Review All New Mazda6 Sedan 2018, Siap Dominasi Para Rivalnya

22/08/2018 Metodius Review Mazda

Bagi siapapun yang ingin bertarung dalam industri otomotif tanah air harus memiliki amunisi terbaiknya. Salah satu segmen yang masih tetap bertahan meskipun sedang tidak begitu bagus tren penjualannya adalah sedan, kepercayaan diri Mazda tetap ada untuk meraup pasar potensial di Indonesia. Pada kuartal kedua di tahun 2015 Mazda meluncurkan All New Mazda6.

1. PENGANTAR

Review All New Mazda6 Sedan 2018 - Bukan sekedar coba-coba karena telah melihat kesuksesan Mazda2 yang mampu menjadi pendongkrak utama penjualan Mazda di tanah air, melainkan Mazda ingin menjadikan sedan andalannya ini jadi jawara dikelasnya. Mobil sedan premium ini memang masuk kedalam sedan menengah dan akan bertarung dengan Toyota Camry, Nissan Teana hingga Honda Accord. Kami melihat segmen ini masih akan tetap sengit, meskipun Camry masih menjadi jawara, bukan tidak mungkin publik akan beralih kepada Mazda6 yang notabene terlihat lebih sporty, agresif dan tentunya asyik untuk dikendarai sendiri. Memanfaatkan momen yang tepat dalam ajang GIIAS 2018, PT Eurokars Motor Indonesia selaku agen pemegang merek  (APM) Mazda meluncurkan All New Mazda6 Sedan bersamaan dengan varian Estatenya. Dalam catatan yang tim kami peroleh, All New Mazda6 Sedan cukup mendapat perhatian dari para pengunjung, dan terbukti mengukuhkan penjualan sebanyak 8 unit. Angka tersebut sudah cukup baik, mengingat mobil ini adalah sedan yang premium dan cukup mahal dibandingkan beberapa varian lainnya. Mobilmo.com akan membahas lebih jauh lagi mengenai All New Mazda6 Sedan 2018, mari ikuti review lengkapnya.

2. EKSTERIOR

Pada bagian eksteriornya total berubah dari varian sebelumnya, menjadikan All New Mazda6 Sedan 2018 semakin mewah dan stylish. Beberapa hal yang menjadi kesamaan dengan varian Estate dari bagian luar, terutama depan dan samping masih sama, lantas mari kita kupas satu-persatu.

Review All New Mazda6 Sedan 2018: Sisi Depan

Bumper Mazda6 Sedan 2018 Baru Dengan Grill Lebih Elegan

Bagian Depan Mazda6 Sedan 2018

Grill ini membuat Mazda6 Sedan semakin jauh berubah ke arah positif, balutan krom memenuhi bagian depannya. Model trapezodial pada grillnya sudah sangat cantik, tetapi tidak sampai situ saja, Mazda masih membekali Sedannya ini dengan lampu utama Adaptive LED Headlight (ALH), yang ditunjang dengan LED with automatic levelling dan juga Daytime Running Lamp (DRL) tentu dengan fitur Automatic on/off function.

Review All New Mazda6 Sedan 2018: Sisi Samping

Bagian Samping Mazda6 Sedan 2018 Sangat Stylish dan Elegan

Tampak Samping Mazda6 Sedan 2018 

Seperti khas sedan pada umumnya, desain samping ini menampilkan sisi spoty pada suatu mobil. Mazda6 tampil dengan list krom menyelimuti kaca sampingnya, serta garis lancip yang bergerak hingga ke samping pintu depan mobil, dan juga garis tipis nan sporty pada bagian bawah pintunya. Pada kaca spion mobil telah full elektrik ditambah Power Fold dan side turning lamps., dan tidak lupa desain pelek terbaru dengan ukuran 19 inci.

Review All New Mazda6 Sedan 2018: Sisi Belakang

Desain Mewah Terpancar Pada Bagian Belakang Mazda6 Sedan 2018

Bagian Belakang Mazda6 Sedan Dengan Lampu LED

Pada bagian belakang, sama seperti sisi depan, masih dibekali lampu LED pada lampu belakangnya. Sama seperti varian Estatenya, terdapat list krom ditengah yang menyambungkan antara kedua sisi lampunya, bukan seperti menyambungkan saja, melainkan garnish ini memberikan pesan bahwa sedan ini semakin mewah. Mazda6 Sedan 2018 ini memiliki beberapa pilihan warna, diantaranya Snowflake White Pearl Mica, Soul Red Crystal, Jet Black Mica, dan Machine Grey Metallic.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Perubahan juga ada pada bagian dalamnya, dan kini interior Mazda6 Sedan 2018 mendapat pembaruan yang diperoleh dari filosofi desain human-centered Mazda yang mengedepankan kenyamanan berkendara hingga detail terkecil. Klaim Mazda ada banyak pengukuran dan penyesuaian untuk mendapatkan titik kenyamanan terbaik bagi pengemudi hingga penumpang.

Review All New Mazda6 Sedan 2018: Interior

Secara umum, interior mobil ini sangat mewah, kenyamanan akan mudah Anda dapatkan ketika memasukinya. Semua faktor mendukung, mulai dari warna kabin, warna dashboard, material kursi bahkan hingga penggunaan sound speaker yang membuat suara jauh lebih enak didengar.

Review All New Mazda6 Sedan 2018: Kursi

Kursi Mazda6 Sedan 2018 Begitu Eksklusif Dan Mewah

Kursi Dengan Material Nappa Leather

Nampaknya usaha Mazda sudah mulai terlihat keberhasilannya, karena kami merasa duduk di kursi All New Mazda6 Sedan 2018 ini nyaris sempurna. Perhitungannya dirasa pas antara posisi kursi dengan posisi duduk natural manusia. Nappa Leather menjadi andalan Mazda6 Sedan 2018, selain material ini eksklusif namun juga sangat lebut. Hebatnya agi kursi pengemudi memiliki pengaturan hingga 10-arah dan dapat diatur dengan elektrik, mulai dari maju/mundur, posisi sudut sandaran, posisi penyangga pinggang, tinggi dan kemiringan kursi. Adapula memori yang akan menyimpan dengan mudah posisi kursi bersamaan dengan proyeksi tingkat kecerahan pengaturan konten dari Active Driving Display.

Review All New Mazda6 Sedan 2018: Dashboard

Dashboard Mazda6 Sedan 2018 Dengan Material Empuk

Dashboard Keren dan Elegan Dari Versi Sedan

Penampilan dashboard cukup penting, pada Mazda6 Sedan ini material dashboard begitu empuk. Di sisi tengah terdapat Center display berukuran 8 inci yang sengaja dibuat sedikit ke atas dashboard. Layar canggih ini membentuk keseimbahan antara kabin dengan teknologi terbaik dari Mazda, dan kami rasa juga meningkatkan kemudahan penggunaan jarak pengelihatan pengemudi.

Review All New Mazda6 Sedan 2018: Setir

Setir Mazda6 Sedan 2018 Stylish Dengan Banyak Fungsi

Kemudi Mazda6 Selain Pas Juga Banyak Fitur

All New Mazda6 Sedan 2018 memiliki kemudi yang tidak terlalu besar namun tidak terlalu kecil, selain pas dan nyaman digenggam, adapun beberapa teknologi dan fitur penting dalam kemudi mobilnya. Terdapat pengaturan yang dapat dengan mudah dikendalikan dari sisi kemudi bagian kiri dan kanan, seperti tombol audio, lalu cruise control, voice command, hingga telepon.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Fitur Keselamatan Mazda6 Sedan 2018

Fitur Safety Mazda6 Sedan 2018

Ada beberapa fitur keselamatan umum dan khas pada All New Mazda6 Sedan 2018 ini, beberapa fitur tersebut diantaranya i-ACTIVESENSE , yang akan memberikan deteksi awal pada berbagai kondisi pengendaraan sehingga mencegah terjadinya kecelakaan. Fitur i-ACTIVESENSE yang ada pada mobil ini adalah Adaptive LED, Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross-Traffic Alert (RCTA), Lane-Departure Warning System (LDWS), Lane-keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support, Smart City Brake Support Rear (SCBS R), Dynamic Stability Control & Traction Control System (DSC/TCS), Antilock Braking System (ABS), Driver Attention Alert (DAA), serta 360 View Monitor. Serta yang umum dan harus ada seperti Dual SRS Airbag, dan seatbelt 3 titik pada baris kedua.

>>> Fakta Ilmiah Tentang Larangan Menggunakan Telepon Ketika Mengisi Bahan Bakar

5. OPERASI

Mazda6 Sedan 2018 Dibekali Mesin SKYACTIV-G 2.5L

Mesin SKYACTIV-G Untuk Mazda6 Sedan

Mazda masih mempercayakan mesin SKYACTIV-G 2.5 inline-4 Cylinder DOHC 16 valve. Mesin ini memiliki rasio kompresi hingga 13,0:1, mesin ini juga termasuk efisien dalam hal bahan bakar. Tenaga yang dihasilkan sebesar 190 PS pada 6000 rpm serta torsi maksimal 252Nm pada 4000 rpm.

>>> Klik sini untuk simak review mobil Mazda lainnya

6. SPESIFIKASI

Kami juga lampirkan spesifikasi yang ada pada All New Mazda6 Sedan 2018.

Mesin

Tipe Mesin

SKYACTIV-G 2.5 inline-4 DOHC 16 Valve

Isi Silinder

2.488 cc

Tenaga Maksimal

190 PS / 6000 rpm

Torsi Maksimal

252 Nm / 4000 rpm

Transmisi

6-percepatan otomatis SKYACTIV-DRIVE

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4.865 mm x 1.840 mm x 1.450 mm

Ground Clearance

165 mm

Wheelbase

2830 mm

Chassis

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Mluti-Link

Ban

225/45 R19

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kami juga merangkum singkat mengenai kelebihan dan kekurangan pada All New Mazda6 Sedan 2018.

Kelebihan

Kekurangan

Desain grill dibagian depan menambah kesan mewah pada Mazda6 Sedan

 

Interior lebih berkualitas dan nyaman

 

Kursi nyaris sempurna kenyamanannya sesuai dengan yang diinginkan pengguna

 

Mesin dengan tenaga yang cukup besar dan unik khas Mazda

 

8. DAFTAR HARGA

Referensi sumber harga ini kami peroleh langsung dari sumber resmi PT EMI dalam laman terbaru dan tentu dengan harga yang update.

Varian

Harga Mazda6 2018

New Mazda6 Sedan

Rp 634.200.000

New Mazda6 Estate

Rp 538.800.000

 

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Dengan hadirnya All New Mazda6 Sedan 2018 ini akan membuat para rivalnya berfikir untuk semakin tidak meremehkan Mazda dalam mengeluarkan seri sedan. Sedan Mazda kali ini jauh lebih premium dari sisi luar terutama bagian depan, tidak menutup kemungkinan bahwa Mazda6 Sedan 2018 akan mampu menggeser kedudukan Camry sebagai sedan yang paling diburu di Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca review mobil yang menarik lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review Tata Xenon XT 2018: Jawara Baru Penantang Hilux dan Mitsubishi Triton
    Review Tata Metodius Getan Plue

    Review Tata Xenon XT 2018: Jawara Baru Penantang Hilux dan Mitsubishi Triton

    21/09/2018

    Memasuki Indonesia sebagai pasar potensian, Tata Motors memilih untuk lebih fokus bukan kepada kendaraan penumpang. Kini Tata Motors memilih menjual pickup dan truck, mengenai hal ini, ada satu mobil yang menurut Mobilmo.com cukup menarik dan mampu menjadi daya tarik bagi pengguna truk kabin ganda di tanah air, yaitu Tata Xenon XT 2018.

  • Review McLaren Senna 2018: Warisan Sang Legenda Balap F1 Paling Populer
    Review Mclaren Metodius Getan Plue

    Review McLaren Senna 2018: Warisan Sang Legenda Balap F1 Paling Populer

    16/09/2018

    Melihat MPV, SUV atau sedan melintas dijalan raya itu sudah sering, namun apakah Anda pernah melihat hypercar? Ada salah satu model yang cukup menggugah selera para pecinta kecepatan, salah satunya adalah McLaren Senna. McLaren salah satu brand dunia yang identik dengan mobil cepat, banyak keluaran dari McLaren menjadi raja jalanan dan raja sirkuit balap.

  • Review Suzuki Ertiga GL 2018, Varian Menengah Dari Suzuki Ertiga
    Review Suzuki Handy Goeyana

    Review Suzuki Ertiga GL 2018, Varian Menengah Dari Suzuki Ertiga

    15/09/2018

    Suzuki Ertiga 2018 resmi memulai debutnya saat ajang IIMS pada bulan April 2018 kemarin. Sebagai varian menengah dari Suzuki Ertiga, Suzuki Ertiga GL jauh lebih lengkap dari varian GA meskipun masih kalah lengkap dengan varian GX. Review Suzuki Ertiga GL 2018 akan kami jabarkan di bawah ini.