AC Tidak Bekerja, Bagaimana Mengenali?

25/11/2018| Fatchur Sag

Panel AC Toyota Avanza

Panel AC satu mobil dengan yang lain berbeda-beda

Untuk kenyamanan Anda saat berkendara, terutama mempertimbangkan iklim tropis di Indonesia, maka AC alias air conditioner merupakan salah satu komponen yang berperan besar dalam menciptakan dan menjaga rasa nyaman tersebut. Apalagi jika Anda sering berkendara pada waktu siang hari atau terjebak macet. Jadi, bayangkan saja bagaimana rasanya jika AC mobil tidak bekerja. Pasti panas dan pengap, bukan?

Sayangnya, tidak banyak pengendara yang peka akan adanya tanda-tanda masalah pada AC mobil. Padahal, mendeteksi kerusakan secara dini adalah langkah paling efektif dan efisien agar kerusakan yang lebih parah pun dapat terhindari. Selain itu, deteksi dini pun lebih ekonomis karena dengan terhindarnya risiko kerusakan parah, maka biaya perbaikan pun bisa ditekan secara signifikan.

>>> Waspada! Ini Bahaya AC Mobil Tidak Dingin Yang Perlu Diketahui

Foto AC double blower Wuling Confero S

AC double blower pada low MPV Wuling Confero S

Lantas, apa saja tanda-tanda ada masalah pada AC mobil sehingga komponen tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya? Nah, mengingat fungsi utama AC yang menjaga agar suhu di dalam kabin tetap sejuk atau dingin, maka tentu saja tanda yang paling mudah dirasakan adalah suhu yang rasanya kurang dingin, walaupun AC sudah diatur agar bekerja pada suhu terdingin atau terendah.

Apabila masalah tersebut adalah yang sedang Anda alami, maka Anda bisa lakukan pemeriksaan pada filter AC. Letak filter AC biasanya tersembunyi di balik dashboard mobil dan berfungsi untuk menyaring debu dari udara maupun karpet, sebelum udara dihisap dan diarahkan ke blower AC. Karena itulah filter AC rentan tertutupi oleh debu maupun kotoran, yang jika dibiarkan menumpuk dapat menyebabkan suhu AC kurang terasa dingin walaupun sudah diatur ke suhu paling rendah sekalipun.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

Foto filter AC sedang diganti

Solusi filter AC yang sudah kotor berdebu, dibersihkan atau ganti yang baru

Solusinya mudah, karena Anda cukup membersihkan filter AC yang dapat Anda lakukan sendiri. Paling baik adalah gunakan sikat yang bulunya lembut agar filter AC tidak tergores atau luka ketika Anda bersihkan dengan cara digosok. Penggantian filter AC juga bisa jadi merupakan solusi terbaik untuk Anda, terutama jika usianya sudah melampaui 500 km jarak tempuh kendaraan. Untuk penggantiannya sendiri, Anda dapat lakukan di bengkel agar dilakukan oleh teknisi yang ahli.

Tapi, bagaimana jika filter AC sudah dibersihkan atau diganti, namun suhu AC masih belum maksimal? Kalau begitu, Anda bisa cek kondensornya, yang biasanya dipasang di bagian depan mobil. Jika kondensor AC kotor, segera bersihkan. Periksa juga bagian sirip kondensor dan pastikan bahwa bagian tersebut tidak tertekuk, apalagi sampai bocor maupun patah.

>>> Beberapa Tips Aman Berlalu Lintas Di Jalan Raya Yang Perlu Diperhatikan

Sedang memeriksa kondisi kondensor AC

Kondensor AC terletak di bagian depan mobil, bersihkan bila kotor

Tanda lain adanya kerusakan pada AC mobil adalah keluarnya asap berwarna putih dari kisi-kisi atau lubang AC. Hal tersebut dipicu oleh pembekuan pada komponen evaporator AC, yang diakibatkan rusaknya thermostat. Untuk masalah yang satu ini, segera lakukan pembersihan pada evaporator. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan langkah ini di bengkel. Dan jika kondisi evaporator memaksa Anda harus melakukan pergantian komponen, pastikan pula bahwa komponen yang Anda pilih adalah komponen asli.

Kemudian, kurangnya jumlah Freon yang masuk di sistem AC mobil juga bisa jadi merupakan penyebab suhu yang kurang dingin di dalam kabin. Perhatikan bahwa kapasitas freon masing-masing mobil bervariasi, dan jika kapasitasnya kurang atau kebanyakan, maka akan timbul tekanan berlebih pada ujung-ujungnya dan berdampak pada kurangnya jumlah freon yang masuk. Penyebab masalah ini umumnya adalah jumlah oli kompresor yang berlebih, sehingga memakan lebih banyak ruang dan mengurangi jumlah ruang untuk freon tersebut.

>>> Tahapan Dalam Membersihkan Evaporator Ac Mobil Dengan Langkah Mudah

Foto seseorang sedang mengecek tekanan freon

Cek tekanan freon dan pastikan pada ukuran yang pas

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International