Beberapa Aturan Usai Pasang Kaca Film Mobil Yang Perlu Diperhatikan

29/06/2018| Abdul

Dalam memasang kaca film Mobil biasanya dilakukan setelah membeli Mobil baru. Selain untuk membuat tampilan Mobil menjadi lebih menarik, juga bisa untuk melindungi barang bawaan di dalamnya. Seperti misalnya saat berada di lokasi parkir dan terdapat barang berharga tertinggal di dalam Mobil. Apabila kondisi kaca bening dan terlihat dari luar, pastinya bisa berpotensi terdapat orang yang mengambilnya. Namun jika menggunakan kaca film yang gelap, membuatnya tidak terlihat. Untuk menjaga kondisinya perlu mengetahui beberapa hal usai pasang kaca film Mobil.

Gambar ini menunjukkan kaca mobil pada bagian samping dengan warna gelap

Kaca film Mobil yang gelap juga dapat menghindari tindak kejahatan

Memang ketika baru memasang kaca film pada Mobil baru kebanyakan pemilik akan patuh terhadap semua peraturan yang diberikan. Namun setelah ingin melakukan pergantian dengan yang lebih gelap ataupun lebih maksimal dalam menolak panas biasanya terdapat beberapa yang diabaikan. Untuk kesalahan yang kerap dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah dalam hal pengoperasian jendela yang tidak menunggu sampai 48 jam.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

"Itu akan membuat penempelan kaca film berpotensi rusak karena tergesek di karet bagian dalam sekaligus penahan kaca di frame pintu. Kalau sudah rusak, mau tak mau berarti harus diganti yang baru. Makanya setiap konsumen yang ingin memasang kaca film di tempat kami, akan kami berikan edukasi singkat tentang hal yang tidak boleh dilakukan dalam jangka waktu tertentu," klaim Fanny selaku petugas teknis kaca film V-Kool Flagship Store, Kemayoran, Jakarta.

Pada umumnya saat selesai melakukan pemasangan kaca film akan diberikan keterangan secara lisan mengenai hal yang tidak boleh dilakukan. Bahkan pada setiap kendaraan yang dipasang terdapat selebaran untuk mengingatkan penggunanya untuk menjaga kondisinya. Bahkan ada pula segel pada setiap power window supaya pengemudi ataupun penumpang tidak mengoperasikan kaca film sebelum genap 48 jam. Hal tersebut dilakukan supaya kaca film terpasang dengan maksimal dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Berikut ini merupakan beberapa peraturan yang biasanya diberikan usai pasang kaca film Mobil.

>>> Baca juga, Tips Dasar Untuk Mengurangi Kaca Mobil Berkabut Ketika Musim Hujan yang ditawarkan cintamobil.com

Gambar ini menunjukkan dua buah tangan yang satu memegang kain mengusap kaca Mobil belakang

Dalam membersihkan kaca film Mobil jangan menggunakan kain yang kasar

Yang pertama adalah tidak boleh menaikkan atau menurunkan kaca film jendela dalam kurun waktu 48 jam sejak dilakukan pemasangan. Selanjutnya adalah tidak boleh menyalakan fitur defogger ataupun anti kabut dalam 4 minggu sejak pemasangan.

Tidak hanya itu saja, tidak boleh juga memasang perekat atau stiker pada permukaan kaca film. Pada saat pembersihan dilarang menggunakan kain yang berbahan kasar ataupun cairan pembersih yang terdapat kandungan alkohol atau amonia karena beresiko merusak kaca film kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips perawatan lainnya

Untuk yang terakhir adalah dilarang melakukan pencungkilan pada bagian pinggir karena beresiko merusak lapisan yang telah dirancang untuk menghindari  masalah kontaminasi.

Apabila terdapat gelembung pada bagian kaca film sebaiknya segera dilakukan penanganan, yakni membawa ke tempat pemasangannya agar segera diperbaiki. Dengan memperhatikan beberapa hal usai pasang kaca film Mobil diharapkan dapat membuatnya lebih tahan lama dan tidak mudah mengalami kerusakan.

>>> Mungkin tertarik, Tips Membedakan Kaca Film Mobil Asli Atau Palsu

Gambar ini menunjukkan tangandengan kaos tangan sedang menyentuk kaca film Mobil bagian depan

Jika terdapat gelembung pada kaca film Mobil sebaiknya di bawa ke tempat pemasangan kaca film

Namun di jaman modern saat ini kadangkala terdapat kaca film yang lebih berkualitas. Sehingga tidak perlu menunggu lama untuk membuka ataupun menutup jendela ataupun hal lain dalam aturan tersebut.

Demikianlah informasi mengenai beberapa aturan usai pasang kaca film Mobil yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Berita sama topik

  • Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    20/10/2020| Abdul

    Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    Priming pump pada mesin diesel merupakan salah satu komponen yang berguna untuk menyusun sistem BBM pada mesin. Alasan mengapa disebut priming adalah karena fungsinya yaitu menyediakan bbm yang dihubungkan ke bagian pompa injeksi.

  • Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    13/10/2020| Abdul

    Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    Karet wiper mobil berperan penting dalam meningkatkan visibilitas berkendara, terutama saat kondisi hujan. Oleh sebab itulah kondisinya perlu diperhatikan dengan melakukan pengecekan dan perawatan. Selain hal tersebut, terdapat beberapa tanda karet wiper sudah aus dan perlu dilakukan penggantian.

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

International