Review Mazda CX-3 2016: Mobil SUV Gaya Crossover Mengedepankan Fun To Drive

31/07/2019| Abdul

1. PENGANTAR MAZDA CX-3 2016

Mazda merupakan pabrikan asal Jepang yang memiliki tampilan eksterior yang kuat. Salah satu produknya adalah Mazda CX-3 yang merupakan sebuah SUV dengan gaya crossover. Untuk desain bodinya diadopsi secara langsung dari saudaranya yakni Mazda 2, tampilannya terlihat stylish dan mulus akan tetapi tetap memiliki kesan eksklusif. Perbedaan dengan mobil tersebut adalah pada bagian rangkanya yang terlihat lebih kekar dan maskulin.

Gambar ini menunjukkan mobil Mazda CX-3 2016 warna putih tampak bagian depan

Mobil Mazda siap memenuhi kebutuhan berkendara dengan mengedepankan fun to drive

Mazda CX-3 diperkenalkan pertama kali pada tahun 2014 bertepatan dengan acara Los Angeles Auto Show. Sedangkan pemasarannya dilakukan pada tahun 2016 dan negara yang pertama kali dimasuki mobil ini adalah Amerika. Setelah itu dilanjutkan menuju ke beberapa negara Asia salah satunya adalah Indonesia. Di Tanah Air perkenalan perdananya dilakukan dalam acara GIIAS 2016 silam.

Dalam acara tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat sehingga dari pihak PT. EMI (Eurokars Motor Indonesia) memasukkannya ke dapur produksi yang dimulai bertepatan dengan acara IIMS 2017. Kehadiran Mazda CX-3 2016 di Indonesia terbilang kontroversial. Sedangkan jika dilihat dari segi dimensi maka rivalnya adalah Honda HR-V dan Toyota C-HR. Sedangkan jika dilihat dari segi harga rivalnya adalah Honda CR-V.

2. EKSTERIOR MAZDA CX-3 2016

Tidak dipungkiri lagi bahwa dibandingkan pesaingnya eksterior Mazda CX-3 2016 dimensinya paling kecil. Namun untuk tampilannya akan terlihat besar berkat penggunaan ban yang cukup besar yakni ukuran 215/50 R18. Sementara untuk bodi menggunakan ciri khas dari Mazda sendiri yakni konsep KODO Soul of Motion.

Review Mazda CX-3 2016 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Mazda CX-3 2016 warna merah tampak depan

Bagian depan tampak agresif dengan pencahayaan maksimal

Terlihat dari bagian depan mempunyai tampilan yang agresif dengan tampilannya yang esensi. Dengan mengandalkan Grille hitam dipadukan dengan pelipis terbalut krom membuatnya tampak minimalis. Sementara pada bagian lampu depan dibuat menyipit yang sudah dibekali dengan fitur yang lengkap sebagai penunjang tampilan ala crossover. Beberapa fitur yang diberikan seperti lampu LED, DRL dan juga Automatic Levelling On/Off membuat pencahayaan yang dihasilkan lebih maksimal . Tidak lupa pula diberikan lampu kabut untuk memberikan rasa aman dan nyaman karena cahayanya saat melaju di malam hari, hujan deras ataupun menembus kabut.

Review Mazda CX-3 2016 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Mazda CX-3 2016

Bagian samping terlihat mulus dengan cat berkualitas

Sementara untuk bagian samping di desain polos, sangat berbeda dengan para pesaingnya yang menggunakan desain patahan serta berotot. Namun berkat hal tersebut, Mazda CX-3 2016 memancarkan sensasi ekslusif. Ditambah lagi saat melihatnya lebih lama, maka bodinya akan membuat terlena karena warna bodinya yang lebih mengkilap. Hal tersebut dikarenakan teknologi yang digunakan untuk melakukan pengecatan yakni Takumi Nuri.

Review Mazda CX-3 2016 : Bagian  Belakang

Gambar ini menunjukkan mobil Mazda CX-3 2016 warna merah tampak belakang

Bagian belakang tampak mengesankan dengan desain yang diberikan

Jika melihat ke belakang pada Mazda CX-3 2016, maka ada aja hal yang mengesankan. Seperti misalnya pada bagian lampu LED yang dibuat dengan gaya menyipit seperti desain bagian depannya. Hasilnya keseimbangan didesain dapat dicapainya dengan terlihat tajam dan juga eksklusif. Pada bagian ini juga telah diberikan Dual Tail Pipe pada bodi secara menyeluruh yang dijadikan pemanis.

>>> Mungkin Tertarik:

3. INTERIOR MAZDA CX-3 2016

Berlanjut pada bagian interior Mazda CX-3 2016, yang mana di bagian ini telah tersedia fitur yang telah menggunakan teknologi terkini.

Review Mazda CX-3 2016 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil Mazda CX-3 2016

Fitur dan teknologi yang disematkan tidak diragukan lagi

Di bagian ini patut mendapat apresiasi, hal tersebut dikarenakan nuansa yang dimiliki terlihat minimalis. Penggunaan material bahan kulit yang mewah dan juga sangat rapi juga menjadi nilai plus pada mobil ini sehingga tampak berkelas premium.

Sementara untuk bagian tengah terdapat layar MZD Connect yang mempunyai ukuran 7 inci dengan layar sentuh. Dengan menggunakan fitur tersebut memungkinkan pengemudi mengoperasikan video dan musik dengan lebih mudah. Memang berkesan modern tapi sangat disayangkan karena belum mendukung Apple CarPlay dan Android Auto.

Sedangkan untuk bagian kemudi dibuat dengan bahan kulit yang tergolong mewah. Bahkan saat menggenggamnya akan terkesan premium, ditambah lagi beberapa tombol juga tersedia banyak dengan fungsi untuk memudahkan pengendara dalam pengaturan beberapa fitur seperti audio, cruise control, konektivitas dan juga paddle shift.

Review Mazda CX-3 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok belakang mobil Mazda CX-3 2016

Ruang kaki jok belakang terbilang sempit

Kalau bicara soal kursi sebenarnya terlihat lebih kecil apabila dibandingkan dengan rivalnya dan untuk paling belakang kurang begitu akomodatif. Sementara untuk ruang kaki juga terasa sedikit sempit dan tidak bisa untuk diselonjorkan. Sedangkan fitur pada bangku belakang tidak akan menemui fitur yang menarik. Akan tetapi hal tersebut dapat ditutupi dengan kenyamanan yang ditawarkan karena kursinya menggunakan kulit yang berkualitas.

Review Mazda CX-3 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Mazda CX-3 2016

Bagasi tergolong kecil dibandingkan kompetitornya

Berlanjut ke bagian bagasi Mazda CX-3 2016, yang mana untuk kapasitasnya hanya 264 Liter dalam kondisi kursi dalam mode tegak semua. Jika dibandingkan dengan rivalnya berbeda karena berada di angka 400 Liter. Adapun hal tersebut dikarenakan rangka bodinya yang dibuat melandai untuk bagian atapnya dan juga Rear Overhang dengan dimensi yang rendah. Namun tenang, ketika kursi belakang dilipat akan dapat menambah kapasitas bagasinya.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR MAZDA CX-3 2016

Review Mazda CX-3 2016: Fitur Keselamatan

Gambar ini menunjukkan salah satu teknologi i-Activesense pada mobil Mazda CX-3 2016

Fitur keselamatan yang diberikan membuat pengendara lebih tenang

Untuk memberikan keselamatan bagi pengendara dan penumpang, dari pihak Mazda memberikan fitur keselamatan berupa ABS, EBD dan BA. Bahkan diberikan pula teknologi Traction Control dan juga Dynamic Stability Control, tujuannya adalah membuat mobil lebih stabil. Selain itu, dibekali juga dengan teknologi Hill Launch Assist untuk memberikan kemudahan saat melibas tanjakan.

Yang lebih menarik, Mazda CX-3 2016 telah dibekali dengan teknologi yang sangat mutakhir yakni i-Activsense. Fungsinya adalah untuk memberikan peringatan kepada pengendara saat sedang berada pada titik buta. Ditambah lagi fitur Rear Cross Traffic Alert, yang mana saat ada 2 kendaraan yang mendekat dan mobil dalam keadaan mundur maka sensor akan aktif dan memberikan peringatan.

Review Mazda CX-3 2016: Fitur Hiburan

Gambar ini menunjukkan fitur layar pada mobil Mazda CX-3 2016

Fitur hiburan dapat memberikan kenyamanan selama berkendara

Untuk memberikan hiburan mobil Mazda CX-3 2016 dibekali dengan panel Head Unit MZD Connect dengan ukuran 7 inci dan diletakkan pada dashboard bagian atas. Desain yang diberikan merupakan ikonik dari Mazda dan menjadi pembeda dengan rivalnya.

Untuk fitur kenyamanan lainnya adalah fitur Full Automatic Air Conditioning (AC). Untuk pengaturannya masih mengandalkan knob dan terlihat sangat ergonomis. Untuk membuat pengemudi bisa selalu berkonsentrasi, pihak Mazda menyematkan fitur Active Driving Display yang letaknya berada di atas kemudi.

>>> Hadir Di Malaysia, Mazda CX-8 Terbaru Punya 4 Varian

5. OPERASI MAZDA CX-3 2016

Gambar ini menunjukkan mesin pada mobil Mazda CX-3 2016 dengan tulisan Scyactive teknologi

Mesin mumpuni dan dapat diandalkan

Pembahasan selanjutnya adalah soal mesin Mazda CX-3 2016, yang mana kapasitas mesinnya adalah 1.998 cc SKYACTIV-G. Dengan menggunakan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 149 Ps dan torsi maksimal yang dihasilkan adalah 195 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda dengan mengandalkan transmisi otomatis 6 percepatan.

>>> Ingin Beli Mobil Mazda? Jangan Ragu Klik Di Sini

6. SPESIFIKASI MAZDA CX-3 2016

DIMENSI

Panjang

4.275 mm

Lebar

1.765 mm

Tinggi

1.535 mm

Jarak Poros Roda

2.570 mm

Berat Kosong

1.730 Kg

MESIN

Tipe

2.0 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC SKYACTIV-G

Kapasitas silinder

1.998 cc

Tenaga Maksimal

149 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimal

195 Nm / 2.800 Rpm

Transmisi

Otomatis 6 Percepatan

HANDLING & SUSPENSI

Rem depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Solid Discs

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam Axle

Ukuran Ban

215/50 R18

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MAZDA CX-3 2016

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur keselamatan lengkap

Kapasitas bagasi tidak akomodatif

Memiliki eksterior yang menarik

Kursi belakang terasa sempit

Cat yang berkualitas

Harga lebih mahal dibanding rivalnya

Performa mesin sangat mumpuni

 

8. DAFTAR HARGA MAZDA CX-3 2016

Mobil ini masuk dalam jajaran kelas premium, sehingga untuk harganya cukup tinggi. Berikut harga Mazda CX-3 2016.

TIPE

HARGA BARU

Mazda CX-3 GT

Rp. 442.800.000

9. VIDEO MAZDA CX-3 2016

10. KESIMPULAN MAZDA CX-3 2016

Mazda CX-3 2016 mempunyai performa yang mumpuni dan tampilan eksterior serta teknologi yang dimiliki mumpuni. Dengan menggunakan desain ala Crossover  membuat bagasinya kurang begitu lapang. Bahkan pada ruang kaki kursi baris belakang juga tidak terlalu besar. Untuk mesin sangat mumpuni begitu juga pada teknologinya. Mungkin ini hanya pandangan kami semata, bisa saja terdapat pandangan lain terkait mobil Mazda CX-3 2016.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Mazda CX-3 2016: Mobil SUV Gaya Crossover Mengedepankan Fun To Drive

    31/07/2019| Abdul

    Review Mazda CX-3 2016: Mobil SUV Gaya Crossover Mengedepankan Fun To Drive

    Mobil mempunyai beberapa segmen yang memiliki pangsa pasar tersendiri. Dengan desain yang berbeda membuat masyarakat bisa menentukan kendaraan sesuai dengan selera masing-masing dan juga kebutuhan. Salah satu mobil dalam segmen SUV premium cukup diminati di jamannya adalah Mazda CX-3 keluaran tahun 2016. Bagaimana fitur dan keunggulan yang dimiliki? mari kita simak review Mazda CX-3 2016.

  • Review Mazda CX-9 2019: Perpaduan Pengemudian dan Kenyamanan untuk Keluarga

    01/02/2019| Padli Nurdin

    Review Mazda CX-9 2019: Perpaduan Pengemudian dan Kenyamanan untuk Keluarga

    Mazda memperbaharui CX-9 ukuran menengah yang diperkenalkan pada tahun 2016 dengan tampilan menawan. Mengambil kembali desain crossover keluarga tiga baris dan menyesuaikan kembali suspensi untuk perjalanan yang lebih baik. Mazda CX-9 2019 terlihat bagus, pengemudian yang baik dan membawa keluarga dengan mudah.

International