Perhatikan 3 Hal Berikut Saat Memutuskan Ganti Audio Mobil

28/01/2019 Fatchur Sag Perawatan mobil

Bagi sebagian orang kualitas audio mobil standar pabrik kurang memuaskan dan mereka memilih mengganti sendiri dengan produk aftermarket. Kalau Anda termasuk dari mereka, sebaiknya Anda perhatikan 3 hal berikut saat memutuskan ganti audio mobil jika ingin mendapatkan sistem audio yang berkualitas.

Foto Sistem Audio Mobil Pajero Sport Rockford Fosgate

Sistem Audio Mobil memberi kenyamanan lebih buat pengendara

Meski bukan termasuk komponen vital dalam sistem operasional mobil, sistem audio bukan hal yang diabaikan oleh para produsen. Sistem audio mobil sudah menjadi fitur wajib yang juga menjadi salah satu daya tarik sehingga orang kepincut dan memutuskan untuk membeli mobil.

Sistem audio mobil adalah fitur penunjang kenyamanan berkendara baik bagi pengemudi maupun penumpang. Meski demikian tidak semua orang merasa puas dengan audio mobil bawaan pabrik dengan alasan kualitas standar, kurang mantap, juga kurang keren dan yang lain. Mereka lalu memutuskan mengganti dengan sistem audio aftermarket yang banyak dijual di pasaran.

Kalau Anda termasuk kelompok mereka yang kurang puas dengan sistem audio mobil bawaan pabrik lalu Anda ingin menggantinya, jangan gegabah dan jangan asal beli. Andreas Tjahjadi selaku CEO PT Audio Plus Indonesia menuturkan kenyamanan yang didapat dari sistem audio tidak melulu karena merek yang terkenal dan harga yang mahal, tapi juga karena hal penting lain. Menurut Andreas ada 3 hal penting harus dan diperhatikan saat memutuskan ganti audio mobil, yaitu:

1. Bukan seberapa mahal, tapi seberapa matching

Tidak setiap audio mobil bermerek dan berharga mahal cocok dan matching dipasang pada semua mobil. Jadi sebaiknya jangan memilih hanya berpatokan pada harga mahal dan brand saja. "Kalau mobil ganti sound itu harus dipikirkan tiga hal, yang pertama bukan seberapa mahal barangnya tapi seberapa matching," kata Andreas seperti dikutip dari Liputan6, Rabu (23/1/2019). " Ada speaker yang dipakai untuk jarak dekat dan ada yang untuk jarak jauh. Itu namanya product matching. Jadi model ini suaranya bisa bergabung dengan ini, ada yang enggak bisa. Saya sarankan selalu perhatikan kualitas dan harganya," katanya melanjutkan.

>>> Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Speaker Mobil

Foto salah satu speaker pada Mobil

Instalasi sistem audio mobil tidak boleh dilakukan sembarangan

2. Instalasi yang baik

Sistem audio mobil bukan perkara yang mudah dan bisa ditangani sembarangan. Diperlukan keahlian khusus untuk bisa menangani dengan baik demi mendapatkan hasil yang benar-benar berkualitas. Kalau Anda memutuskan ganti audio sebaiknya serahkan ke dealer audio terpercaya dan sudah terbukti kualitas hasil pengerjaannya. "Jadi customer harus mencari dealer yang bisa melakukan pemasangan dengan bagus. Karena ini sangat penting," tuturnya.

3. Tuning yang tepat

Usai audio mobil yang matching dan instalasi sudah dilakukan dengan baik, selanjutnya adalah melakukan tuning dengan tepat untuk mendapatkan harmonisasi suara yang berkualitas. Gunakan telinga Anda sampai Anda mendapatkan setelan yang pas dan merasa nyaman. Mengapa harus telinga Anda, bukan telinga orang lain? Iya, sebab Anda yang akan mendengarkannya paling sering. Sementara kalau orang lain yang jadi ukuran, belum tentu pengaturan tune sesuai dengan selera Anda. "Yang ketiga menemukan tuning yang bagus. Jadi tanpa tuning yang bagus, produk dan instalasi enggak berarti apa apa. Karena audio mobil beda sama audio rumah yang ditaruh bisa langsung bunyi," jelas Andreas.

>>> Pioneer Luncurkan Fitur Kekinian Di Head Unit Terbaru, Pioneer Smart Sync

Foto seseorang melakukan setting sistem audio mobil

Tuning sistem audio mobil untuk mendapatkan harmonisasi suara yang pas

>>> Tips dan trik seputar kendaraan hanya ada di sini

Mungkin anda ingin baca