Perlengkapan Dan Biaya Memoles Mobil Sendiri Tanpa Mesin

12/08/2018| Abdul

Memoles Mobil bisa dilakukan sendiri dengan beberapa peralatan tanpa menggunakan mesin. Tentunya dalam hal ini harus meluangkan waktu dan teliti dalam pengerjaannya. Jadi tidak harus membawa Mobil menuju tempat detailing, cukup mengerjakan di rumah saja.

Bagi Anda yang tertarik ingin melakukannya bisa menyediakan peralatan dan biaya yang dibutuhkan untuk membelinya. Bisa juga dijadikan tambahan informasi tentang memoles Mobil sendiri tanpa mesin. Berikut ini merupakan cara melakukan pemolesan Mobil sendiri yang dilansir dari GridOto.

Sebelumnya, kita lihat terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan dengan estimasi harganya.

1. Kain Microfiber

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kain microfiber sedang mengelap mobil warna hitam

Kain microfiber tidak menimbulkan goresan pada bodi Mobil

Alat ini nantinya digunakan dalam melakukan pengeringan bodi Mobil setelah dilakukan pencucian. Selain itu digunakan juga sebagai alat untuk meratakan cairan poles yang terdapat pada permukaan bodi Mobil. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau, yakni kisaran Rp. 35 ribu rupiah saja.
>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

2. Meguiar's Clay bar

Gambar ini menunjukkan clay bar diletakkan di atas tangan dan yang satunya menunjuknya

Clay bar digunakan untuk mengusap cairan quik detailer

Alat ini terbilang sangat khusus, untuk fungsinya adalah sebagai pengusap cairan quick detailer yang terdapat pada permukaan bodi Mobil. Dalam langkah nya biasanya dilakukan sejajar ke arah kiri dan kanan secara merata. Untuk harganya sendiri berada pada kisaran Rp. 300.000 per buahnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya di Mobilmo,com

3. Meguiar's soft buff

Gambar ini menunjukkan shoft buff yang sedang ditempelkan pada bodi mobil menggunakan tangan

Shoft Buff digunakan untuk pengusapan cairan compound

Alat ini merupakan sebuah busa khusus yang berfungsi untuk mengusap cairan compound yang nantinya diberikan pada bodi Mobil. Dalam pengusapannya dilakukan secara searah pada tempat yang terdapat baret halus ataupun terdapat jamur. Harganya cukup murah yaitu Rp. 75 ribu mendapatkan 2 buah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang review Mobil terlengkap di Cintamobil.com

4. Meguiar's Quik Detailer

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang quik detailer untuk proses pemolesan bodi Mobil

Fungsi quik detailer untuk menghilangkan oksidasi pada Mobil

Dalam memoles bodi Mobil, perlengkapan yang dibutuhkan selanjutnya adalah Meguiar's Quik Detailer. Fungsinya untuk menghilangkan oksidasi yang terdapat pada bagian permukaan clear coating cat Mobil. Selain itu membutuhkan clay bar dalam pengaplikasian Meguiar's Quik Detailer. Soal harga sekitar Rp. 138.000 untuk ukuran 473 ml.

5. Meguiar's Compound

Gambar ini menunjukkan compound dengan wadah warna hitam

Compound merupakan bahan utama dalam pemolesan

Untuk bagian ini cukup penting, karena fungsi dari Meguiar's Compound adalah untuk menghilangkan jamur ataupun goresan yang terdapat pada bodi Mobil. Dalam penggunaannya dilakukan dengan bantuan soft buff. Jadi disemprotkan sedikit pada soft buff barulah diusapkan pada bagian bodi Mobil. Harganya cukup mahal yaitu Rp. 400 ribu untuk ukuran 1 liter.

>>> Mungkin tertarik, Cara Mencuci Mobil Dengan Waterless, Solusi Perawatan Tanpa Air

6.  Meguiar's Wax Pasta

Gambar ini menunjukkan wax pasta dengan wadah warna hitam yang diletakkan di atas tangan

Menggunakan Wax Pasta dilakukan saat finishing

Perlengkapan terakhir dalam memoles Mobil adalah Meguiar's Wax Pasta. Yang mana ini merupakan tahap finishing dengan fungsi memberikan lapisan pelindung atau proteksi pada bagian bodi yang telah dilakukan pemolesan. Dengan begitu cat Mobil kondisinya tetap terjaga  dan juga lebih awet. Untuk harganya sendiri sekitar Rp. 300 ribuan.

Dengan melihat perlengkapan di atas, apabila ditotal dengan perkiraan harga tersebut, maka jumlahnya adalah 35.000+300.000+75.000+138.000+400.000+300.000 = 1.248.000.

Dengan biaya segitu untuk memoles Mobil sendiri di rumah bisa dijadikan perbandingan dengan membawanya ke bengkel poles. Salah satu keuntungan yang didapat jika melakukannya sendiri adalah bisa digunakan berkali-kali, mengingat isi dari peralatan yang telah dibeli juga cukup banyak.

Untuk cara melakukan proses pemolesan bisa dilihat dari video di bawah ini mengenai cara melakukan pemolesan sendiri yang dilansir dari GridOto.

>>> Ingin beli Mobil dengan harga terbaik? Kunjungi situs jual beli terpercaya di Cintamobil.com

Berita sama topik

International