Bukan Hanya Teknis, Ini Alasan Knalpot Bocor Harus Segera Diperbaiki

28/03/2019| Arfian Alamsyah

Ada salah seorang pembaca setia website teknik mobil nomor satu di Indonesia yakni Mobilmo.com bertanya pada kami. "Apa saja bahaya dari knalpot mobil yang bocor?" kurang lebih begitu inti pertanyaannya pada kami. Sebagai website teknik mobil, tentunya kami menjawab secara teknis yaitu pengaruhnya tenaga dari mesin mobil dapat berkurang, membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros, serta akan mengganggu performa mesin secara keseluruhan. 

>>> Apa sih isi knalpot mobil? Yuk lihat penjabaran teknisnya disini

Knalpot mobil bocor dan tidak layak pakai

Knalpot bocor akan mereduksi tenaga optimum yang dihasilkan oleh mesin

Hal tersebut dapat terjadi karena, pada mesin-mesin keluaran terkini ada sensor yang dipasang pada knalpot. Bahkan, kadang ada dua, sensor upstream dan downstream. Keberadaan sensor-sensor ini sama sekali tidak membolehkan ada kebocoran sedikitpun pada knalpot. Karena kalau bocor, maka pembacaan sensornya menjadi kacau dan pembacaan ngaco ini akan membuat info ke Electronic Control Unit (ECU) akan salah pula. Hal ini lantas akan membuat mesin tidak optimal bekerja dan bikin boros bahan bakar.

>>> Mau pasang knalpot racing? Lihat dulu efek negatifnya disini

Gangguan kesehatan paru

Ada yang lebih berbahaya dari efek knalpot bocor, yakni gangguan kesehatan hingga kematian

Namun ternyata ada yang lebih berbahaya, Karena knalpot mobil bocor akan membuat gas karbon monoksida tidak tersaring dengan baik. Gas karbon monoksida adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan tidak merangsang. Oleh karena itu, gas karbon monoksida sulit dideteksi. Padahal, gas ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika seseorang menghirupnya pada kadar rendah, orang tersebut dapat mengalami sesak napas dan pucat. Jika kadarnya lebih tinggi dapat menyebabkan pingsan hingga kematian.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

So, jangan biarkan knalpot bocor tidak segera dibetulkan ya sob!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International