Langkah Mengganti Saringan Bahan Bakar yang Perlu Anda Ketahui

04/12/2018 | Fatchur Sag

Foto saringan bahan bakar pada mobil

Saringan bahan bakar harus dalam kondisi terbaik

Bagi Anda yang memiliki kendaraan seperti mobil, tentu secara tidak langsung Anda juga perlu memiliki pengetahuan terkait kendaraan, agar Anda mengetahui benar bagaimana kondisi kendaraan dan kapan kendaraan Anda mengalami masalah dan perlu dilakukan perawatan. Salah satu perawatan mobil yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai langkah mengganti saringan bahan bakar. Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai hal tersebut, yaitu :

Penggantian saringan bahan bakar (fuel filter)

Saringan bahan bakar adalah filter yang memiliki fungsi untuk menyaring dan membersihkan bahan bakar dari kotoran dan partikel sebelum dikirim ke fuel pump untuk dapat menjalankan mobil. Tangki bahan bakar yang berkarat dapat mengkontaminasi bahan bakar yang ada di dalamnya. Dengan adanya penyaring / filter bahan bakar ini, bahan bakar yang dikirim untuk proses pembakaran mengalami proses penyaringan terlebih dahulu sehingga bebas dari kotoran / karat sebelum digunakan.

>>> Memahami Cara Kerja Ignition Coil atau Koil Pada Mobil

Kapan mobil perlu ganti saringan bahan bakar (fuel filter)?

Foto masa penggantian saringan bahan bakar

Filter bahan bakar perlu diganti secara berkala

Saringan bahan bakar perlu diganti secara berkala, paling tidak setiap 50.000-80.000 kilometer, atau bila mobil Anda menunjukkan gejala - gejala berikut ini :

  • Konsumsi bahan bakar menjadi semakin boros.
  • Mobil menjadi tidak bertenaga.
  • Mobil Anda tidak dapat hidup saat distarter.
  • Lampu pada cek engine menyala.

>>> Membeli mobil baru, cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

Langkah mengganti saringan bahan bakar

Bila Anda mengetahui mengenai perangkat mesin mobil, tidak ada salahnya bila Anda mengganti fuel filter sendiri. Berikut ini langkah mengganti saringan bahan bakar yang dapat Anda lakukan :

1. Mempersiapkan alat

Anda perlu mempersiapkan alat - alat seperti kunci socket, kunci ring, tang, alat pembuka saringan oli, saringan bahan bakar yang baru dan alat lain yang mungkin diperlukan.

2. Melepas saringan bahan bakar yang lama

Anda dapat melepas saringan yang lama dengan menggunakan tang untuk melepas klipnya. Jangan lupa siapkan lap kain untuk menghindari tumpahan bahan bakar yang ada dalam saluran tersebut.

3. Lepaskan sensor air yang ada di bawah saringan bahan bakar

Setelah melepas saringan dari bodi mobil, selanjutnya lepaskan sensor air di bawah saringan bahan bakar, dan lanjutkan dengan melepas saringan bahan bakar dari rumahannya. Untuk membuka saringan bahan bakar, agar lebih mudah Anda dapat menggunakan alat pembuka saringan oli.

4. Pasang saringan bahan bakar yang baru

Pasang saringan bahan bakar yang baru kemudian kencangkan dengan menggunakan tangan. Setelah pemasangan oleskan O - ring pada filter dan sensor air agar tidak bermasalah saat dikencangkan. Pasang kembali pada bodi kendaraan dengan memasang baut dengan tepat.

>>> Efek Kotoran Pada Sistem Sensor Mobil

5. Lakukan bleeding untuk memastikan filter yang baru terpasang sempurna

Lakukan bleeding setelah pemasangan filter baru

Bleeding, memastikan filter baru terpasang sempurna

Untuk mengecek, Anda perlu melakukan bleeding pada sistem bahan bakar. Kendorkan sedikit baut yang terpasang dan tekan pompa di atas rumahan saringan beberapa kali hingga bahan bakar yang keluar dari lubang baut yang telah dikendorkan tidak diikuti dengan gelembung udara. Selanjutnya kencangkan kembali bautnya dan bersihkan sekitar tempat saringan bahan bakar tersebut.

6. Nyalakan mesin

Cek kembali dengan menyalakan mesin mobil. Bila pemasangan dan proses bleeding dilakukan dengan tepat, mesin dapat menyala dengan sempurna. Jangan lupa cek kembali pada mesinnya untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran bahan bakar.

Bila Anda tak memiliki kemampuan untuk mengganti sendiri, atau tak mengetahui persis langkah mengganti saringan bahan bakar yang tepat, tidak ada salahnya bila Anda menyerahkan pekerjaan ini pada montir di bengkel langganan Anda.

>>> Mengapa Mobil LCGC Menggunakan Oli Sekelas Supercar?

Lebih jelasnya, simak video cara mengganti saringan bahan bakar dari channel Youtube ChrisFix berikut!

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 18/09/2019 | Abdul

    Beberapa Tanda Kompresor AC Mobil Lemah Yang Perlu Diperhatikan

    AC mobil memiliki tugas yang cukup penting untuk mendukung kenyamanan berkendara baik pengemudi ataupun penumpang. Bahkan fitur ini sekarang menjadi salah satu fitur standar yang harus diberikan pada mobil baru. Di dalamnya ada komponen yang bernama kompresor AC mobil. Fungsinya tergolong penting, karena jika kompresor AC mobil lemah maka kinerja AC jadi terganggu saat menyalurkan udara ke dalam kabin mobil.

  • 13/09/2019 | Abdul

    Penyebab & Cara Mencegah Timbulnya Korosi Pada Evaporator AC Mobil

    Beragam fitur dipasangkan pada kendaraan untuk membuat kabin mobil terasa nyaman saat dikendarai. Selain hal tersebut, pemberian fitur unggulan juga bisa menarik lebih banyak konsumen. Salah satu fitur pendukung kenyamanan dan membuat seseorang lebih betah di dalam kendaraan adalah AC mobil. Dalam komponennya terdapat evaporator yang mendukung kinerja dari AC mobil. Bisa saja terjadi korosi pada evaporator AC mobil yang dapat mengganggu kinerjanya.

  • 05/09/2019 | Abdul

    Apakah Bisa Modifikasi Mobil Mesin Bakar Internal Ke Mobil Listrik?

    Perkembangan mobil listrik semakin kesini semakin banyak peminat. Apakah sobat menjadi salah satunya?. Seperti yang kita tahu, bahwa kendaraan listrik sangat ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi. Dengan dipadukan desain yang menarik membuat mobil jenis tersebut banyak digandrungi oleh masyarakat terutama di Indonesia. Yang jadi pertanyaan adalah apakah bisa modifikasi mobil mesin bakar internal ke mobil listrik?