Ini Akibatnya Bila Aki Tekor Dan Cara Mencegahnya

02/03/2019| Fatchur Sag

Aki adalah suatu komponen yang sangat dibutuhkan oleh sebuah mobil agar bisa menyala dan berjalan. Lalu apa akibatnya jika aki mobil Anda ngedrop, tidak berfungsi atau tekor? Nah, ini akibatnya bila aki tekor dan tidak bekerja dengan baik.

Akibat Jika Aki Mobil Tekor

Kesialan pertama yang akan Anda peroleh jika aki mobil sudah mulai tidak bekerja secara maksimal adalah mobil Anda tidak dapat distarter. Bukan hanya itu, ada beberapa bagian penting lainnya dari mobil yang ikut tidak bisa hidup atau menyala. Kondisi ini tentu saja akan mengganggu aktivitas harian Anda, bukan?

Gambaran mesin mobil susah hidup saat distarter

Aki tekor membuat mesin mobil susah hidup saat distarter

Coba bayangkan jika pagi hari Anda buru buru berangkat kerja namun mobil Anda tidak bisa distarter atau mogok. Pastinya akan membuat Anda sangat kesal dan tidak bersemangat, bukan? Untuk itu, Anda harus pahami lebih dulu mengapa aki sebuah mobil bisa ngedrop atau tekor, berikut penjelasan lebih jelas.

Penyebab Aki Mobil Bisa Tekor

1. Pengguna Mobil yang Lalai

Faktor utama yang menyebabkan aki mobil dapat tekor adalah kelalaian Anda selaku pengguna mobil. Hal ini bisa saja disebabkan karena Anda terlalu lama membiarkan komponen listrik menyala saat mesin mobil sedang mati, seperti lampu atau audio dan sebagainya. Nah, kecerobohan inilah yang membuat aki semakin berada dalam kondisi tidak baik.

>>> Wajib Tahu, Inilah Faktor Penyebab Mobil Terbakar Saat Dalam Perjalanan

2. Terjadi Korsleting

Faktor penyebab kedua adalah adanya kejadian korslet pada aki mobil. Korslet ini bisa terjadi akibat perpindahan arus listrik dari arah positif ke arah negatif tanpa adanya hambatan lebih dulu. Tidaknya penghalang atau mengalir secara langsung akan membuat aliran listrik tersebut tidak terkontrol. Nah, arus tidak terkontrol ini sangat berbahaya bagi aki mobil bahkan bisa menyebabkan kebakaran.

Foto mobil Neno Warisman terbakar

Diduga korsleting membuat mobil Daihatsu Xenia milik Neno Warisman yang terbakar

3. Tidak Dipakai Untuk Waktu yang Lama

Bukan hanya terlalu sering atau terlalu lama menggunakan aki yang bisa menyebabkan aki tekor atau rusak. Akan tetapi, tidak memakai aki dalam waktu yang relatif lama juga akan membuat aki jadi tekor. Sehingga, jangan heran jika Anda mendapati aki mobil Anda habis dengan sendiri tanpa Anda menghidupkan mobil.

>>> Beli mobil bekas berkualitas? Cintamobil.com aja. Koleksinya ratusan ribu unit.

4. Usia Aki

Usia aki mobil juga sangat menentukan kualitas mobil yang Anda kemudikan. Usia atau umur aki yang terlalu tua akan menyebabkan aki tidak bekerja secara optimal. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui umur aki supaya bisa menggantinya dengan aki yang baru.

Tips Mencegah Aki Tekor

1. Jangan Biarkan Aki Kering

Jika mobil Anda menggunakan jenis aki yang bersifat basa, maka Anda harus memastikan aki mobil Anda tidak kekurangan air. Kekurangan air akan menyebabkan sel yang ada di dalam aki menjadi rusak. Hal ini disebabkan karena suhu panas oleh penguapan terjadi secara berlebih.

>>> Review mobil terbaru bisa Anda dapatkan di sini

Gambar aktifitas mengisi air aki

Jangan biarkan cairan habis untuk mencegah aki tekor

2. Pastikan Aki Selalu Dihidupkan

Tidak memakai aki terlalu lama akan membuat aki jadi tekor dan rusak. Untuk itu, meskipun Anda tidak melakukan perjalanan dengan mengemudikan mobil, maka sebaiknya Anda menghidupkan mobil saja untuk 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Hal ini untuk menjaga kondisi aki tetap stabil dan normal.

3. Ganti Dengan Aki Yang Baru

Bila aki Anda sudah berusia terlalu lama, dan kejadian tidak baik pun mulai Anda rasakan pada mobil Anda. Maka, adalah langkah yang sangat tepat bagi Anda untuk mengganti aki lama dengan aki yang baru. Aki baru akan menjaga mobil tetap bisa berjalan dan bekerja dengan maksimal.

>>> Jangan Lupa Untuk Merawat Sistem Kelistrikan Mobil

Foto aki mobil diganti yang baru

Bila sudah saatnya aki mobil harus diganti dengan yang baru

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International