Mobil Baru Wajib Ada APAR, Berapa Sih Harga Apar Di Pasaran Jika Ingin Beli?

22/01/2021| Abdul

APAR atau alat pemadam api ringan merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mencegah terjadinya kebakaran. Jadi ketika api masih kecil bisa dipadamkan dengan APAR sebelum berubah jadi besar. Harga APAR sendiri cukup bervariasi tergantung kapasitasnya dan pembelian. Karena jika beli pertama lebih mahal karena harus beli tabungnya. Sedangkan setelah itu hanya perlu mengisinya saja.

Gambar ini menunjukkan beberapa APAR dengan ukuran berbeda

Banyak pilihan APAR yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

>>> Lihat Juga, APAR Harus Ada Di Mobil Baru, Ini Kata Pengamat Dan Spesifikasinya

Pembahasan mengenai APAR terkait dengan aturan yang dikeluarkan oleh pihak Kemenhub (Kementerian Perhubungan) terkait mobil baru yang wajib diberikan APAR. Tujuannya tidak lain untuk langkah antisipasi pada saat mobil tiba-tiba mengalami kebakaran. Dengan setiap mobil memilikinya, maka tidak hanya untuk diri sendiri saja namun saat mobil lain mengalaminya bisa diberikan bantuan.

Sebelum disebutkan terkait harga APAR, berkaitan dengan aturan tentang APAR dari pihak Waluyo selaku Factory Manager PT Pundarika Atma Semesta menyebutkan,

"Penyediaan APAR pada mobil pribadi ini sebenarnya bagus, buat preventif karena kebakaran mobil di jalan ini cukup banyak." Ucapnya dilansir dari laman Inews.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan APAR di mobil

Kemenhub berikan aturan wajib APAR pada mobil baru

>>> Baca Juga, Mobil Supercar Nissan GT-R50 Diuji Di Lintasan Sirkuit, Hanya Ada 50 Unit

Dari pihak Waluyo juga menambahkan bahwasanya untuk mendapatkan APAR terbilang sangat mudah, hal tersebut karena di pasaran bebas dilakukan penjualan dengan ukuran yang bervariasi yakni 1 kg sampai 9 kg.

Pihaknya menyebutkan bahwa ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. Jika memiliki mobil SUV, MPV dan lainnya bisa mengandalkan yang 1 kg saja.

Sedangkan harga APAR sendiri cukup beragam tergantung ukurannya. Untuk pembelian pertama paling murah adalah Rp. 350 ribu tabung ukuran 1kg dan yang 9 kg dihargai dengan Rp. 2 jutaan. Jadi untuk harga tersebut merupakan pembelian pertama oleh pihak konsumen. Setelah memiliki tabung nantinya tidak perlu membeli lagi namun pengisian yang tentunya biayanya lebih murah.

Waluyo juga menyebutkan bahwasanya jika dari pihak APM (Agen Pemegang Merek) ingin melakukan kerjasama dengannya untuk masalah penyediaan APAR pihaknya membuka diri.

"Bisa saja kita menerima penyediaan APAR untuk unit-unit ATPM," katanya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan seseorang menyemprotkan APAR

Dengan APAR bisa mencegah adanya korban saat terjadi kebakaran

Itulah info mengenai harga APAR untuk mobil. Sedangkan untuk masalah mobil baru diharuskan menggunakan APAR berpacu pada Peraturan Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang pengesahannya dilakukan pada tahun 2020 tepatnya tanggal 18 Februari. Adapun tujuan dari kebijakan tersebut adalah dapat menekan resiko korban jiwa ketika ada mobil yang terbakar.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Berita Otomotif Terbaru Lainnya

Berita sama topik

  • Masyarakat Menunda Beli Mobil Daihatsu & Toyota Untuk Tunggu Relaksasi PPn BM 0%

    25/02/2021| Abdul

    Masyarakat Menunda Beli Mobil Daihatsu & Toyota Untuk Tunggu Relaksasi PPn BM 0%

    Masyarakat menunda beli mobil saat ada kabar bulan Maret akan ada relaksasi pajak 0%. Hal tersebut bisa membuat bulan Februari mengalami penurunan dalam penjualan mobil. Meskipun begitu dari pihak Daihatsu dan Toyota yakin akan kenaikan terjadi di bulan Maret 2021.

  • Relaksasi Pajak PPn BM Dimulai Bulan Maret 2021, Ini Mobil Toyota Yang Mendapatkan Dan Tidak

    23/02/2021| Abdul

    Relaksasi Pajak PPn BM Dimulai Bulan Maret 2021, Ini Mobil Toyota Yang Mendapatkan Dan Tidak

    Terdapat kebijakan dari pihak pemerintah untuk relaksasi Pajak PPn BM. Tentunya mobil yang mendapatkan insentif pajak tersebut akan mempunyai harga yang lebih terjangkau. Namun terdapat 3 tahapan dalam pemberian insentif, jadi sebaiknya mengetahuinya agar tidak terjadi kekeliruan saat ingin melakukan pembelian mobil. Nah kali ini kami akan memberikan beberapa daftar mobil Toyota yang mendapatkan insentif dan yang tidak.

  • Kabar Baik, Insentif PPnBM Mobil Akan Dimulai Maret 2021

    18/02/2021| Abdul

    Kabar Baik, Insentif PPnBM Mobil Akan Dimulai Maret 2021

    Insentif PPnBM mobil akan diberlakukan pada bulan Maret 2021. Tentunya hal tersebut akan menjadi angin segar bagi masyarakat dan bisa menjadi kesempatan untuk membeli sebuah kendaraan. Hal tersebut disambut dengan baik oleh para produsen mobil, salah satunya adalah Suzuki.

International