Mengenal Jenis APAR Untuk Mobil Pribadi Dan Cara Mematikan Api

20/04/2021| Abdul

Di tahun 2020 dari pihak Pemerintah melakukan penetapan terhadap peraturan dimana APAR (Alat Pemadam Api Ringan) perlu disediakan oleh produsen mobil. Karena peraturannya terbilang baru, tentunya hanya mobil keluaran terbaru saja yang disediakan APAR. Sobat bisa membeli APAR untuk mobil pribadi yang dimiliki sehingga saat terjadi masalah seperti kebakaran bisa segera menanganinya.

Gambar ini menunjukkan APAR di mobil

PAda mobil terbaru diharuskan memiliki APAR

>>> Mobil Baru Wajib Ada APAR, Berapa Sih Harga Apar Di Pasaran Jika Ingin Beli?

Meskipun begitu, terdapat beberapa jenis APAR yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan pada mobil yang dimiliki.

Jenis APAR Untuk Mobil Pribadi Bisa Dipilih

1. Jenis Air

APAR jenis ini mempunyai tekanan tinggi dan mempunyai harga paling terjangkau. Hanya saja untuk jenis ini biasanya dipakai untuk memadamkan bahan padat seperti karet, plastik, kertas dan lainnya yang sejenis serta tidak diperuntukkan untuk logam. Dalam penggunaan APAR jenis ini lebih cocok untuk menangani kebakaran kelas A.

2. Jenis Bubuk Kimia

Pada jenis ini APAR lebih cocok untuk memadamkan kebakaran yang sumbernya adalah listrik. Hal tersebut dikarenakan untuk kandungan di dalam APAR ini adalah bubuk kimia yang berupa amonium sulfat dan mono amonium. Dengan begitu kebakaran kelas C yang cocok menggunakan APAR jenis bubuk kimia.

3. Jenis Karbon Dioksida

APAR untuk mobil pribadi paling cocok menggunakan jenis karbon dioksida. Hal tersebut dikarenakan dapat digunakan untuk memadamkan kebakaran yang disebabkan oleh kelistrikan atau cairan seperti alkohol, minyak, kertas dan lainnya. Dalam penggunaannya, kebakaran A,B dan C bisa diatasi dengan jenis APAR ini.

>>> APAR Harus Ada Di Mobil Baru, Ini Kata Pengamat Dan Spesifikasinya

Gambar ini menunjukkan APAR jenis CO2

Terdapat beberapa jenis APAR untuk mobil

>>> Lihat Juga, Sudah Ada APAR Pada Mobil Suzuki Produksi Tahun 2021

4. Jenis Busa

Kebakaran yang bisa ditangani oleh APAR jenis busa adalah kelas A dan B. Dimana APAR busa ditujukan untuk kebakaran karena benda yang padat bukan cairan dan logam. Dalam hal ini contohnya adalah alkohol, minyak, plastik, karet, kertas dan lainnya.

Langkah Menggunakan APAR Untuk Mematikan Api

Pada saat mobil terbakar secara tiba-tiba maka sebaiknya tidak panik. Kendalikan mobil dan pinggirkan di tempat yang aman, setelah itu mesin dimatikan dan ambil APAR yang sudah disediakan di dalam mobil. Usahakan sebelum keluar mobil membuka kap mesin kendaraan sehingga saat penyemprotan bisa dilakukan ke bagian mesin mobil. Dalam prosesnya posisikan diri di samping kendaraan. Jangan di depan karena beresiko tersembur oleh api yang menuju ke bagian depan.

>>> Baca Juga, Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang APAR

Penggunaan APAR harus berhati-hati

Apabila tidak memiliki APAR untuk mobil pribadi apa yang harus dilakukan?

Dalam hal ini Sobat bisa mengandalkan selimut atau baju yang dibasahi dengan air. Setelah itu tempatkan pada bagian mobil yang terbakar, hal tersebut dilakukan supaya api tidak membesar karena oksigen dihalangi. Selain itu, Sobat bisa meminta bantuan kepada orang disekitar dalam proses pemadaman. Apalagi pengendara lain ada beberapa yang mempunyai APAR sehingga proses pemadaman bisa dilakukan dengan lebih cepat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

International