Kapan Memperbaiki Gearbox Mobil?

27/11/2018| Fatchur Sag

Foto gearbox mobil transmisi manual

Gearbox mobil transmisi manual beda dengan gearbox mobil matic

Gearbox mobil atau transmisi pada mobil tentunya adalah bagian yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Transmisi merupakan sistem mekanis yang fungsinya adalah menyalurkan tenaga ke bagian mesin lainnya. Bagian gearbox pada mobil adalah bagian yang juga membutuhkan perhatian untuk dilakukan perawatan. Untuk Anda yang belum paham mengenai pentingnya gearbox untuk kendaraan manual maupun otomatis, berikut adalah fungsi dari gearbox:

  • Komponen untuk mengubah daya putar atau torsi yang kemudian diteruskan pada spindel kendaraan
  • Menyediakan rasio gigi yang sesuai dengan beban mesin kendaraan
  • Menghasilkan putaran pada mesin tanpa selip
  • Mengatur kecepatan gerak dan torsi sehingga kendaraan Anda bisa bergerak maju maupun mundur.

Sama halnya dengan bagian komponen mobil lainnya, gearbox pun punya masa pakai atau usia tertentu yang harus diganti atau diperbaiki sesuai dengan pemakaiannya. Kapan Anda harus memperbaiki gearbox mobil Anda?

Berdasarkan hitungan km-nya

Tidak ada usia pasti untuk gearbox mobil dan patokan mutlak kapan Anda harus menggantinya dengan yang baru. Tergantung dengan kualitas gearbox yang digunakan di mana gearbox dengan kualitas buruk tentunya lebih cepat aus dibandingkan dengan yang kualitasnya lebih bagus. Tapi rata-rata gearbox sudah mulai menunjukkan tanda-tanda harus diganti ketika hitungan km sudah mencapai angka 100.000 km – 250.000 km. Gearbox untuk mobil manual usianya rata-rata lebih pendek dibandingkan dengan gearbox mobil otomatis. Jika mobil Anda sudah memasuki usia 5 tahun sudah saatnya untuk mengecek kondisi gearbox masih bagus atau tidak.

>>> Tidak Banyak Yang Tahu, Transmisi Manual Ada Banyak Jenisnya Lho

Foto odometer 100.000 km

Sudah menempuh jarak yang panjang pertanda gearbox harus lebih diperhatikan

Perbaiki atau ganti?

Beli gearbox baru memang tidak murah, tapi hanya memperbaikinya saja juga belum tentu merupakan keputusan yang tepat. Jika baru bermasalah sekali dan masalahnya belum fatal, memperbaiki gearbox bisa jadi solusi sementara yang lebih murah. Tapi jika kerusakan sudah parah, atau gearbox Anda sudah beberapa kali diperbaiki dengan berbagai macam isu yang sama atau berbeda, lebih baik langsung ganti dibandingkan menghabiskan terlalu banyak uang untuk bolak balik memperbaiki kondisi gearbox yang sebenarnya sudah tidak bagus. Sebelum mengganti gearbox, pastikan juga kondisi mobil secara keseluruhan karena bisa jadi masalah mobil tidak hanya terletak pada gearbox-nya saja.

Ciri-ciri gearbox yang sudah minta diganti atau diperbaiki

Meski belum sampai di angka 100.000 km atau masih di bawah usia 5 tahun, bisa jadi gearbox mobil Anda mengalami kerusakan karena berbagai macam hal. Karena itu perhatikan tanda berikut yang bisa menjadi indikasi gearbox mobil butuh perbaikan atau diganti dengan yang baru:

  • Ada bau cairan transmisi yang terbakar
  • Cairan transmisi yang bocor
  • Lampu indikator mesin pada dashboard Anda menyala
  • Ada suara aneh ketika mobil dinyalakan
  • Sulit bagi Anda untuk pindah atau mempertahankan posisi gigi.

>>> Ini Dia Panduan Singkat Memahami Lampu Indikator Peringatan Pada Mobil

Foto persneling mobil manual

Sulit melakukan perpindahan gigi bisa jadi karena kondisi gearbox sudah kurang baik

Mendeteksi sejak dini adanya kerusakan pada gearbox atau transmisi Anda maka Anda masih bisa memperbaikinya dibandingkan dengan mengganti dengan yang baru. Oleh karena itu ketika melakukan servis rutin jangan lupa untuk mengecek juga kondisi gearbox mobil Anda.

>>> Review mobil terbaik hanya ada di sini

Untuk memperpanjang usia gearbox Anda, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu:

  • Mengecek cairan transmisi secara rutin di mana fungsi dari cairan ini adalah menjaga agar gearbox tidak terlalu panas
  • Gearbox juga harus mendapatkan perhatian saat servis rutin misalnya mengganti oli dan filternya, membersihkannya dari partikel-partikel kotoran dan endapan
  • Menggunakan cairan sintetis yang lebih tahan terhadap suhu tinggi mesin
  • Menggunakan pendingin gearbox yang bisa mencegah gearbox lebih cepat rusak karena terlalu panas
  • Gaya berkendara yang berakselerasi terlalu cepat dan pindah gigi yang terlalu kasar bisa membuat gearbox Anda rusak lebih cepat.

 >>> Memahami Cara Kerja Ignition Coil atau Koil Pada Mobil

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Berita sama topik

International