Review All New Mazda6 Estate 2018

22/08/2018 Metodius Getan Plue Review Mazda

Kebutuhan akan kendaraan semakin beragam, sudah tidak lagi bergerak sama, tetapi publik ingin mencari sesuatu yang berbeda dan eksklusif. Berdasarkan kebutuhan inilah yang membuat kemunculan dari All New Mazda6 Estate 2018 menjadi angin segar dan berpeluang besar untuk laku dipasar Indonesia. Kemiripan dari versi sedannya, All New Mazda6 Estate 2018 memperoleh keunggulan dari beragam sisi, mulai dari kesan elegan versi sedan namun dengan keluasan yang lebih baik dalam hal akomodasi barang.

1. PENGANTAR

Review All New Mazda6 Estate 2018 - Mazda6 versi sedan sudah ada sejak lama di Indonesia, kali ini PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) percaya diri dan yakin untuk membawa versi estate atau station wagonnya ke tanah air. Mazda6 Estate diperkenalkan saat ajang Gaikindo Indonesia Intenational Motor Show (GIIAS) 2017 tahun lalu, serta mendapat penyegaran di GIIAS 2018. All New Mazda6 Estate 2018 siap mendulang kesuksesan di segmen ini. Lantas, apa saja yang baru dan segar dari Mazda6 Estate 2018? Simak ulasan khas dari Mobilmo.com berikut.

2. EKSTERIOR

Sebetulnya mobil versi Estate ini tidak banyak perubahan dari sisi eksteriornya dari versi sedan, bahkan dari depan hingga ke samping masih sangat mirip dan tetap elegan seperti sedan. Ada beberapa perbedaan dari sisi lain yang akan kami bahas dengan detail pada pembahasan kali ini, mari simak hingga selesai.

Review All New Mazda6 Estate 2018: Sisi Depan

Mazda6 Estate 2018 Dengan Grill Model Trapezoidal

Bagian Depan Mazda6 Estate Sangat Elegan DenganGrill Baru

Betul, tidak ada perbedaan dari versi sedan pada dari bagian depannya. Tetap dengan grill mewah yang mengingatkan kita seperti model grill Jaguar, namun tetap dengan desain khas Mazda. Grill modern ini mendominasi dari fascia depan All New Mazda6 Estate 2018 dengan model trapezoidal menggunakan pola seperti jaring kecil namun tetap mewah. Penampilan mewah dan elegan ini dirasakan dengan banyaknya aksen krom dari bagian lampu utama hingga frame grill, dan tidak lupa juga pada sisi kanan dan kiri grill bawah. Lampu utama All New Mazda6 Estate 2018 menggunakan Adaptive LED Headlight. Penggunaan headlight ini dirancang lebih tipis dan ditempatkan juga Daytime Running Light di area atas projector headlight.

Review All New Mazda6 Estate 2018: Sisi Samping

Bagian Samping Mazda6 Estate 2018 Dengan Lekukan Elegan

Sisi Samping Mazda6 Estate 

Perbedaan sekaligus persamaan ada pada bagian sampingnya, persamaan desain masih terlihat dari versi sedan, tetapi ada perbedaan khas dari mobil estate. Mobil estate memang terlihat premium, lekukan tidak dibuat tajam, melainkan lembut ditambah dengan sentuhan warna krom pada list ujung pada kaca mobil samping. Tidak lupa roof rail menjadi pelengkap dari estate ini, bukan hanya mempercantik penampilan All New Mazda6 Estate, tetapi jauh dari itu dapat menambah kapasitas barang yang akan dibawa. Bagian paling bawah semakin premium dengan pelek baru dibalut warna Brilliant Silver dengan ukuran pelek 19 inci.

Review All New Mazda6 Estate 2018: Sisi Belakang

Bagian Belakang Mazda6 Estate 2018 Masih Mempertahankan Kemewahan

Sisi Belakang Yang Menjadi Pembeda Antara Sedan Dengan Estate

Pada bagian ini terlihat khas estate dengan bentuk melandai yang tidak seperti sedan membuat varian Mazda6 Estate 2018 ini lebih menarik. Aksen krom masih ada pada bagian belakangnya yang menyambung antara sisi kanan kiri lampu bagian atas, list krom ini juga seperti menyangga dengan pasti lambang kebanggan Mazda tersebut. Bumper dibuat sewarna dengan warna bodi mobil, disertai ditempatkannya tailpipe ganda yang dibuat sejajar dengan poisi ujung luar bumper.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Beberapa adanya ubahan yang cukup banyak dari sisi interiornya, namun tetap masih sama dengan desain yang dimiliki varian sedan. Pada interior All New Mazda6 Estate 2018 mendapat material kualitas premium, mari kita ulas lebih lengkap pada bagian interiornya.

Review All New Mazda6 Estate 2018: Dashboard

Dashboard Mazda6 Estate 2018 Dengan Material Premium

Dashboard Mazda6 Estate Dengan Material Premium

Mazda6 Estate 2018 menggunakan warna dashboard yang gelap, selain itu dengan material kulit premium. Pada bagian tengah terlihat lebih kompak dan simple namun tetap ditunjang dengan fitur unggulan seperti climate control hinnga layar sentuh berukuran 8 inci. Fitur layar sentuh ini seperti biasa menampilkan MZD Connect khas dari Mazda yang modern. Material unggulan pada Mazda6 Estate 2018 ini adalah Zen Wood dan Ultrasuede pada dashboardnya.

Review All New Mazda6 Estate 2018: Kursi

Pada kursinya, Mazda6 Estate memiliki bahan yang bukan hanya empuk dan nyaman tetapi dengan digunakannya material Nappa Leather membuat joknya lebih eksklusif. Pada kursi baris pertama dibekali dengan pengaturan kursi elektrik dan sudah ditambah memori, lalu pada kursi belakang ada sistem kursi isofix.

Review All New Mazda6 Estate 2018: Setir

Mazda6 Estate 2018 Memiliki Kemudi Yang Stylish

Kemudi Mazda 6 Estate Dengan Banyak Fitur Untuk Kesenangan Jempol Anda

Mazda6 Estate 2018 memiliki kemudi yang pas, selain pas dan nyaman digenggam, kemudinya juga menjadi pusat kendali dari beberapa teknologi dan fitur penting dalam mobil. Ada beberapa pengaturan yang dapat dengan mudah diatur dari sisi kemudi bagian kiri dan kanan, seperti tombol audio, lalu cruise control, voice command, hingga telepon.

Review All New Mazda6 Estate 2018: Bagasi

Mazda6 Estate 2018 Dengan Kapasitas Bagasi 522 Liter

Bagasi Mazda6 Estate Sangat Lapang

Lagi-lagi perbedaan terdapat pada bagian belakang, yaitu spesifik pada bagasi. Pada varian estate mendapatkan bagasi yang lebih luas, lega dan juga praktis. Pada ukuran normal, mobil ini dapat menampung hingga 522 liter, namun jika masih butuh kapasitas lebih besar, jok baris kedua dilipat akan memperoleh kapasitas hingga 1.648 liter.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Mazda6 Estate 2018 Begitu Kaya Dengan Fitur Keselamatan

Fitur Keselamatan Blind Spot Monitoring

Mazda selalu total dalam meluncurkan mobil, tidak terkecuali hingga ke sisi fitur keselamatannya. Ada beberapa fitur keselamatan umum dan khas pada All New Mazda6 Estate 2018 ini, beberapa fitur tersebut diantaranya i-ACTIVESENSE , yang akan memberikan deteksi awal pada berbagai kondisi pengendaraan sehingga mencegah terjadinya kecelakaan. Fitur i-ACTIVESENSE yang ada pada mobil ini adalah Adaptive LED, Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross-Traffic Alert (RCTA), Lane-Departure Warning System (LDWS), Lane-keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support, Smart City Brake Support Rear (SCBS-R), Dynamic Stability Control & Traction Control System (DSC/TCS), Antilock Braking System (ABS), Driver Attention Alert (DAA), serta 360 View Monitor. Serta yang umum dan harus ada seperti Dual SRS Airbag, dan seatbelt 3 titik pada baris kedua.

>>> Mazda Produksi Dalam Negeri Kalau Jualannya Tembus 15.000 Unit

5. OPERASI

Mazda6 Estate 2018 SKYACTIV-G 2.5 inline-4

Mesin Mazda6 Estate SKYACTIV-G

Mazda masih mempercayakan mesin SKYACTIV-G 2.5 inline-4 Cylinder DOHC 16 valve. Mesin ini memiliki rasio kompresi hingga 13,0:1, mesin ini juga termasuk efisien dalam hal bahan bakar. Tenaga yang dihasilkan sebesar 190 PS pada 6000 Rpm serta torsi maksimal 258 Nm pada 4000 rpm. Secara umum, impresi mobil ini sangat menyenangkan pengemudi. Kombinasi dari tenaga mesin yang cukup, plus respon transmisi yang baik akan membuat pengemudi tersenyum lebar saat mengendarainya. Kemampuan handlignya juga diprediksi akan tetap baik, tidak akan beda jauh dengan versi sedannya yang Cintamobil.com sudah coba test drive. Begitu juga dengan konsumsi bahan bakarnya.   

>>> Simaklah review mobil Mazda lainnya di sini

6. SPESIFIKASI

Kami juga lampirkan spesifikasi yang ada pada Mazda6 Estate 2018.

 

Mesin

Tipe Mesin

SKYACTIV-G 2.5 inline-4 DOHC 16 Valve

Isi Silinder

2.488 cc

Tenaga Maksimal

190 PS / 6000 rpm

Torsi Maksimal

258 Nm / 4000 rpm

Transmisi

6-percepatan otomatis SKYACTIV-DRIVE

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4.800 mm x 1.840 mm x 1.480 mm

Ground Clearance

165 mm

Wheelbase

2750 mm

Chassis

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Mluti-Link

Ban

225/45 R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kami juga merangkum singkat mengenai kelebihan dan kekurangan pada Mazda6 Estate 2018.

 

Kelebihan

Kekurangan

Bagasi tentu lebih luas dari varian sedan

Masih kurangnya ketertarikan publik Indonesia terhadap estate

Desain berbeda dari sedan menjadikannya unik

 

Kabin lebih kompak namun tetap kaya fitur dan teknologi khas Mazda

 

8. DAFTAR HARGA

Referensi sumber harga ini kami peroleh langsung dari sumber resmi PT EMI dalam laman terbaru dan tentu dengan harga yang update.

 

Varian

Harga Mazda6 2018

New Mazda6 Sedan

Rp 634.200.000

New Mazda6 Estate

Rp 538.800.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Is this car for you? Well... meskipun banyak yang beranggapan bahwa varian ini akan menjadi lebih baik dalam penjualan Mazda, tetapi keputusan Mazda mendatangkan duet Mazda6 ini sangat tepat. Akan memberikan pilihan bagi mereka yang inign membeli mobil mewah dengan pengendalian sangat baik dan memiliki kapasitas bagasi luas, Mazda6 Estate adalah salah satu yang terbaik. Mazda6 Estate 2018 akan menjadi salah satu mobil eksklusif yang ada dipasar otomotif tanah air.

>>> Simaklah reivew mobil lainnya dengan klik sini

Mungkin anda ingin baca

  • Review Toyota Hilux Invincible 50 2018
    Review Toyota Padli Nurdin

    Review Toyota Hilux Invincible 50 2018

    17/11/2018

    Tak terasa, Toyota Hilux sudah menghabiskan 50 tahun terakhir membantu konsumen terlebih mereka yang bekerja di bidang perdagangan dengan memberikan kendaraan bertenaga yang kuat. Untuk merayakan setengah abad perjalanannya, Toyota Hilux Invincible 50 2018 siap dihadirkan dengan spesifikasi yang mumpuni.

  • Review All New Honda CR-V 2017
    Review Honda Padli Nurdin

    Review All New Honda CR-V 2017

    16/11/2018

    Sebagai salah satu andalan Honda untuk segmen SUV di Indonesia, Honda CR-V merupakan salah satu lumbung uang Honda. Dari yang tertinggi hingga All New Honda CR-V 2017 yang menjadi varian terendah, Honda menancapkan kukunya lebih dalam pada segmen SUV di Tanah Air.

  • Review Mitsubishi Triton 2019
    Review Mitsubishi Arfian Alamsyah

    Review Mitsubishi Triton 2019

    15/11/2018

    Kalau boleh jujur sebenarnya kami tidak terlalu terkejut dengan tampilannya, maklum saja, salah satu ‘mata-mata’ kami sudah melihat siluet mobil ini. Dan seperti yang banyak diduga, tampang khas Mitsubishi Xpander begitu mendominasi. Kini, mobil dual cabin andalan Mitsubishi ini telah meluncur di Bangkok, Thailand. Bagaimana impresi kami mengenai mobil ini?