Waspada! Berkendara Dengan Ban Kempes Juga Memiliki Resiko Bahaya

16/08/2018| Abdul

Berkendara dengan ban kempes selain tidak nyaman, ternyata terdapat beberapa kerugian yang perlu diperhatikan. Apabila dipaksakan tentunya mempunyai dampak tersendiri. Jadi lebih baik jika membawa ke bengkel terdekat dan menambahkan angin supaya kembali ideal.

Lantas apa saja efek yang dihasilkan saat berkendara dengan ban kempes? Berikut ulasannya.

1. Laju Mobil tidak stabil

Gambar ini menunjukkan Ban Mobil dalam keadaan kempes

Pastikan tekanan ban Mobil ideal sebelum melakukan perjalanan

Saat salah satu ban kempes akan mengganggu kestabilan kendaraan ketika melaju. Selain itu ban juga terasa lebih sulit saat mengendalikannya, tidak seperti ketika semua ban ideal. Hal ini tentunya membahayakan, jadi lebih baik jika menemui bengkel segera menambah angin pada ban Mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips pengemudian lainnya di Mobilmo.com

2. Kestabilan mengemudi menurun

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang kemudi Mobil

Ban Mobil dengan tekanan angin ideal membuat perjalanan lebih nyaman

Selain Mobil tidak stabil, mengoperasikan kemudi juga tidak seperti biasanya. Hal ini dikarenakan stabilitas yang menurun, sehingga ban kurang responsif pada gaya yang didapat ketika pengemudi mengendalikan stir Mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang review Mobil terlengkap di Cintamobil.com

3. Bahan bakar tidak efisien

Gambar ini menunjukkan panel indikator bahan bakar yang letaknya di bagian dashboard

Ban Mobil yang kempes dapat membuat konsumsi bahan bakar kurang efisien

Berkendara dengan ban kempes menjadikan bahan bakar kurang efisien. Hal tersebut dikarenakan hambatan gulir atau arena rolling mengalami penambahan. Dengan begitu kinerja dari mesin Mobil juga bertambah berat dalam melajukan kendaraan dalam keadaan ban yang kempes. Jadi ban yang kempes saat berputar akan ada perubahan bentuk, tidak lagi bulat seutuhnya.

Pada tahap ini maka energi akan lebih banyak terbuang yang ditandai dengan temperatur ban Mobil yang mengalami kenaikan lebih panas dan tinggi. Dengan begitu hambatan gulir pada ban juga ikut bertambah. Sehingga energi yang dibutuhkan menjadi bertambah dan penggunaan bahan bakar juga mengalami peningkatan.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

4. Terjadi kecelakaan

Adapun akibat yang paling fatal ketika berkendara dengan ban kempes adalah beresiko terjadi kecelakaan. Pada saat ban kempes dan terus berputar, maka suhu dalam ban akan menjadi panas. Dengan begitu resiko kerusakan pun dapat terjadi akibat komponen benang atau karet yang meleleh karena suhu terlalu panas. Biasanya kerusakan yang terjadi pada bagian dinding ban Mobil.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang menelpon dan terlihat 2 buah Mobil didepannya

Jika diketahui ban kempes segera melakukan pengisian tekanan angin di bengkel terdekat

Untuk langkah berjaga-jaga supaya tidak terjadi ban kempes di jalan, maka langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan sebelum berkendara. Jadi dengan memeriksa tekanan angin dapat diketahui, apakah sudah tepat ataukah kekurangan. Dengan begitu saat melakukan perjalanan kondisi ban sudah ideal dan benar-benar siap untuk diajak berjalan.

>>> Mungkin tertarik, Cara Paling Mudah Mengetahui Kondisi Ban, Aman Atau Tidak

Meskipun begitu, kadang terdapat beberapa pengendara yang tetap berkendara dengan ban kempes dan merasa tidak bermasalah. Jadi hal di atas adalah beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja. Bukan berarti kalau kempis langsung rusak atau meledak, namun tidak bisa diprediksi terjadi pada siapa dan kapan waktunya. Dengan begitu mengambil langkah antisipasi merupakan pilihan yang tepat.

Selain hal tersebut, kondisi ketebalan dan kembangan ban juga perlu diperhatikan. Jangan sampai berkendara menggunakan ban yang sudah gundul atau kembangannya sudah tidak ada. Selain beresiko pecah juga akan licin saat melewati jalanan basah dan berlumut.

Demikianlah informasi mengenai efek yang bisa saja didapat saat berkendara dengan ban kempes. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ingin beli Mobil dengan harga terbaik? Kunjungi situs jual beli terpercaya di Cintamobil.com

Berita sama topik

  • Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    13/09/2021| Abdul

    Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    Pembangunan rest area di jalan tol terdapat aturannya. Jadi dalam pemilihan lokasi untuk pembangunan tidak sembarangan. Jarak antar rest area jalan tol diatur dalam PUPR Nomor 10 Tahun 2008. Dengan mengetahui jaraknya maka saat perjalanan dengan mobil bisa memperhitungkan akan istirahat di rest area yang pas.

  • Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    03/05/2021| Fatchur Sag

    Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    Ada aturan yang harus dipahami dan dipatuhi pengendara, bahwa putar balik di jalan tol sangat dilarang mempertimbangkan risiko buruk yang mengancam di depan.

  • Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    15/03/2021| Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.