Waspada! Ini Bahaya AC Mobil Tidak Dingin Yang Perlu Diketahui

02/10/2018 Abdul Kosim Perawatan mobil

Pada saat berkendara menggunakan Mobil kenyamanan dan keselamatan adalah yang diutamakan. Salah satu hal yang dapat mendukung kenyamanan saat dalam perjalanan adalah AC Mobil.Saat cuaca panas kinerjanya sangat dibutuhkan, dengan bantuan AC Mobil tentunya di dalam kabin Mobil tetap sejuk dan dingin. Namun perlu diketahui, bahwasanya pengendara harus mewaspadai bahaya AC Mobil tidak dingin.

AC Mobil membantu mendinginkan kabin Mobil, bahkan bagi seseorang yang sering pusing saat naik kendaraan bisa saja tidak terjadi. Hal ini berkat kesejukan dalam kabin yang didapat. Bagi sobat yang mempunyai Mobil namun ternyata AC-nya tidak dingin, berarti harus mewaspadai bahaya AC Mobil tidak dingin.

Berikut ini merupakan bahaya AC Mobil tidak dingin yang perlu diketahui. Dengan begitu bisa menjadi pertimbangan untuk segera melakukan perbaikan.

1. Terjadi kebocoran

Saat sobat mencoba menyalakan AC dan didapati udara yang dihembuskan tidak dingin, maka bisa jadi freonnya kehabisan. Pada saat kehabisan freon secara murni karena usia pemakaian, tidak akan ada efek yang dialami. Akan tetapi jika kehabisan karena kebocoran harus diwaspadai.

Pada saat terjadi kebocoran dan hembusan gas freon menyebar dalam kabin, ini yang dapat menjadikan beberapa masalah kesehatan. Masalah yang terjadi pada tubuh ini seperti terjadi gangguan pernapasan yang diakibatkan oleh keracunan zat klorofluorokarbon yang berasal dari gas freon.

Gambar ini menunjukkan sebuah alat untuk mengisi freon AC Mobil

Lakukan perawatan secara berkala pada bagian AC Mobil (Foto: Ahlinyaacmobilbandung)

Tidak hanya itu saja, gas freon yang menyebar dan terhirup terlalu banyak oleh pengendara atau penumpang bisa menimbulkan kantuk dan juga rasa mual. Bahkan saat sobat menghirup gas tersebut dengan takaran lebih dari  2.000 PPM, maka bisa berakibat jantung menjadi berdetak terlalu kencang.

>>> Lihat juga, Tips Merawat AC Mobil Saat Musim Panas Agar tetap Dingin

2. Sistem pernapasan terganggu

Bahaya AC Mobil tidak dingin selanjutnya adalah sistem pernapasan menjadi terganggu. Jadi ketika AC dinyalakan namun ternyata udara yang dikeluarkan tidak dingin, maka bisa saja karena kurang perawatan atau tidak pernah servis. Jika dibiarkan maka kotoran dan debu akan menumpuk pada filter AC.

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang duduk di dalam Mobil

Waspada dengan bahaya yang ditimbulkan saat AC tidak dingin (Foto: Extremetech)

Pada saat kotoran dan debu menumpuk pada filter, maka udara yang dihembuskan menjadi tidak maksimal. Selain itu kualitas yang dimiliki tidaklah bersih dan dapat mengganggu kesehatan. Apalagi saat terhirup dan menuju ke bagian organ tubuh, maka udara yang kurang baik tersebut akan mengganggu sistem pernapasan. Jadi jangan sampai melakukan perawatan secara berkala pada AC Mobil, ditambah lagi kebersihan kabin juga harus dijaga. Dengan begitu kotoran tidak akan menumpuk dan membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu.

>>> Baca juga, Cara Mudah Memeriksa Kondisi AC Mobil

3. Merusak komponen AC

Untuk bahaya AC Mobil tidak dingin yang terakhir adalah bisa menjadi tanda bahwa terjadi kerusakan pada komponen Mobil. Bisa saja masalah tersebut dikarenakan adanya kerusakan pada bagian thermostat, kompresor dan saluran pembuangan yang kurang lancar dan berbagai masalah lain yang terjadi.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang membuka komponen pada sistem AC Mobil

Filter AC mampu menyaring udara kotor dan memperpanjang umur komponen utama AC (Foto: R-motor)

>>> Baca juga, Tahapan Dalam Membersihkan Evaporator Ac Mobil Dengan Langkah Mudah

Adapun kerusakan yang terjadi biasanya perawatan yang kurang dan enggan untuk melakukan servis. Alangkah baiknya untuk selalu memperhatikan kondisi komponen dan juga fitur di dalam Mobil kesayangan. Jika dilakukan maka kinerja dari AC Mobil dapat maksimal dan beberapa bahaya AC Mobil ketika tidak dingin saat dinyalakan tidak akan hinggap pada kendaraan sobat.

Demikianlah informasi mengenai bahaya AC Mobil tidak dingin. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca