Inilah Tanda-Tanda Aki Mobil Tekor Yang Perlu Anda Tahu

11/08/2021 | Doris Elisa

Aki adalah peralatan yang penting dalam membantu mobil start dan menjaga stabilitas. Mendeteksi aki mobil tekor adalah hal yang diperlukan untuk melindungi mobil kesayangan Anda.

Mari kita lihat tanda-tanda aki mobil tekor dan cara perbaikan yang sangat sederhana di bawah ini:

Menyadari aki mobil tekor saat menghidupkan mesin lemah

Sebagai pengemudi yang berpengalaman, Anda bisa merasakan masalah aki saat Anda mulai mencolokkan kunci ke mobil. Pada saat ini, mesin sangat lemah, mobil meledak sedikit dan tidak dapat digerakkan, terutama di pagi hari.

Gambar seorang yang sedang perbaiki aki mobil tekor

Identifikasi aki mobil tekor

Untuk memperbaikinya secara cepat, Anda harus menjepit kedua terminal dari kedua aki bersama-sama. Kemudian biarkan mesin hidupkan di tempat selama sekitar 30 menit. Matikan mesin dan nyalakan mobil lagi. Pada saat ini, aki yang telah diisi listrik akan berjalan lebih baik, jika tidak, Anda harus segera mengganti dengan aki yang baru.

>>> Ini Akibatnya Bila Aki Tekor Dan Cara Mencegahnya

Mengenali aki mobil yang tekor ketika klakson mobil dan beberapa bola lampu lemah

Ada 2 kasus terjadi ketika lampu mobil Anda lemah atau tidak terang di dasbor. 

  • Pertama saat hidupkan, mesin lemah atau tidak bergerak, ini berarti lampu di dasbor hanya berkedip sedikit dan kemudian mati. 
  • Kasus 2 mobil masih hidup tapi nyala lampu, lampu depan kurang terang, lampu tidak terang dan klakson tidak nyaring dan nyaring tidak sebesar seperti sebelumnya.

Gambar mobil dengan lampu yang sedang menyala

Tahu aki mobil tekor dengan bunyi klason dan lampu mobil

Kedua kasus tersebut merupakan tanda-tanda aki mobil tekor dan perlu segera diisi atau diganti. Namun, dalam beberapa kasus, mungkin karena generator atau kegagalan sistem kelistrikan. Anda harus meminta seorang profesional atau pergi ke bengkel bereputasi baik untuk memeriksa.

>>> Penyebab Aki Mobil Rusak, Rata-Rata Karena Keteledoran

Mengenali aki mobil yang tekor saat dikembung

Ibarat baterai ponsel, ketika aki menunjukkan tanda-tanda bengkak (edema) atau melengkung, itu menunjukkan bahwa komponen internalnya sedang bertanda yang tidak normal, yaitu kerusakan dari terminal aki. Aki yang menggembung harus diganti dengan cepat untuk menghindari masalah di sepanjang jalan.

Gambar menunjukkan orang yang sedang cek apakah aki mobil tekor atau tidak

Aki kembung itulah tanda aki mobil tekor

Selain itu, untuk mengetahui apakah aki mobil tekor atau tidak, Anda bisa menggunakan VOM meter – voltage meter. Agar lebih akurat, Anda memerlukan beberapa ampere meter yang besar, pengukur kepadatan aki. Jika Anda bukan orang yang berpengetahuan tentang mobil, periksa mesin secara teratur, ganti aki  secara berkala adalah hal yang perlu Anda lakukan.

Saat ini, umur rata-rata aki biasanya antara 2 dan 3 tahun.  Jangan lupa mengecek apakah aki mobil tekor atau tidak melalui tanda-tanda sederhana di atas. Jika ada salah satu tanda aki mobil tekor, pergilah ke bengkel yang ternama untuk pemeriksaan dan perawatannya.

>>> Tidak tahu cara merawat mobil? Klik sini untuk simak ribuan tips dan trik yang sangat bermanfaat 

Berita sama topik

  • 01/05/2022 | Padli

    Berapa Lama Ganti Aki Mobil Ertiga? Intip Spesifikasi Sekaligus Harganya

    Kembali dari perjalanan jauh, cek aki mobil Ertiga Anda agar tidak ada masalah di kemudian hari. Berikut penjelasan mengenai kapan harus mengganti aki dan harganya.

  • 26/04/2022 | Padli

    Satu Sasis, Harga Aki Mobil Calya Sama dengan Sigra?

    Berapa harga aki mobil Calya? Jika terpaksa, apakah aki mobil MPV 7-seater milik Toyota ini bisa diganti dengan aki kembarannya, Daihatsu Sigra?

  • 31/08/2021 | Anna

    Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

    Banyak pengguna mobil bertanya-tanya apakah mereka harus membeli sarung jok mobil. Apa kerugian tidak menggunakan sarung jok dan manfaat yang dibawa sarung jok ke mobil. Nah, jika Anda lagi tinggal di Bekasi dan sekitarnya, silahkan bersama Mobilmo.com menjawab beberapa pertanyaan tersebut serta check out daftar bengkel sarung jok mobil Bekasi terbaik saat ini.