Utamakan Selamat, Berikan Kenyamanan Agar Anak Betah Duduk Di Jok Belakang

19/08/2018| Fat

Seorang anak melihat keluar lewat jendela mobil

Rasanya memang tak ingin terpisah dengan buah hati tercinta (foto: Orami)

Memiliki anak dalam keluarga adalah kebahagiaan. Kemanapun orang tua pergi rasanya berat untuk berpisah. Nah, berkendara dengan anak ada hal yang penting untuk diperhatikan demi kenyamanan dan keselamatan bersama.

Perlu diketahui, ada aturan tidak tertulis perihal membawa anak di dalam mobil. Anak dilarang duduk di jok depan untuk menghindari bahaya yang tidak diduga.

Realitanya, banyak orang tua membawa anak dengan mendudukkan di jok depan bahkan dipangku sambil mengemudi. Ini sangat tidak direkomendasikan. Anak mungkin saja menekan berbagai tombol kendali di bagian dashboard karena naluri keingintahuannya yang begitu besar. Belum lagi posisi orang tua yang sedang mengemudi jadi kurang nyaman karena memangku anak, atau perhatian terpecah untuk jalan raya dan memperhatikan anak. Ini bisa mengganggu konsentrasi dan fokus mengemudi.

>>> Ini dia Top fitur keselamatan Mitsubishi Xpander yang diunggulkan

Lalu bagaimana solusi terbaik untuk hal ini? Jawabannya satu, berikan kenyamanan agar anak betah duduk di jok belakang.

Gambar ibu memangku anak sambil mengemudi, merepotkan

Memangku anak saat mengemudi bisa membuyarkan fokus dan konsentrasi

Lebih lanjut, ada tips yang perlu diperhatikan agar berkendara tetap aman dan nyaman sampai di tujuan meski harus membawa anak.

  • Berikan pemahaman kepada anak secara halus dengan bahasa yang mudah dimengerti bahwa perlu ketenangan dan konsentrasi saat si ayah atau ibu mengemudi.
  • Berikan hiburan yang menarik si anak tanpa harus berpindah ke jok depan. Bila memungkinkan bisa dengan memasang layar headreast DVD player dengan koleksi hiburan yang disukai anak.
  • Bisa juga dengan memberikan anak gadget dengan konten mendidik, namun disukai oleh anak-anak seperti game menggambar, mewarnai, mencocokkan warna, video cerita dongeng kartun atau yang lain.
  • Pastikan sabuk pengaman anak terpasang dengan benar dan nyaman saat anak duduk di jok belakang sehingga anak tidak merasa seperti diikat oleh orang tua.

>>> Pentingnya Memakai Sabuk Pengaman Di Kursi Belakang

Gambar anak pakai sabuk pengaman dalam mobil

Duduk sendirian, anak harus dipakaikan sabuk pengaman dengan nyaman

Dengan memberikan kenyamanan anak akan merasa betah dan tenang duduk di jok belakang, orang tua tidak perlu khawatir anak bakal rewel dan minta pindah duduk di jok depan. Orang tua pun jadi lebih nyaman mengemudikan kendaraan.

gambar anak-anak duduk di jok belakang dalam mobil

Dengan anak nyaman duduk di jok belakang, orang tua lebih berkonsentrasi saat mengemudi

>>> Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com​

Berita sama topik

  • Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    13/09/2021| Abdul

    Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    Pembangunan rest area di jalan tol terdapat aturannya. Jadi dalam pemilihan lokasi untuk pembangunan tidak sembarangan. Jarak antar rest area jalan tol diatur dalam PUPR Nomor 10 Tahun 2008. Dengan mengetahui jaraknya maka saat perjalanan dengan mobil bisa memperhitungkan akan istirahat di rest area yang pas.

  • Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    03/05/2021| Fatchur Sag

    Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    Ada aturan yang harus dipahami dan dipatuhi pengendara, bahwa putar balik di jalan tol sangat dilarang mempertimbangkan risiko buruk yang mengancam di depan.

  • Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    15/03/2021| Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.

International