMW X1 SDRIVE18I XLINE 2020

Berikut ini adalah tabel spesifikasi mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2020 :

DIMENSI

Panjang

4.439 mm

Lebar

1.821 mm

Tinggi

1.598 mm

Kapasitas Bagasi

505 liter (1.550 liter maksimal)

Jarak Poros Roda

2.670 mm

Berat

1.677 kg

MESIN

Tipe Mesin

3 silinder 1.5 liter

Kapasitas Silinder

1.499 cc

Percepatan (0-100 km/jam)

5.6 detik

Kecepatan Tertinggi

201 km/jam

Tenaga Maksimal

140 dk

Torsi Maksimal

220 Nm

Transmisi

Otomatis 7 percepatan DCT

KAKI-KAKI & SUSPENSI

Pelek

18 inci light alloy wheels Y-spoke

Ban

Runflat tyres

Suspensi

Suspensi Adaptif

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN BMW X1 SDRIVE18I XLINE 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan BMW X1 sDrive18i xLine 2020 menurut pandangan kami :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur mumpuni dengan kecanggihan di dalamnya

Di Indonesia hanya terdapat satu varian saja

Kemewahan tampak di bagian luar dan dalam serta terdapat beberapa pembaruan

Agar mendapatkan harga yang kompetitif terdapat beberapa fitur yang dipangkas

8. DAFTAR HARGA BMW X1 SDRIVE18I XLINE 2020

Bila dibandingkan dengan saudaranya, harga yang ditawarkan terbilang lebih terjangkau. Adapun harga BMW X1 sDrive18i xLine 2020 mulai Rp. 739 jutaan Off The Road. Bila dibandingkan dengan generasi pertamanya terpaut Rp. 20 jutaan karena harganya adalah Rp. 719 jutaan.

9. VIDEO BMW X1 SDRIVE18I XLINE 2020

10. KESIMPULAN BMW X1 SDRIVE18I XLINE 2020

BMW X1 sDrive18i xLine 2020 mempunyai tampilan yang sangat mengesankan dengan fitur yang diberikan berkelas premium. Untuk perubahan yang tampak pada bagian luarnya adalah desain kidney grille yang dibuat lebih besar dengan tampilan lampu berbeda baik depan maupun belakang. Sementara itu, tuas transmisi yang dimiliki juga bergaya baru yakni joystick. Mobil ini menggabungkan kepraktisan sebagai kendaraan keluarga untuk sehari-hari dengan kemewahan di dalamnya.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

International