Mengintip Isi Knalpot Mobil dan Fungsinya

09/01/2019 Fatchur Sag Perawatan mobil

Anda tak perlu jadi penggemar otomotif untuk mengenali knalpot sebagai salah satu komponen terpenting pada kendaraan jenis apapun, termasuk mobil. Yuk kita intip sama apa isi knalpot mobil dan fungsinya!

Knalpot mobil adalah komponen yang digunakan sebagai bagian dari sistem pembuangan dan digunakan pada berbagai jenis mesin apapun yang bekerja dengan solar atau bensin sebagai bahan bakarnya. Hanya saja, pada mesin-mesin tersebut, knalpot disebut dengan nama cerobong asap, seperti yang bisa Anda lihat pada mesin kapal maupun mesin industri lainnya yang mengeluarkan asap.

Foto knalpot mobil tampak dari bawah

Knalpot mobil memiliki banyak fungsi

Fungsi Knalpot Mobil

Selain menjadi saluran pembuangan gas hasil proses pembakaran di dalam mesin, knalpot mobil punya beragam fungsi lainnya, seperti:

1. Untuk meredam suara

Ketika terjadi proses pembakaran di dalam ruang silinder, akan timbul pula suara yang sangat keras atau bising. Dan agar suara tersebut tidak mengganggu baik pengemudi atau pengguna jalan lainnya, maka knalpot mobil memiliki fungsi pereda suara mesin yang keras tersebut.

>>> Inilah Arti Asap Knalpot Mobil Yang Sangat Penting

2. Untuk meningkatkan performa mesin mobil

Fungsi yang satu ini berlaku bukan hanya untuk mobil, tapi juga kendaraan lainnya. Dan karena knalpot mampu meningkatkan performa mobil, Anda bisa buktikan dengan menggunakan knalpot yang spesifikasinya lebih tinggi dan bandingkan perbedaannya.

Foto api menyembur dari knalpot mobil drag

Penggunaan knalpot mobil berpengaruh pada performa

3. Untuk mengurangi pencemaran udara

Sebagai saluran untuk membuang gas sisa hasil pembakaran di dalam mesin, knalpot mobil dilengkapi dengan fitur yang dimanfaatkan untuk menyaring gas tersebut. Dengan demikian, gas yang keluar pun tidak akan terlalu mencemari lingkungan. Dan dengan tuntutan serta kesadaran untuk menjaga lingkungan bumi yang semakin tinggi saat ini, teknologi knalpot pun sudah berkembang jadi lebih canggih dan pastinya ramah lingkungan. Misalnya adalnya komponen catalytic converter yang bekerja untuk mengonversi gas sisa hasil pembakaran tersebut agar lebih bersih bagi lingkungan.

>>> Tanda Peringatan Kerusakan Katalitik Konverter Knalpot Mobil

4. Untuk tampilan mobil yang makin menarik

Selain berbagai fungsi yang sudah dirangkum di atas, knalpot mobil mampu menambah keindahan tampilan kendaraan Anda.

Foto Bugatti Chiron tampak dari belakang

Knalpot bikin mobil tambah keren

Apa Saja Isi Knalpot Mobil?

Nah, setelah mendapatkan gambaran umum soal apa saja fungsi dari knalpot, berikut ini adalah rangkuman jenis-jenis komponen penting yang terdapat di dalam knalpot mobil.

1. Header atau kepala knalpot

Komponen yang satu ini punya fungsi untuk menghubungkan seluruh bagian knalpot dan silinder untuk membuang gas sisa hasil proses pembakaran. Ada beragam jenis header yang dapat Anda temukan di pasaran, yang biasanya ditentukan berdasarkan jenis bahan untuk membuatnya. Misalnya ada yang terbuat dari stainless steel, semi stainless steel, dan monel.

2. Resonator knalpot

Resonator juga dikenal dengan nama saringan yang fungsinya adalah sebagai penyaring suara keras yang merupakan salah satu hasil dari proses pembakaran mesin. Dengan begitu, knlapot tidak akan menimbulkan suara berisik atau rombeng ketika mobil Anda melaju.

>>> Mungkin Anda tertarik, Banyak tulisan review mobil yang tertarik hanya ada di sini

Foto resonator knalpot mobil berbagai ukuran

Resonator mengatur bikin suara knalpot tidak berisik

3. Silencer knalpot

Komponen sistem knalpot yang satu ini terpasang pada ujung knalpot mobil dan juga motor. Fungsinya pun sama-sama untuk meredam atau mengurangi suara knalpot yang sebelumnya sudah diredam oleh resonator. Dengan demikian, silencer bekerja sebagai peredam atau penyaring suara yang kedua.

4. Chamber knalpot

Biasa disebut perut knalpot, komponen yang satu ini punya fungsi untuk memantulkan gas sisa hasil pembakaran di dalam mesin untuk dibuang. Pada motor, chamber tidak bisa digunakan pada motor 4 tak lantaran adanya katup atau valve pada sistem mesinnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Dengan Alasan Apapun, Modifikasi Tak Resmi 'Pantangan' Bagi Pabrikan
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Dengan Alasan Apapun, Modifikasi Tak Resmi 'Pantangan' Bagi Pabrikan

    15/06/2019

    Terdorong keinginan untuk tampil beda dengan yang lain, modifikasi dipilih sebagai cara alternatif. Sayangnya meski seribu satu alasan dikemukakan, memodifikasi mobil tidak resmi sangat tidak direkomendasikan dan jadi pantangan bagi pabrikan.

  • Jangan Sampai Keliru Dengan Istilah Asuransi Mobil All Risk

    Jangan Sampai Keliru Dengan Istilah Asuransi Mobil All Risk

    13/06/2019

    Mempunyai sebuah mobil merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi kebanyakan orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, akan tetapi karena kenyamanan yang ditawarkan dan dapat digunakan untuk mendukung s egala aktivitas keseharian. Tidak hanya itu saja, mempunyai mobil juga bisa digunakan untuk pergi liburan ke tempat yang diinginkan. Dalam membeli mobil biasanya akan ada yang namanya asuransi mobil All Risk.

  • Mengetahui Pilar A,B,C,D Pada Mobil Dan Fungsinya

    Mengetahui Pilar A,B,C,D Pada Mobil Dan Fungsinya

    12/06/2019

    Mobil memiliki beberapa komponen yang saling terhubung sehingga bisa membentuk menjadi sebuah kendaraan yang nyaman. Mungkin yang banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya adalah bodi, interior dan juga mesin. Jarang sekali yang mengetahui akan adanya pilar A,B,C,D pada mobil.