7 Modifikasi Yang Berbahaya Buat Mobil Harian

11/05/2020 | Fatchur Sag

Modifikasi mobil hal yang lumrah dilakukan baik sekadar menyalurkan hobi atau untuk tujuan komersil. Beragam ubahan bisa dilakukan mulai yang sederhana hingga paling ekstrem. Bagian yang dimodifikasi mulai ekterior, interior, hingga fitur.

Modifikasi berbahaya

Terlepas dari risiko hilangnya garansi dan tidak berlakunya asuransi, ada yang perlu diperhatikan yaitu soal keamanan agar mobil modifikasi bisa dipakai juga buat harian. Di bawah ini contoh beberapa modifikasi yang berbahaya buat mobil harian meskipun secara fisik mungkin terlihat keren.

1. Ganti pelek dan ban tidak sesuai rekomendasi pabrikan

Foto mobil dengan pelek yang sudah dimodifikasi

Kenyamanan nomor sekian

Pelek dan ban seringkali jadi bagian pertama yang diubah saat memodifikasi. Yang terbanyak diganti dengan ukuran yang lebih besar. By the way jika terlalu berlebihan dan jauh dari rekomendasi pabrikan bisa berbahaya buat mobil harian dikarenakan mengganggu kenyamanan berkendara.

>>> Wah, Ternyata Ada Juga Ban Ramah Lingkungan

2. Ground clearance terlalu rendah

Foto mobil terlalu ceper

Mobil ceper, jangan melewati polisi tidur biar gak nyangkut

Membuat ground clearence rendah bukan barang baru di dunia modifikasi, bahkan ada yang terlalu ceper hingga nyaris gasruk aspal. Namun sangat berbahaya jika dipakai pada mobil harian. Mobil tidak support melibas jalanan rusak bergelombang atau berlobang. Apalagi kalau harus melewati polisi tidur cukup tinggi, dijamin mobil bakal nyangkut.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

3. Kaca film terlalu gelap

Foto mobil dengan kaca film

Kaca film mobil terlalu gelap mengganggu visibilitas

Untuk estetika kaca mobil memang lebih keren dipasang kaca film. Tapi kalau terlalu gelap selain melanggar aturan juga berbahaya karena mengganggu visibilitas. Terlebih saat malam hari dan turun hujan.

>>> Beberapa Aturan Usai Pasang Kaca Film Mobil Yang Perlu Diperhatikan

4. Pasang lampu HID berlebihan

Foto mobil dengan lampu menyilaukan

Kasihan pengendara lain kesilauan

Lampu HID bikin mobil terlihat mewah. Tapi perlu diperhatikan memasangnya terlalu berlebihan, atau dengan intensitas pencahayaan terlalu terang berbahaya buat mobil harian. Lampu bakal menyilaukan pengendara lain hingga berpotensi kehilangan kontrol.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

5. Sistem audio tak sesuai kelistrikan

Foto sistem audio mobil yang sudah dimodifikasi

Mau ganti audio, pikirkan sistem kelistrikan

Sistem audio berhubungan langsung dengan sistem kelistrikan mobil. Jika tidak ada keseimbangan daya atau pemasangan yang kurang pas sangat berpotensi menimbulkan korsleting dan berujung kebakaran.

>>> Perhatikan 3 Hal Berikut Saat Memutuskan Ganti Audio Mobil

6. Ganti klakson

Foto pengemudi sedang membunyikan klakson

Santai aja bunyikan klakson

Sebenarnya tak ada yang salah mau mengganti klakson dengan nada beraneka macam. Yang berbahaya jika diterapkan pada mobil harian adalah mengganti klakson dengan bunyi yang terlalu keras melebihi batas diizinkan, yaitu paling tinggi 118 (seratus delapan belas) desibel atau dB (A). Selain itu, bunyi klakson juga tidak boleh menyerupai sirine polisi atau ambulans.

7. Modifikasi bumper

Foto mobil dengan modifikasi ekstrem

Awas, bumper aftermarket bisa menutup sensor airbag

Letak bahaya memodifikasi bumper untuk mobil harian dengan bumper aftermarket yaitu berpotensi menutup sensor airbag pada bagian depan. Karena dengan begitu saat terjadi benturan keras airbag tidak mau mengembang dan pengemudi atau penumpang di depan bakal langsung terbentur tanpa terlindungi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 28/05/2020 | Abdul

    Alat Penghemat Bahan Bakar, Benarkah Bisa Buat Mobil Terbakar?

    Pemilik mobil kadang memasang alat penghemat bahan bakar pada mobil yang dimiliki. Tujuannya adalah supaya konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Tapi tahukah Sobat, bahwa memasang alat tersebut bisa berpotensi menjadi penyebab mobil terbakar.

  • 27/05/2020 | Abdul

    Beberapa Ciri Radiator Mobil Rusak Perlu Diwaspadai

    Radiator mobil mempunyai fungsi untuk mendinginkan mesin pada kendaraan. Pada radiator ini terdapat cairan yang berguna untuk mengontrol panas sehingga mesin tidak mudah mengalami kerusakan. Terdapat beberapa ciri radiator mobil rusak yang perlu diketahui.

  • 23/05/2020 | Fatchur Sag

    Ada Berbagai Pembatasan, Permintaan Home Service Suzuki Meningkat

    Berbagai pembatasan aktivitas dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Hal ini berdampak pada meningkatnya permintaan layaan Home Service Suzuki.