Tips Merawat AC Mobil Saat Musim Panas Agar tetap Dingin

15/07/2018| Abdul

Merawat AC Mobil saat musim panas dapat dilakukan dengan membawanya ke bengkel AC secara rutin supaya dapat memberikan kesejukan di dalam Mobil. Kadang kerap sekali pengendara yang mengalami AC Mobil tidak bekerja dengan baik seperti mengalami masalah atau juga muncul bau apek. Tentunya kondisi tersebut dapat mengganggu selama perjalanan berlangsung. Apalagi saat cuaca sedang terik, tentunya membutuhkan kinerja AC yang maksimal.

Dalam merawat AC Mobil saat musim panas sebenarnya cukup mudah, apabila mengetahui cara dan juga langkah-langkahnya. Nah, dari pada penasaran mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Gambar ini menunjukkan panel untuk memutar ac Mobil yang terdapat pada dashboard

AC Mobil dapat menambah kenyamanan dalam Mobil apalagi saat musim panas

Dalam merawat AC, menjaga kebersihan di dalam kabin Mobil juga mempunyai pengaruh. Jadi saat kondisi dalam kabin seperti karpet bersih dan bagian lain yang bersih akan membuat udara di dalam menjadi terpelihara dengan baik. Dengan begitu filter AC akan lebih maksimal dalam menjalankan tugasnya sehingga udara di dalam kabin menjadi segar dan tidak bau apek.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Selanjutnya dalam merawat AC Mobil saat musim panas dapat dilakukan dengan membuka kap mesin. Kemudian dilanjutkan dengan menyemprotkan air pada bagian kondensor AC. Untuk letaknya biasanya berdekatan dengan radiator pada Mobil. Jika terdapat kotoran dan dibiarkan terlalu lama maka bisa mengeras. Setelah itu, nantinya akan membuat karatan yang dapat menyebabkan kebocoran pada kondensor AC Mobil. Oleh sebab itu jangan lupa untuk melakukan pengecekan bagian ini dan jika ada kotoran segera bersihkan.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan menunjuk tombol ac Mobil pada Dashboard

Matikan AC Mobil sejenak saat di perjalanan supaya tidak bekerja terus menerus

Dalam merawat AC Mobil di musim panas selanjutnya adalah dengan memperhatikan tempat parkir. Yang mana disarankan untuk menghindari pohon rindang dan juga  tempat yang terkena sinar matahari langsung jika saat parkir waktu yang dibutuhkan cukup lama. Hal tersebut dikarenakan, apabila Mobil terlalu panas membuat dalam Mobil juga panas dan membutuhkan waktu yang agak lama untuk mendinginkan kembali. Tidak hanya itu, saat menjalankan kendaraan pertama kali beban yang diterima AC menjadi lebih tinggi akibat suhu kabin yang panas.

>>> Baca juga, Life Hack: Cara Cepat Mendinginkan Kabin yang Panas Ketika Parkir yang diulas oleh cintamobil.com

Pada saat melakukan perjalanan jauh, dalam merawat AC Mobil saat musim panas dapat dilakukan dengan mematikan AC sebentar kemudian hidupkan kembali. Ini bisa dilakukan ketika sedang berada di tempat yang sejuk atau jalanan yang penuh pepohonan tinggi dan membuka jendela. Tujuannya adalah agar AC tidak bekerja terus menerus atau overworks.

Melakukan pemeriksaan pada extrafan AC juga perlu dilakukan. Memastikan kondisinya tetap normal dan bekerja dengan baik supaya AC tetap maksimal dalam membuat dingin kabin Mobil.

>>> Mungkin tertarik, Tahapan Dalam Membersihkan Evaporator AC Mobil Dengan Langkah Mudah

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang alat penyedot debu membersihkan kabin Mobil

Kabin Mobil yang bersih membuat udara di dalam Mobil segar

Untuk tips merawat AC Mobil di musim panas adalah hindari merokok dalam Mobil. asap yang ditimbulkan oleh rokok dapat membuat evaporator AC menjadi kotor dan lengket juga berlendir. Selain itu bau yang dihasilkan akan menempel yang membuatnya sulit untuk menghilangkannya. Alangkah baiknya jika ingin merokok sebaiknya memberhentikan kendaraan dan membuka pintu dan jendela atau bisa keluar sebentar untuk sekedar menghabiskan rokok 1 batang.

Demikianlah informasi mengenai tips merawat AC Mobil saat musim panas. Apabila terjadi masalah soal teknis, alangkah baiknya berkonsultasi dengan bengkel AC Mobil langganan Anda.

>> Tempat beli Mobil dengan penawaran menarik, ya cintamobil.com

Berita sama topik

  • Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    20/10/2020| Abdul

    Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    Priming pump pada mesin diesel merupakan salah satu komponen yang berguna untuk menyusun sistem BBM pada mesin. Alasan mengapa disebut priming adalah karena fungsinya yaitu menyediakan bbm yang dihubungkan ke bagian pompa injeksi.

  • Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    13/10/2020| Abdul

    Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    Karet wiper mobil berperan penting dalam meningkatkan visibilitas berkendara, terutama saat kondisi hujan. Oleh sebab itulah kondisinya perlu diperhatikan dengan melakukan pengecekan dan perawatan. Selain hal tersebut, terdapat beberapa tanda karet wiper sudah aus dan perlu dilakukan penggantian.

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

International