Kelebihan dan Kekurangan Pasang Knalpot Racing Pada Mobil Penumpang

02/01/2019 Fatchur Sag Perawatan mobil

Masih ada beberapa hal yang masih diperdebatkan soal penggunaan knalpot racing pada mobil, terutama mobil penumpang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mobil keluarga. Apakah bikin boros BBM, atau mungkin meningkatkan performa kendaraan. Simak ulasan berikut!

Seperti yang sudah Anda pahami dengan sangat baik, knalpot bukan hanya berfungsi sebagai saluran pembuangan gas hasil sisa proses pembakaran di dalam mesin. Sebab, knalpot dengan spesifikasi yang lebih baik juga mampu meningkatkan performa mobil. Karena itu, tak heran kalau banyak pemilik mobil yang lantas mengganti knalpot kendaraan mereka dengan knalpt yang spesifikasinya lebih tinggi dibandingkan knalpot bawaan dari pabrik, seperti knalpot racing.

Foto knalpot mobil tampak dari bawah

Fungsi knalpot tak sekedar saluran pembuangan gas

Meski demikian, masih ada beberapa hal yang masih diperdebatkan soal penggunaan knalpot racing pada mobil, terutama mobil penumpang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mobil keluarga. Di samping itu, ada juga anggapan bahwa knalpot racing membuat konsumsi bahan bakar kendaraan jadi boros, sehingga banyak yang memberikan jenis knalpot yang satu ini pandangan negatif.

Lantas, apakah benar bahwa knalpot racing memang membuat mesin kendaraan jadi lebih boros penggunaan bahan bakar? Jawabannya ternyata adalah tidak! Justru yang membuat boros bahan bakar adalah gaya berkendara pengemudi yang ugal-ugalan. Jadi, jika Anda nanti akhirnya akan mengganti knalpot mobil Anda dengan knalpot racing, konsumsi bahan bakar kendaraan Anda tidak akan mengalami lonjakan yang signifikan selama Anda tetap berkendara seperti biasanya, alias tidak ugal-ugalan.

>>> Tanda – Tanda Sudah Saatnya Mengganti Knalpot Baru

Kalau begitu, apakah ada keuntungan dari memasang knalpot racing untuk mobil Anda? Simak ulasannya di bawah ini dan semoga informasi yang disajikan bermanfaat untuk Anda!

Kelebihan Knalpot Racing untuk Mobil Anda

Foto Porsche 911 RSR tampak dari belakang

Knalpot racing bikin mobil tampil makin keren

Dengan beralih dari knalpot standar ke knalpot racing, performa kendaraan Anda akan jadi lebih baik. Bahkan, sudah ada banyak pemilik mobil yang merasakan kalau penggunaan knalpot yang satu ini mampu meningkatkan tenaga kendaraan Hal tersebut dikarenakan cara pemasangan knalpot racing yang membutuhkan proses pengaturan atau setting ulang sistem pengapian mesin yang sudah ada.

Di samping itu, knalpot racing secara mendetail punya komponen yang berbeda dengan knalpot standar. Perbedaan tersebut termasuk tidak adanya perangkat rumit yang menyebabkan gas buang hasil proses pembakaran dapat dibuang langsung ke udara bebas tanpa memberikan efek tekanan balik di dalam knalpot, yang sayangnya mempengaruhi performa mesin kendaraan.

>>> Dapatkan review mobil terbaru di Mobilmo.com

Dan sekali lagi, selama Anda tidak berkendara secara ugal-ugalan, penggunaan knalpot racing tidak akan membuat mesin menyedot lebih banyak bahan bakar. Bahkan, gaya berkendara yang baik dengan penggunaan knalpot racing pada kendaraan justru akan membuat mobil Anda hemat bahan bakar.

Satu lagi keunggulan knalpot racing adalah desainnya yang menarik dan keren. Jadi, Anda yang ingin memodifikasi tampilan eksterior mobil Anda, maka memasang knalpot racing bisa jadi pilihan yang sangat patut untuk dipertimbangkan.

>>> Mau Mobil Tambah Tenaga, Ini Cara Paling Sederhana Ala Bengkel Mobil Balap

Kekurangan Knalpot Racing untuk Mobil Anda

Foto knalpot racing bernuansa vintage

Bukan rahasia kalau knalpot racing mengeluarkan suara lebih bising dibanding knalpot standar

Kekurangan jenis knalpot yang satu ini tentu sudah sangat mudah dikenali, yaitu suaranya yang bising. Karena itu, penggunaan knalpot racing sangat tidak dianjurkan bagi Anda yang mobilnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari keluarga, seperti mengantar anak ke sekolah dan berbelanja dengan keluarga. Akan tetapi, jika mobil yang Anda miliki adalah mobil; untuk kebutuhan pribadi Anda sendiri, keputusannya terserah pada Anda.

Kekurangan lain dari knalpot racing adalah tidak ada komponen catalytic converter, yang fugsinya adalah untuk menetralisir gas hasil sisa proses pembakaran agar tidak mencemari lingkungan lebih jauh lagi. Karena itu, bagi Anda yang sangat memerhatikan dampak teknologi terhadap lingkungan, pemasangan knalpot racing barangkali bukan pilihan yang sesuai.

Jadi, apakah Anda sudah positif akan memasang knalpot racing untuk kendaraan Anda?

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Dengan Alasan Apapun, Modifikasi Tak Resmi 'Pantangan' Bagi Pabrikan
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Dengan Alasan Apapun, Modifikasi Tak Resmi 'Pantangan' Bagi Pabrikan

    15/06/2019

    Terdorong keinginan untuk tampil beda dengan yang lain, modifikasi dipilih sebagai cara alternatif. Sayangnya meski seribu satu alasan dikemukakan, memodifikasi mobil tidak resmi sangat tidak direkomendasikan dan jadi pantangan bagi pabrikan.

  • Jangan Sampai Keliru Dengan Istilah Asuransi Mobil All Risk

    Jangan Sampai Keliru Dengan Istilah Asuransi Mobil All Risk

    13/06/2019

    Mempunyai sebuah mobil merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi kebanyakan orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, akan tetapi karena kenyamanan yang ditawarkan dan dapat digunakan untuk mendukung s egala aktivitas keseharian. Tidak hanya itu saja, mempunyai mobil juga bisa digunakan untuk pergi liburan ke tempat yang diinginkan. Dalam membeli mobil biasanya akan ada yang namanya asuransi mobil All Risk.

  • Mengetahui Pilar A,B,C,D Pada Mobil Dan Fungsinya

    Mengetahui Pilar A,B,C,D Pada Mobil Dan Fungsinya

    12/06/2019

    Mobil memiliki beberapa komponen yang saling terhubung sehingga bisa membentuk menjadi sebuah kendaraan yang nyaman. Mungkin yang banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya adalah bodi, interior dan juga mesin. Jarang sekali yang mengetahui akan adanya pilar A,B,C,D pada mobil.