Mengapa Mobil LCGC Menggunakan Oli Sekelas Supercar?

03/12/2018 | Arfian Alamsyah

Bagi Anda pemilik mobil di kelas Low Cost Green Car atau yang lebih akrab disingkat LCGC mungkin pernah memperhatikan oli mobil yang Anda sedang gunakan. Kalau diperhatikan, oli yang digunakan rata-rata memiliki keenceran alias visikotas yang rendah. Ada yang 0W-30 ada yang pakai 0W-40. Lalu mengapa bisa demikian encer? Mengapa mobil sekelas LCGC menggunakan oli sekelas supercar?

Tampak Mesin Toyota Calya

Mesin Toyota Calya ini butuh oli dengan spesifikasi tinggi

Ternyata hasil obrol dengan beberapa mekanik dan instruktur didapat jawabannya adalah karena spesifikasi mesin jaman sekarang memang dirancang untuk rendah friksi dan juga efisiensi yang tinggi. Ambil contoh mesin 1NR-VE yang digunakan oleh Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Mesin dengan konfigurasi 4 silinder dan sudah dilengkapi dengan teknologi katup variabel Dual VVT-i ini memang dirancang untuk efisiensi bahan bakar.

>>> Baca juga: Masih Idealkah Mengganti Oli Mesin Mobil Per 10.000 Kilometer Ditengah Kepadatan Ibu Kota?

Ilustrasi Oli Toyota Calya

Kekentalan oli mesin modern membutuhkan oli yang encer

Apalagi ditambah dengan fakta bahwa teknologi pengembangan motor bakar yang sudah sedemikian maju, sehingga tingkat kepresisian antar part sudah semakin kecil batas toleransi errornya. Hal ini berdampak kepada spesifikasi oli yang dibutuhkan oleh mesin semakin encer pula. Maka jangan heran apabila mesin modern saat ini direkomendasikan menggunakan oli dengan spek super encer. Lalu bagaimana jika sudah mesin modern diisi dengan oli yang tidak sesuai spek? Tentunya akan membuat mesin tidak efisien alhasil mobil akan boros. Jadi pakai oli yang sesuai dengan peruntukannya ya.

>>> Ingin membeli mobil, jangan abaikan daftar harga mobil terbaik hanya ada di Mobilmo.com

Tampak mesin rusak

Salah spesifikasi oli dapat berakibat harus turun mesin

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 05/06/2020 | Abdul

    Mengenal Jenis Kompresor AC Mobil Sebagai Tambahan Informasi

    Saat ini banyak yang menggunakan AC sebagai alat pendingin pada mobil. Salah satu alat kelengkapan pada mesin AC yaitu wajib menggunakan kompresor. Kompresor ibarat jantung AC yang berfungsi menghisap freon dari tekanan rendah kemudian didistribusikan ke kondensor dalam tekanan dan suhu yang tinggi. Terdapat beberapa jenis kompresor AC mobil yang bisa dijadikan tambahan informasi.

  • 04/06/2020 | Abdul

    Fase New Normal, Menyemprot Mobil Dengan Desinfektan perlu Dilakukan

    Himbauan dari pihak kepolisian kepada pemilik kendaraan supaya menyemprot mobil dengan desinfektan. Hal tersebut dilakukan secara berkala dalam fase new normal dengan tujuan untuk mencegah virus corona.

  • 28/05/2020 | Abdul

    Alat Penghemat Bahan Bakar, Benarkah Bisa Buat Mobil Terbakar?

    Pemilik mobil kadang memasang alat penghemat bahan bakar pada mobil yang dimiliki. Tujuannya adalah supaya konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Tapi tahukah Sobat, bahwa memasang alat tersebut bisa berpotensi menjadi penyebab mobil terbakar.