Ingin Membeli Ban Bekas? Perhatikan 3 Hal Berikut Ini

04/08/2018 Abdul Jual beli mobil

Mempunyai sebuah kendaraan roda 4 harus siap segala sesuatunya, mulai dari perawatan dan juga penggantian komponen jika habis masa pakai. Seperti misalnya baterai atau suspensi yang telah karatan dan juga ban yang semakin lama terasa gundul dan minta diganti. Dengan begitu biaya pengeluaran harus disiapkan, sehingga bisa saja pemilik Mobil membeli ban bekas karena budget yang kurang.

Membeli ban bekas memang tidak masalah, karena bisa saja dana yang dimiliki masih digunakan untuk kebutuhan lain. Sehingga untuk sementara dapat menggunakan ban bekas. Namun saat membelinya harus memperhatikan beberapa hal, jangan asal pilih karena ban merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan.

1. Perhatikan tanggal pembuatan

Ketika melihat ke toko atau bengkel penjual ban bekas, tentu tidak tahu menahu historinya. Apakah baru dipakai 2 kali atau 3 kali bahkan digunakan menaiki gunung dan lainnya. Oleh sebab itu perlu berhati-hati, niatnya membeli ban bekas dengan harga yang lebih terjangkau tapi malah mendapat yang telah rusak parah.

Gambar ini menunjukkan dinding ban Mobil dengan velg warna putih dan terdapat tanda panah menunjuk kode ban

Ketahui maksud dari kode ban Mobil agar mendapatkan ban dengan umur yang muda

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Meskipun penggunaan ban sangat baik dan perawatan kerap dilakukan dengan teliti, namun bisa saja mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu. Karet pada ban Mobil bisa terdegradasi dan juga teroksidasi, sehingga perlu waspada karena bisa saja ban meledak saat berkendara di jalan. Selain itu, jangan langsung percaya dengan penjual ban bekas, karena bisa juga ban memiliki umur yang tua atau telah digunakan dalam waktu yang lama.

Untuk mengetahui tanggal pembuatan pada ban dapat dilihat dengan memeriksa dinding ban. Jadi angka-angka yang tertera pada bagian samping ban salah satunya adalah tanggal pembuatan. Dalam hal ini tidak hanya berlaku pada ban bekas saja, tapi pada ban baru juga perlu diperiksa. Karena bisa saja ban terlalu lama disimpan di toko.

>>> Mungkin tertarik, Cara Mudah Mengetahui Kode Kode Yang Tertulis Pada Ban Mobil

2. Recall

Setiap perusahaan ban pastinya akan melakukan pengujian ekstensif sebelum menjualnya di pasaran. Akan tetapi hal ini tidak menjamin sepenuhnya baik dan tanpa masalah. Karena bisa saja produk yang telah dipasarkan mengalami masalah, namun jika membeli ban baru tentu kemungkinan besar akan diberitahu oleh pihak penjual tentang masalah recall. Selain itu, kadang saat ban dilakukan perbaikan biasanya pihak pabrikan yang membayarnya.

Gambar ini menunjukkan tumpukan ban Mobil dan terdapat seorang pria sedang mengangkan 1 buah ban

Memilih ban bekas harus teliti dan di tempat penjual terpercaya

Namun berbeda dengan membeli ban bekas, kadang kita tidak tahu masalah ini. Selain itu jika mengalami kerusakan harus membayar biaya perbaikan sendiri atau melakukan penggantian yang tentunya membutuhkan dana yang lumayan. Jadi saat membeli ban dalam kondisi bekas sebaiknya lebih berhati-hati.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang review Mobil terlengkap di Cintamobil.com

3. Waspada dengan pemalsuan kualitas

Pada saat ban terkena paku ataupun telah tipis tidak sepenuhnya dilakukan pembuangan. Karena terdapat banyak produk yang dapat memperbaikinya dengan cepat, sehingga bisa digunakan kembali. Namun perlu diingat, dalam hal ini jangka pemakaiannya tidak terlalu lama seperti ban baru. Tidak hanya itu, integritas dan juga keamanan ban juga tidak akan kembali seperti sedia kala.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi seputar jual beli kendaraan

Gambar ini menunjukkan tumpukan ban mobil yang tertata dengan rapi

Disarankan membeli ban Mobil kondisi baru agar keamanan dan kenyamanan lebih terjamin

Sebenarnya saat membeli ban bekas dapat dilakukan pemeriksaan. Akan tetapi bagi seseorang yang berpengalaman dalam hal ini akan sangat sulit dideteksi. Jadi ketika sudah dibeli akan terdapat masalah dalam beberapa hari, minggu atau bulan. Setelah masalah pertama terjadi akan muncul masalah selanjutnya dan bisa juga berpotensi meledak. Oleh sebab itu diharapkan untuk lebih teliti dalam mengecek ban bekas.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli ban bekas. Namun dalam hal ini sebenarnya tidak kami rekomendasikan, lebih baik mengeluarkan dana yang lebih untuk membeli ban baru agar lebih terjamin keamanan serta kenyamanannya.

Mungkin anda ingin baca

  • 3 Pertanyaan Untuk Membantu Memilih Membeli Mobil Baru atau Mobil Bekas
    Jual beli mobil Padli Nurdin

    3 Pertanyaan Untuk Membantu Memilih Membeli Mobil Baru atau Mobil Bekas

    19/10/2018

    Ketika Anda sudah memutuskan untuk mengganti mobil Anda, ada pertanyaan yang harus dijawab, apakah Anda akan membeli mobil baru atau mobil bekas? Jawabannya akan menentukan semua kebutuhan Anda terhadap mobil yang akan Anda beli nantinya.

  • 6 Hal Ini Bisa Bikin Anda Bingung Saat Membeli Mobil
    Jual beli mobil Fatchur Sag

    6 Hal Ini Bisa Bikin Anda Bingung Saat Membeli Mobil

    30/09/2018

    Bagi banyak orang memiliki mobil baru adalah hal 'wajib'. Tapi manakala dihadapkan pada kenyataan dimana puluhan model mobil dan merek tersaji di hadapan mereka bingung mau membeli mobil yang mana. Kalau Anda mengalami seperti itu berarti Anda tidak sendiri karena orang lain yang kebingungan seperti Anda ada banyak sekali bertebaran di mana-mana.

  • Pengen Membeli Second? Pahami Dulu Masalah Umum Mobil Bekas Agar Tidak Kecewa
    Jual beli mobil Abdul Kosim

    Pengen Membeli Second? Pahami Dulu Masalah Umum Mobil Bekas Agar Tidak Kecewa

    21/09/2018

    Mobil bekas bisa jadi salah satu pilihan bagi masyarakat Indonesia saat ingin mempunyai Mobil. Biasanya orang yang memilih Mobil ini karena dana yang kurang atau memang kendaraan kesukaan sudah tidak diproduksi lagi. Namun masalah umum Mobil bekas yang kerap terjadi harus diwaspadai. Teliti dalam membeli serta mengetahui permesinan sangatlah dibutuhkan.