Mengetahui Fungsi Dan Cara Kerja Dari Katup Pada Mobil

17/03/2019| Abdul

Katup pada mobil sering disebut dengan valve atau klep yang letaknya pada kepala silinder. Geraknya disesuaikan dengan langkah piston sehingga menjadi salah satu komponen penting pada mobil. Untuk jenis katup umumnya pada mobil terdapat 2 yakni klep masuk dan klep buang. Bahan yang dipakai juga tidak sembarangan karena tahan karat dan juga panas.

Gambar ini menunjukkan 2 buah katup pada mobil dengan ukuran berbeda

Katup Intake dan Exhaust mempunyai ukuran berbeda

>>> Baca Juga, Berbahayakah Mesin Pincang Dipaksa Jalan? Ini Efeknya

Pada kendaraan masa kini sudah banyak mengandalkan 4 buah klep di setiap silinder yang dimiliki. Hal tersebut mempunyai tujuan untuk membuat lebih tinggi efisiensi volumetric yang menghasilkan penggunaan bahan bakar lebih efektif. Selain itu, daya yang dimiliki juga lebih besar. Jadi jika sebuah mesin mobil mempunyai 4 silinder berarti mengandalkan 16 buah katup.

Terdapat 2 jenis katup yakni katup Intake dan Exhaust. Pada katup Intake memiliki fungsi untuk mengatur campuran udara dan juga bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar. Sedangkan katup Exhaust berfungsi untuk mengatur gas buang dari sisa pembakaran saat keluar dari mesin. Perbedaan diantara kedua katup tersebut adalah diameter katup Intake lebih besar apabila dibandingkan dengan katup Exhaust.

Untuk cara kerja katup pada mobil adalah saat piston melakukan gerakan mulai dari TMA menuju TMB atau biasa disebut sebagai langkah hisap, maka katup Intake akan terbuka. Dengan pembukaan ini maka campuran udara serta bahan bakar dapat mengalir dan masuk menuju ke ruang bakar. Katup ini akan menutup pada saat piston melakukan kompresi. Setelah itu pembakaran akan terjadi kemudian katup exhaust akan terbuka supaya gas sisa pembakaran dapat terbuang dan keluar dari mesin melalui knalpot.

>>> Apakah sering ngebut membuat kualitas oli menjadi cepat menurun?

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang mengatur celah klep pada mobil

Pengaturan klep diperlukan untuk mesin yang nyaman

>>> Ini sebabnya putaran mesin idle lebih berbahaya dari putaran mesin tinggi

Agar kondisinya tetap maksimal, merawat katup pada mobil juga diperlukan. Salah satunya adalah dengan melakukan penyetelan sesuai dengan standar. Bila ingin mengetahui pengaturan celah katup bisa melihatnya di buku panduan pemilik. Apabila celahnya terlalu longgar maka suara yang dihasilkan terlalu berisik. Begitupun saat celahnya terlalu rapat, maka mobil akan terasa bergoyang saat terjadi putaran idle. Bahkan tenaga yang dihasilkan juga berkurang.

Pada mekanisme katup terdapat 2 jenis yaitu OHV dan OHC. Untuk jenis OHV merupakan sebuah rangkaian katup yang terbilang cukup rumit. Untuk letak katupnya berada pada bagian dalam blok silinder. Hal tersebut dikarenakan camshaft yang dimiliki terhubung secara langsung ke bagian sprocket roda crankshaft yang perlu melakukan penekanan valve filter dan juga push rod. Hal tersebut terjadi sebelum katup digerakkan.

Sedangkan untuk jenis katup OHC rangkaiannya tidak rumit, untuk letak camshaft dan katupnya berada pada kepala silinder. Sehingga saat terjadi masalah rangkaian jenis ini lebih mudah dalam melakukan perbaikan. Adanya jenis ini bertujuan untuk menggantikan rangkaian jenis OHV yang terbilang lebih rumit.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkap hanya di sini

Gambar ini menunjukkan potongan bagian mesin dengan terdapat 16 klep

Katup menjadi salah datu jalan masuk campuran bahan bakar dan udara

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis katup pada mobil, perawatan dan juga cara kerjanya. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan tambahan pengetahuan buat sobat semuanya dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International