Tidak Banyak Yang Tahu, Transmisi Manual Ada Banyak Jenisnya Lho

11/10/2018 Mahmudi Restyanto Pengemudian mobil

Beberapa orang berpikir transmisi manual hanya satu jenis. Tapi ternyata secara sistem atau cara kerjanya, ada tiga jenis transmisi manual.

Banyak orang mengira transmisi manual hanya satu jenis saja. Wajar, mengingat saat mengoperasikan transmisi manual sama saja cara memindahkan giginya. Tapi ternyata beberapa pabrikan menggunakan cara kerja yang berbeda-beda. Setidaknya ada tiga jenis transmisi manual yang umum digunakan oleh pabrikan.

1. Tipe Sliding Mesh

Jenis transmisi manual sliding mesh

Jenis transmisi sliding mesh mempunyai banyak kekurangan dan jarang digunakan oleh pabrikan

Pertama ada transmisi manual tipe sliding mesh yakni jenis transmisi manual yang cara kerja dalam pemindahan gigi dengan cara menggeser langsung roda gigi input dan outputnya. Transmisi ini sedikit yang menggunakannya karena mempunyai kekurangan seperti perpindahan gigi tidak bisa dilakukan secara langsung sehingga perlu waktu. Selain itu juga hanya menggunakan satu jenis roda gigi dan menghasilkan suara kasar saat perpindahan gigi.

>>> Mungkin tertarik, Belajar Menginjak Pedal Mobil Manual Yang Benar 

2. Tipe Constant Mesh

Jenis transmisi yang menggunakan kopling

Jenis transmisi constant mesh menggunakan bantuan kopling

Untuk tips constant mesh cara kerjanya ialah dengan bantuan kopling geser agar terjadi perpindahan tenaga dari poros input ke out put. Tipe transmisi ini antara roda gigi input dengan roda gigi out put selalu berkaitan, tetapi untuk roda gigi out put tidak satu poros dengan poros out put.

>>> Membeli mobil baru, cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

3. Tipe Sincromesh 

Komponen dalam sincromesh

Jenis transmisi sincromesh paling banyak digunakan pabrikan karena mempunyai banyak keunggulan

Diantara tiga jenis transmisi manual, tipe sincromesh paling maju, karena menyamakan putaran antara roda gigi penggerak (input) dan roda gigi yang digerakkan (output). Salah satu kelebihannya adalah pemindahan gigi dapat dilakukan secara langsung tanpa menunggu waktu yang lama. Selain itu juga perpindahan gigi lebih halus dan bisa menggunakan berbagai jenis roda gigi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca