Bukan Hanya Teknis, Ini Alasan Knalpot Bocor Harus Segera Diperbaiki

28/03/2019| Arfian Alamsyah

Ada salah seorang pembaca setia website teknik mobil nomor satu di Indonesia yakni Mobilmo.com bertanya pada kami. "Apa saja bahaya dari knalpot mobil yang bocor?" kurang lebih begitu inti pertanyaannya pada kami. Sebagai website teknik mobil, tentunya kami menjawab secara teknis yaitu pengaruhnya tenaga dari mesin mobil dapat berkurang, membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros, serta akan mengganggu performa mesin secara keseluruhan. 

>>> Apa sih isi knalpot mobil? Yuk lihat penjabaran teknisnya disini

Knalpot mobil bocor dan tidak layak pakai

Knalpot bocor akan mereduksi tenaga optimum yang dihasilkan oleh mesin

Hal tersebut dapat terjadi karena, pada mesin-mesin keluaran terkini ada sensor yang dipasang pada knalpot. Bahkan, kadang ada dua, sensor upstream dan downstream. Keberadaan sensor-sensor ini sama sekali tidak membolehkan ada kebocoran sedikitpun pada knalpot. Karena kalau bocor, maka pembacaan sensornya menjadi kacau dan pembacaan ngaco ini akan membuat info ke Electronic Control Unit (ECU) akan salah pula. Hal ini lantas akan membuat mesin tidak optimal bekerja dan bikin boros bahan bakar.

>>> Mau pasang knalpot racing? Lihat dulu efek negatifnya disini

Gangguan kesehatan paru

Ada yang lebih berbahaya dari efek knalpot bocor, yakni gangguan kesehatan hingga kematian

Namun ternyata ada yang lebih berbahaya, Karena knalpot mobil bocor akan membuat gas karbon monoksida tidak tersaring dengan baik. Gas karbon monoksida adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan tidak merangsang. Oleh karena itu, gas karbon monoksida sulit dideteksi. Padahal, gas ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika seseorang menghirupnya pada kadar rendah, orang tersebut dapat mengalami sesak napas dan pucat. Jika kadarnya lebih tinggi dapat menyebabkan pingsan hingga kematian.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

So, jangan biarkan knalpot bocor tidak segera dibetulkan ya sob!

Berita sama topik

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

  • Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    12/09/2020| Abdul

    Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Merebahkan jok mobil bisa dilakukan untuk memberikan kenyamanan selama di dalam kabin. Hanya saja kadang di dalam kendaraan terdapat penumpang lain sehingga terdapat etika dan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan bersama.

  • 5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    01/09/2020| Fatchur Sag

    5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    Pabrikan memberikan garansi mobil baru hingga beberapa tahun atau jarak puluhan ribu. Namun ada hal-hal yang membuat garansi mobil baru tidak berlaku.

International