Mencuci Mobil Dengan Sedikit Air Atau Tanpa Air, Apakah Mungkin?

01/07/2018| Abdul

Biasanya dalam mencuci Mobil dilakukan dengan menyiram seluruh tubuh Mobil kemudian digosok dan dilakukan pembilasan. Namun hal tersebut tentunya membutuhkan banyak air. Akan tetapi ketika musim kemarau atau saat air sulit didapat maka perlu dilakukan penghematan supaya bisa digunakan untuk keperluan lain. Nah berikut ini mobilmo.com akan memberikan tips dan trik untuk mencuci Mobil dengan sedikit air yang bisa dilakukan.

1. Mencuci Mobil dengan selang air dan ember

Pada saat mencuci Mobil menggunakan air sebaiknya mempersiapkan ember. Dengan begitu dapat menghemat sedikit air yang digunakan untuk melakukan pencucian dan tidak terbuang secara percuma. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan ember sebagai wadah air dapat membatasi jumlah air yang akan digunakan dan memperkirakan jumlah air yang dipakai untuk melakukan pembilasan.

Gambar ini menunjukkan sebuah ember di dalamnya ada spon dan selang yang tergeletak

Untuk menghemat air yang dibutuhkan dalam mencuci Mobil bisa menggunakan bantuan ember dan spon

Berikut ini tips mencuci Mobil dengan sedikit air yang bisa Anda coba.

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan mengisi ember melalui selang tersebut. Siapkan gayuh untuk tempat spons dan juga air sabun. Sebelumnya bersihkan kendaraan terlebih dahulu dari noda dan kotoran secara menyeluruh.

>>> Baca juga, Beberapa Kesalahan Dalam Mencuci Mobil Yang Sering Dilakukan

Setelah itu Anda bisa melakukan pembilasan menggunakan air dan ember secara merata. Gunakan gayuh tersebut untuk tempat air sabun dengan memberi air dan 2 sendok teh sabun. Kemudian lakukan penggosokan menggunakan spon yang telah dicelupkan pada gayuh hingga terdapat busa pada bodi Mobil.

Jika sudah merata, langkah selanjutnya adalah melakukan pembilasan. Sebelumnya cuci dahulu spons sampai bersih dan tidak mengandung air sabun. Jika sudah bersih celupkan pada air bersih dan lakukan pembilasan dengan spon tersebut.

Untuk langkah terakhir adalah melakukan pengeringan. Caranya dengan menggunakan kain microfiber yang dapat menyerap air dan dilap secara merata sampai benar-benar kering. Jangan sampai ada titik-titik air yang terlewat, karena bisa saja hal tersebut menimbulkan noda pada cat bodi Mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya

2. Mencuci Mobil dengan menggunakan produk waterless wash

Adapun cara selanjutnya dalam mencuci Mobil adalah dengan menggunakan produk waterless wash. Bahkan pada langkah ini tidak membutuhkan selang air ataupun air dalam ember. Cukup menggunakan produk tersebut dengan bantuan kain microfiber yang tidak merusak cat bodi Mobil.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan yang satu memegang semprotan waterless dan yang satu memegang kain

Dengan menggunakan produk waterless wash memungkinkan mencuci kendaraan tanpa air

Adanya produk tersebut merupakan salah satu ide dari Eco Green Auto Clean yang merupakan sebuah perusahaan yang bertempat di California. Perusahaan tersebut memproduksi biodegradable yang merupakan salah satu produknya serta memungkinkan untuk melakukan pencucian tanpa menggunakan air. Bahkan pihaknya juga pernah memberikan kampanye mengenai One Cup One Car, yang mana dalam mencuci Mobil dengan menggunakan air yang jumlahnya terbatas.

Untuk harga produk pencuci Mobil tanpa air ini ternyata cukup murah, yakni berkisar antara Rp. 80.000 sampai Rp. 100.000 saja. Produk tersebut sudah banyak dijual di pasaran, bahkan di toko belanja online juga sudah ada. Untuk tata caranya bisa melihat video di bawah ini:

>>> Baca juga, Tips Membersihkan Mobil yang Jarang Diketahui Pemilik Kendaraan yang ditawarkan oleh cintamobil.com

3. Mencuci Mobil dengan teratur

Dalam melakukan pembersihan pada kendaraan, yang perlu diperhatikan adalah dalam menjaganya tetap bersih. Jadi ketika pemilik kendaraan mencuci mobilnya seminggu sekali atau 2 kali dapat lebih menghemat air. kok bisa? Kan malah lebih sering?

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kanebo sedang ditempelkan pada bodi mobil

Mencuci Mobil lebih sering dapat meminimalisir adanya kotoran yang menumpuk

Jadi ketika melakukan pembersihan akan membutuhkan sedikit air karena belum ada kotoran yang membandel, bahkan kadang hanya debu yang menempel saja. Namun berbeda dengan membersihkan Mobil dalam jangka yang lama dengan kotoran yang sudah menumpuk dan sulit dibersihkan. Pastinya akan lebih membutuhkan air yang banyak supaya dapat bersih secara sempurna.

>>> Mungkin tertarik, Ini Dia 3 Kain Pencuci Mobil Yang Bagus Dan Tidak Merusak Bodi

Jadi untuk mencuci Mobil dengan sedikit air hanya dapat dilakukan pada kotoran yang belum menumpuk dan mudah dibersihkan. Oleh sebab itu dengan melakukan pencucian secara berkala hal tersebut dilakukan. Bahkan untuk mencuci tanpa air dengan produk di atas kalau kotoran sudah membandel juga akan sulit. Pada intinya jika mencuci Mobil secara berkala bisa menghemat air dan juga waktu.

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Berita sama topik

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

  • Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    12/09/2020| Abdul

    Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Merebahkan jok mobil bisa dilakukan untuk memberikan kenyamanan selama di dalam kabin. Hanya saja kadang di dalam kendaraan terdapat penumpang lain sehingga terdapat etika dan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan bersama.

  • 5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    01/09/2020| Fatchur Sag

    5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    Pabrikan memberikan garansi mobil baru hingga beberapa tahun atau jarak puluhan ribu. Namun ada hal-hal yang membuat garansi mobil baru tidak berlaku.

International