Sudah Ada APAR Pada Mobil Suzuki Produksi Tahun 2021

31/01/2021| Abdul

Di awal tahun 2021 selain soal masalah pandemi Covid-19 yang belum hilang juga banyak membahas tentang APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Jadi pada mobil keluaran terbaru diharuskan membekalinya dengan APAR. Nah kabar baiknya APAR pada mobil Suzuki telah tersedia pada mobil keluaran tahun 2021.

Gambar ini menunjukkan APAR pada mobil Suzuki

Semua model Suzuki produksi 2021 sudah ada APAR kecuali New Carry Pick Up

PT SIS (Suzuki Indomobil Sales) memberikan kelengkapan pada model yang dimiliki dengan APAR yang nantinya baru dipasarkan ke pihak konsumen. Jadi mobil produksi tahun 2021 sudah mendapatkan APAR yang dapat digunakan saat terjadi kebakaran. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pihak pemerintahan yang berhubungan dengan keselamatan dan keamanan.

>>> APAR Harus Ada Di Mobil Baru, Ini Kata Pengamat Dan Spesifikasinya

Berhubungan dengan APAR pada mobil Suzuki pihak Yulius Purwanti selaku Head of 4W Product Development menyebutkan, bahwasanya mobil Suzuki diberikan APAR dengan harapan resiko akibat kebakaran pada mobil dapat dikurangi.

"Kami selalu berupaya meningkatkan kualitas setiap kendaraan yang diproduksi. Selain menerapkan peraturan pemerintah, adanya APAR pada setiap unit mobil Suzuki dengan VIN 2021 tentu juga sebagai upaya untuk menekan angka kasus mobil terbakar ketika berkendara yang membahayakan,” ucapnya dalam keterangan resminya dilansir dari laman resmi Suzuki pada 29/1/2021.

Perlu diketahui bahwa APAR yang diberikan pada mobil Suzuki telah mendapatkan sertifikat SNI jadi konsumen bisa lebih tenang. Adapun isi pada APAR yang diberikan pada mobil Suzuki adalah Dry Chemical Powder yang mempunyai fungsi untuk menutup permukaan yang terdapat api atau mengalami kebakaran supaya tidak ada kontak dengan oksigen. Dengan begitu proses pemadaman jadi lebih cepat.

Gambar ini menunjukkan penggunaan APAR

Penggunaan APAR meningkatkan keamanan dan keselamatan

>>> Mobil Baru Wajib Ada APAR, Berapa Sih Harga Apar Di Pasaran Jika Ingin Beli?

Tidak hanya itu saja, dengan isi yang diberikan tersebut tidak mempunyai dampak pada sistem kelistrikan kendaraan, mengingat mobil banyak sekali komponen kelistrikan. APAR yang digunakan oleh Suzuki adalah model yang bisa dipakai dalam mengatai 3 tipe kebakaran yang terjadi pada kendaraan.

  1. Kebakaran yang terjadi pada benda padat dan juga non logam seperti kayu, kertas, plastik dan juga kain
  2. Kebakaran yang terjadi pada benda cair, gas atau uap dengan contohnya adalah metana, solar dan juga amoniak
  3. Kebakaran pada sistem kelistrikan di mobil

Tidak sampai disitu saja, APAR pada mobil Suzuki juga mempunyai masa berlaku atau usia pemakaian yang mencapai 8 tahun sebelum ada yang membukanya. Bahkan bagi konsumen yang mobilnya belum memiliki APAR dapat datang ke dealer resmi Suzuki untuk melakukan pembelian secara terpisah unit APAR.

“Keselamatan dan keamanan konsumen adalah prioritas Suzuki. Kami harap dengan memfasilitasi APAR pada setiap unit mobil Suzuki dapat menambah rasa aman dan nyaman ketika konsumen berkendara. Dengan adanya tambahan fitur keamanan ini konsumen sudah tidak perlu lagi membayar biaya APAR karena sudah termasuk di dalam harga kendaraan,” tutup Yulius.

Gambar ini menunjukkan salah satu diler mobil Suzuki

Untuk beli APAR secara terbisah bisa dilakukan di diler resmi Suzuki

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Selain soal APAR pada mobil Suzuki, pada penempatan APAR posisinya berbeda-beda, yang terpenting kenyamanan penumpang tidak akan terganggu dengan keberadaannya. Adapun mobil Suzuki yang diberikan APAR semuanya dengan VIN 2021 kecuali New Carry Pick Up. Untuk modelnya yakni Suzuki XL7, All New Ertiga, New Ignis, APV, New Baleno, Jimny, Karimun Wagon R dan juga S-Cross.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Berita Otomotif Terbaru Lainnya