Waspada, Beberapa Resiko Mobil Terkena Banjir Yang Perlu Diketahui!

06/12/2018 Abdul Perawatan mobil

Musim penghujan harus selalu waspada dan lebih berhati-hati dalam segala situasi. Apalagi untuk pengendara, diharapkan jangan nekat untuk tetap menerjang jalanan dalam kondisi banjir. Di beberapa kota besar di Indonesia rawan terjadi banjir, apabila sobat sedang berkendara dan menemuinya sebaiknya memperhatikan dengan baik dan mengambil keputusan yang tepat. Mengingat resiko mobil terkena banjir yang terbilang cukup fatal.

Bahkan tidak hanya itu saja, bagi sobat yang tinggal di daerah rawan banjir sebaiknya lebih berwaspada. Jangan sampai mobil sampai terendam sehingga menyebabkan masalah yang merugikan diri sendiri. Alangkah baiknya untuk menempatkan kendaraan di tempat yang lebih tinggi dan tidak dapat dijangkau air saat terjadi banjir. Bisa juga dengan menitipkan ke rumah teman atau saudara yang lokasinya tidak pernah banjir. Apalagi resiko mobil terkena banjir tidak bisa dianggap sepele.

Gambar ini menunjukkan mobil terendam banjir dan terdapat seseorang yang juga di dalam banjir

Cari tempat parkir yang lebih tinggi saat berada di tempat yang sering banjar

Umumnya banjir dapat menjadikan bagian kendaraan yang terbuat dari besi menjadi berkarat. Selain masalah tersebut, beberapa resiko mobil terkena banjir lainnya adalah:

>>> Baca juga, Berapa Batas Maksimal Banjir Yang Bisa Dilewati Mobil Supaya Tetap Aman

1. Bau Apek

Masalah yang pertama saat mobil terendam banjir adalah kabin mobil akan bau apek. Saat air masuk ke dalam kendaraan tentunya akan bercampur dengan kotoran. Sehingga nantinya akan membasahi seluruh bagian kendaraan seperti kabin, jok, dashboard dan lainnya. Apalagi bagian yang terbuat dari bahan kain ataupun serat sintetis, bau apek yang ditimbulkan disertai dengan perubahan warna akibat air kotor.

Bahkan yang lebih parah adalah bagian dalam mobil akan terdapat tanah yang mempunyai ketebalan 5 cm sampai 25 cm. Jika sudah begitu maka pembersihan secara total perlu dilakukan, tentunya nanti akan dibarengi dengan penggantian beberapa komponen atau bagian mobil yang mengalami kerusakan.

2. Performa Mobil Jadi Terganggu

Resiko mobil terkena banjir selanjutnya adalah mengganggu performa mesin mobil. Jika mobil tergenang banjir tentunya akan memasuki ruang mesin. Air yang bercampur dengan lumpur dapat mengganggu kinerja dari komponen yang berada di dalam mesin. Selain itu, dalam proses pembersihan juga terbilang sulit karena terdapat sela-sela antar komponen yang sempit. Untuk jalan masuk menuju ruang mesin bisa juga melalui knalpot ataupun sela-sela bodi. Dalam melakukan pembersihan sebaiknya dilakukan secara detail dan teliti, memang membutuhkan waktu cukup lama.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru

Gambar ini menunjukkan banyak mobil dalam keadaan kotor habis terkena banjir

Mobil yang terendam banjir harga jualnya menjadi turun

>>> Baca juga, Jangan Takut Saat Mobil Terkena Air Hujan, Begini Cara Mudah Mencucinya!

3. Keropos

Saat air yang bercampur dengan kotoran dan juga lumpur membuat bagian mobil yang terbuat dari logam beresiko keropos. Apalagi yang tidak dilapisi dengan anti karat, tentunya akan lebih cepat mengalami masalah keropos.

Adapun resiko mobil terkena banjir untuk jangka pendek meliputi:

  • Mobil bau apek
  • Interior dan eksterior sangat kotor
  • Beresiko terjadi konsleting sistem kelistrikan
  • Beberapa bagian sulit dioperasikan seperti pintu, jendela dan lainnya

Sedangkan untuk jangka panjang meliputi:

  • Berkarat
  • Performa menurun dan tidak dapat kembali seperti semula
  • Harga jual turun drastis

>>> Lihat juga, Perhatikan Beberapa Komponen Mobil Rawan Rusak Saat Musim Hujan

Gambar ini menunjukkan bagian kemudi dan pintu mobil yang kotor habis terkena banjir

Pembersihan mobil setelah terendam banjir sangat sulit dan membutuhkan waktu cukup lama

Adapun langkah untuk menghindari banjir dan meminimalisir terjadinya masalah, berikut beberapa saran yang dapat diperhatikan.

1. Saat berkendara dan terjadi banjir sebaiknya selamatkan terlebih dahulu diri kita, keluarga ataupun penumpang. Apabila masih sempat barulah mengamankan kendaraan ke tempat yang lebih tinggi. Jika sedang berada di dalam rumah dan diketahui datang banjir segeralah cari tempat yang aman, utamakan keselamatan diri dan keluarga.

2. Jika sedang berkendara carilah rute yang naik atau menanjak. Jangan pilih yang menurun karena potensi terkena banjir jadi lebih besar. Saat kerap terjadi banjir dan hampir setiap hari, alangkah baiknya tinggal sementara di tempat saudara atau keluarga yang aman dari masalah banjir.

3. Bisa menjadikan mobil sebagai tempat tinggal sementara dan cari lokasi yang tinggi dan terhindar banjir.

Itulah beberapa resiko mobil terkena banjir yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca