7 Penyebab Utama Kerusakan Cat Mobil Selain Sinar Matahari

05/12/2018 Fatchur Sag Perawatan mobil

Bukan hanya karena sering terpapar sinar matahari saja, kerusakan cat mobil bisa terjadi karena banyak hal. Bahkan beberapa diantaranya tidak pernah Anda sadari karena Anda menganggap hal yang biasa dan tidak berefek samping. So, ada baiknya Anda ketahui 7 penyebab utama kerusakan cat mobil berikut agar Anda bisa mengambil langkah antisipasi.

Foto BMW bercat kuning keemasan

Cat mobil mempengaruhi penampilan

Cat adalah bagian yang sangat penting dalam eksterior sebuah mobil. Cat yang kondisinya masih bagus akan membuat mobil terlihat awet muda meski usia sebenarnya tidak muda lagi. Anda mungkin sudah melakukan tindakan pencegahan agar cat tidak mudah rusak. Misalnya parkir di tempat yang teduh dan terlindung dari cuaca, dan mengendarainya secara hati-hati agar tidak tergores.

Tapi tahu tidak kalau selain paparan sinar matahari langsung dan tergores benda lain, ada banyak hal yang bisa menyebabkan cat jadi rusak. Berikut adalah penyebab-penyebab kerusakan cat mobil yang bisa jadi lengah dari perhatian Anda.

1. Garam

Jika kebetulan Anda tinggal di daerah pantai atau habis liburan dari pantai, pastikan cuci mobil Anda dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan garam-garam yang menempel pada mobil. Garam bisa merusak cat dan membuat mesin jadi lebih mudah berkarat. Atau sebelum ke pantai Anda bisa melindungi cat menggunakan wax khusus yang bisa memberikan perlindungan pada permukaan mobil.

>>> Jangan Takut Mobil Kena Air Hujan, Begini Cara Mudah Mencucinya!

Foto mobil berenang di lautan

Air laut bisa merusak cat

2. Abu

Abu yang menempel pada cat mobil kemudian terkena air misalnya cipratan air atau hujan, akan mengalami reaksi kimia yang bisa menimbulkan noda besar pada cat dan susah untuk dihilangkan kecuali dicat ulang. Pasang cover mobil jika terjadi bencana hujan abu, atau ketika ada kebakaran di dekat Anda. Bersihkan abu dengan menggunakan kemoceng atau handuk yang lembut, bisa juga menggunakan penyedot debu, kemudian baru bilas dengan menggunakan air dan lap menggunakan lap microfiber.

3. Silly string

Sedang dalam suasana selebrasi? Jauhkan mobil Anda dari silly string karena bisa menimbulkan noda pada cat mobil kalau dibiarkan terlalu lama. Silly string adalah semprotan plastik warna warni dalam bentuk kaleng aerosol yang biasanya disemprotkan dalam perayaan ulang tahun, tahun baru, kelulusan, dan sebagainya. Setidaknya, hindarkan bekas silly string pada mobil dari sinar matahari langsung karena ia akan lebih susah untuk dibersihkan.

>>> Review mobil terbaik hanya ada di sini

Foto mobil penuh semprotan silly string

Selebrasi tidak dilarang, hati-hati bisa merusak cat mobil

4. Bahan bakar

Bahan bakar yang menetes pada cat mobil ketika mengisi bahan bakar bisa menyebabkan kerusakan pada cat mobil. Bahan bakarnya memang akan menguap tapi ia akan meninggalkan noda yang biasanya membuat sekitar tutup tangki jadi pudar catnya. Setiap membersihkan mobil, pastikan melindungi cat dengan mengoles wax agar tumpahan bahan bakar tidak kena permukaan cat secara langsung.

5. Kotoran burung

Ketika parkir, bisa jadi mobil Anda jadi korban jatuhnya kotoran burung yang terbang di sekitar area parkir. Sebisa mungkin jangan sampai kotoran burung mengering apalagi ketika terekspos oleh sinar matahari langsung. Kotoran burung mengandung asam dan partikel yang agak kasar. Gunakan detergen yang lembut untuk membersihkan dan dan jangan menggosok cat.

>>> Mencuci Mobil Dengan Sedikit Air Atau Tanpa Air, Apakah Mungkin?

Foto burung diatas mobil

Kotoran burung bisa merusak cat, apalagi kotoran...

6. Lap yang kotor

Hati-hati memilih lap untuk membersihkan mobil. Gunakan lap dengan permukaan yang halus, misalnya kain microfiber atau kanebo dan hanya gunakan untuk mengelap mobil saja. Membersihkan mobil dengan menggunakan lap yang kasar atau kotor bisa memberikan goresan-goresan kecil pada cat mobil yang lama kelamaan akan mengikis permukaan cat.

7. Debu konstruksi

Segera bersihkan mobil jika mobil diparkir di tempat konstruksi bangunan di mana debu, cipratan semen, dan juga partikel-partikel debris bahan bangunan lainnya bisa merusak cat mobil. Jika rumah tetangga sedang dibangun, tutup mobil dengan cover agar debu-debu konstruksi tidak menempel langsung pada permukaan cat mobil.

>>> Wow! Membuat Mobil Tetap Kinclong Dengan Balon Plastik

Mobil parkir di kawasan proyek

Sebaiknya tidak parkir di kawasan proyek

Itulah dia 7 penyebab kerusakan pada cat mobil yang mesti Anda waspadai selain paparan sinar matahari dan tergores benda lain. Mungkin masih ada banyak penyebab lain, Anda bisa menambahkannya pada kolom komentar di bawah!

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Mungkin anda ingin baca