Tahapan Dalam Membersihkan Evaporator Ac Mobil Dengan Langkah Mudah

06/07/2018| Abdul

Perlu diketahui, bahwa Evaporator Ac Mobil adalah salah satu komponen penting yang mempunyai fungsi cukup vital. Untuk kerjanya sendiri adalah mengubah cairan freon menjadi gas dingin yang nantinya akan memberikan kenyamanan penumpang dan pengemudi di dalam kendaraan. Jadi pada tempat inilah cairan freon didinginkan. Apabila tidak dilakukan pembersihan maka bisa membuat kotoran menumpuk sehingga bisa menimbulkan kebocoran.

Adapun kebocoran yang terjadi karena keropos atau korosi yang diakibatkan oleh menumpuknya kotoran di dalam Evaporator Ac Mobil. oleh sebab itu perlu dilakukan pembersihan dan perawatan supaya tetap dalam keadaan prima dan dapat bekerja dengan baik sesuai tugasnya.

Gambar ini menunjukkan sebuah dashboard mobil dan sebuah tangan memutar tombol ac mobil

Ac Mobil dalam keadaan normal akan memberikan kesejukan dan rasa dingin dalam kabin Mobil

Anda bisa melakukan pemeriksaan bagian ini lebih awal apabila kabin Mobil sering kotor dan Ac kerap digunakan. untuk melakukannya bisa dilakukan secara berkala, jangan menunggu sampai kabin terasa tidak dingin baru memeriksakannya. Meskipun dalam hal ini kerap dilakukan pemeriksaan setelah di dalam kabin sudah tak segar dan pendinginan tidak maksimal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Apabila menunggu sampai evaporator Ac Mobil sudah tidak dingin bisa saja saat pengecekan nantinya akan dilakukan penggantian filter, penambahan refrigerant dan juga pembersihan supaya suhu dingin dan sejuk dapat didapatkan kembali. Dalam pengerjaannya pun membutuhkan biaya yang lebih serta waktu yang dibutuhkan juga lebih lama.

Berikut ini mobilmo.com akan memberikan beberapa tips dalam membersihkan Evaporator Ac agar dapat melakukan tugasnya dengan maksimal.

Adapun langkah yang pertama adalah dengan mematikan Mobil. setelah itu carilah lokasi filter Ac dan juga jalur asupan udara yang bisa diketahui dan dilihat di buku manual kendaraan. Biasanya letaknya berada di balik glove box, oleh sebab itu saat membukanya sebaiknya secara perlahan dan memperhatikan langkah yang pas supaya tidak ada kerusakan yang terjadi pada komponen lain disekitar.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang membuka tempat filter ac mobil

Membersihkan evaporator Ac Mobil membuat udara dingin yang dihasilkan tetap terjaga

Tahap selanjutnya adalah mengangkat filter ac kemudian dilakukan pemeriksaan. Apabila telah kotor dalam keadaan yang parah bisa dilakukan pergantian dengan yang baru.

Dalam melakukan pembersihan pada evaporator Ac Mobil, langkah selanjutnya adalah dengan mengocok kaleng spray sebelum digunakan. Untuk mendapatkan cairan spray atau pembersih bisa didapatkan di toko aksesori atau otomotif terdekat. Sisipkanlah selang spray ke arah blower supaya foam bisa terarah dengan baik menuju blower.

Apabila posisi spray sudah siap pada posisi untuk menyemprot ke arah blower, selanjutnya adalah menyalakan mesin kendaraan. Setelah itu nyalakan juga Ac dan melakukan penyetingan pada suhu paling dingin. Setting juga udara atau tiupan blower menuju ke yang paling kencang.

>>> Baca juga, Apakah AC Mobil Menyebabkan Kanker? yang diulas oleh cintamobil.com

Gambar ini menunjukkan sebuah selang yang dipegang diarahkan menuju blower pada ac mobil

Pastikan bahwa cairan spray menuju ke arah blower pada tahap membersihkan evaporator Ac Mobil

Apabila Ac mobil menggunakan double blower, maka menyalakan mesin dan juga setting dilakukan dengan langkah yang sama. selanjutnya bisa membuka kisi-kisi Ac atau ventilasi. Pastikan terbuka semua, dan jangan lupa untuk membuka jendela pada mobil kesayangan.

Setelah semuanya telah dipersiapkan dengan baik seperti tahapan di atas. Langkah selanjutnya adalah dengan memastikan kembali semprotan spray telah menghadap dengan benar menuju ke arah blower. Lanjutkan penyemprotan sampai cairan spray benar-benar habis.

Cairan spray yang digunakan untuk membersihkan Evaporator Ac Mobil saat digunakan akan berbentuk foam. Apabila saat dilakukan penyemprotan keluar air pada ventilator Ac tidak perlu khawatir, cukup biarkan saja.

Setelah cairan pembersih habis maka dilanjutkan dengan membiarkan mobil tetap menyala selama kurang lebih 10 sampai 15 menit dan biarkan Ac juga menyala. Pada tahapan ini, pemilik bisa sambil membersihkan air yang keluar dari ventilatorĀ  dengan mengelapnya menggunakan kain.

>>> Mungkin tertarik, Jangan Nekat, Ini Bahaya Mengarahkan Ac Ke Kaca samping Mobil

Gambar ini menunjukkan air yang menetes dari bawah mesin melalui pipa evaporator ac mobil

Kotoran yang menyumbat evaporator Ac akan keluar bersamaan air melalui ventilator di bawah Mobil

Setelah selesai, anda bisa mengembalikan semuanya seperti semula dengan memasangkan komponen yang dilepas sebelumnya.

Apabila Ac Mobil masih dalam keadaan yang normal atau hanya kotor saja, maka setelah dilakukan pembersihan pada Evaporator Ac Mobil maka kabin akan terasa lebih dingin dan sejuk.

Jadi kotoran yang tadinya menyumbat akan ikut terbawa keluar melalui pipa Ac yang letaknya berada di bawah kendaraan.

>>> Berniat membeli Mobil, Dapatkan harga bagus di Cintamobil.com

Berita sama topik

International