Penyebab Aki Mobil Rusak, Rata-Rata Karena Keteledoran

06/11/2019 | Fatchur Sag

Aki menjadi salah satu piranti mobil paling vital untuk menghidupkan seluruh komponen kelistrikan seperti starter, lampu-lampu, perangkat audio serta sistem elektrik yang lain. Namun ada satu syarat agar aki berfungsi maksimal aki harus dalam kondisi terbaik atau normal. Tidak ada patokan yang pakem soal berapa lama usia aki mobil. Namun umumnya aki bisa bertahan lebih dari 1 tahun hingga 2,5 tahun.

Foto aki mobil terpasang rapi

Aki mobil vital agar mobil berfungsi normal

Nah, aki mobil mobil juga bisa rusak, soak dan tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya, meski umurnya baru beberapa bulan. Jika sudah demikian berarti aki harus diganti dengan yang baru. Bagi pemilik kondisi demikian sangat tidak menyenangkan karena harus keluar biaya lagi untuk penggantian aki yang nilainya tidak sedikit.

>>> Ini Akibatnya Bila Aki Tekor Dan Cara Mencegahnya

Penyebab Aki Mobil Rusak

Agar hal tersebut di atas tidak cepat terjadi, penting bagi pemilik mobil untuk memperhatikan kondisi aki serta tidak melakukan hal-hal yang menyebabkan aki cepat rusak. Sekadar catatan, aki rusak bukan berarti meleleh atau hancur berkeping-keping, tapi kehilangan fungsi sebelum waktu yang semestinya. Kasus ini rata-rata karena keteledoran dari pemilik itu sendiri. Mereka abai dan kurang memperhatikan kondisinya.

Berikut ini beberapa penyebab aki mobil rusak atau soak sebagaimana dibagikan Daihatsu.

1. Mobil jarang digunakan

Banyak orang menyangka kalau mobil jarang digunakan akan awet dan tetap prima. Secara fisik bisa jadi anggapan itu benar. Namun untuk fungsi aki justru akan sangat merugikan. Meski mesin mobil dalam kondisi mati sistem elektrik kendaraan tetap membutuhkan suplai listrik. Dalam kondisi demikian kebutuhan listrik akan sepenuhnya bergantung pada aki dan itu cukup menguras.

>>> Sudah Jarang Dipakai, Ini Kelebihan Spion Fender Dibanding Spion Pintu

Foto sederet mobil diparkir hingga berdebu

Mobil tidak digunakan tidak berarti akan awet

Berbeda jika mobil digunakan atau mesin hidup, Alternator akan bekerja sebagai pembangkit energi listrik atau generator untuk mensuplai energi listrik mobil serta mengisi muatan listrik Aki. Itu mengapa mobil yang lebih sering dipakai umumnya aki berumur lebih panjang dibanding mobil nganggur.

2. Intensitas penggunaan mobil terlalu tinggi

Khususnya mobil dengan aki basah, penggunaan mobil dengan intensitas sangat tinggi bisa membuat air aki cepat habis. Karenanya diperlukan perhatian lebih terhadap kondisi aki jika mobil digunakan semacam itu, seperti digunakan untuk kebutuhan travel, jasa pengiriman barang, atau angkutan umum.

3. Ampere terlalu kecil

Standarnya aki mobil sudah disesuaikan dengan kebutuhan arus listrik pada mobil itu sendiri oleh pabrikannya. Jika pun harus diganti dengan yang baru, spesifikasinya harus disesuaikan dengan yang asli. Jika terlalu kecil maka pengeluaran arus tidak seimbang, aki mobil akan mengalami over supply yang ujungnya aki cepat soak.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto sebuah sedan dengan lampu menyala

Mobil membutuhkan sistem kelistrikan yang normal

4. Penambahan aksesoris

Seperti disebutkan di atas aki mobil sudah disesuaikan dengan kebutuhan listrik mobil standar pabrik. Jika kemudian aki mobil juga digunakan untuk aksesoris after market yang membutuhkan listrik, maka suplai yang dibutuhkan juga lebih besar. Hal itu bisa jadi penyebab aki mobil rusak lebih cepat dari waktu umumnya.

Solusinya jika memang ditambahkan komponen lain yang butuh arus listrik, maka aki juga harus diganti dengan ampere yang lebih besar, atau menggunakan aki baru khusus untuk komponen tambahan itu sendiri.

5. Kelalaian

Penyebab aki mobil rusak berikutnya adalah kelalaian. Misalnya mobil ditinggalkan dalam kondisi lampu menyala, audio atau radio masih hidup dalam kondisi mute, pintu mobil tidak tertutup rapat dan yang lain.

Foto mobil dengan modifikasi sistem audio

Penambahan aksesoris listrik butuh asupan listrik yang lebih besar

Masih ada satu lagi penyebab aki mobil rusak, namun untuk yang ini bukan karena faktor keteledoran. Yaitu aki sudah terlalu lama digunakan. Misalnya mobil dipakai selama 3 tahun dan belum pernah ganti aki, lalu tiba-tiba aki soak itu tandanya sudah waktunya untuk diganti karena memang usianya sudah mencapai batas akhir.

>>> Berita terlengkap dunia otomotif bisa Anda temukan di Mobilmo

Berita sama topik

  • 05/06/2020 | Abdul

    Mengenal Jenis Kompresor AC Mobil Sebagai Tambahan Informasi

    Saat ini banyak yang menggunakan AC sebagai alat pendingin pada mobil. Salah satu alat kelengkapan pada mesin AC yaitu wajib menggunakan kompresor. Kompresor ibarat jantung AC yang berfungsi menghisap freon dari tekanan rendah kemudian didistribusikan ke kondensor dalam tekanan dan suhu yang tinggi. Terdapat beberapa jenis kompresor AC mobil yang bisa dijadikan tambahan informasi.

  • 04/06/2020 | Abdul

    Fase New Normal, Menyemprot Mobil Dengan Desinfektan perlu Dilakukan

    Himbauan dari pihak kepolisian kepada pemilik kendaraan supaya menyemprot mobil dengan desinfektan. Hal tersebut dilakukan secara berkala dalam fase new normal dengan tujuan untuk mencegah virus corona.

  • 28/05/2020 | Abdul

    Alat Penghemat Bahan Bakar, Benarkah Bisa Buat Mobil Terbakar?

    Pemilik mobil kadang memasang alat penghemat bahan bakar pada mobil yang dimiliki. Tujuannya adalah supaya konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Tapi tahukah Sobat, bahwa memasang alat tersebut bisa berpotensi menjadi penyebab mobil terbakar.