Cara Paling Mudah Mengetahui Kondisi Ban, Aman Atau Tidak

15/06/2018| Fat

Aries Abdullah, Senior Manager Bussines Support Sales Replacement PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban terbesar di Indonesia memberikan tips mengetahui kondisi ban, aman atau tidak.

1. Cek tekanan angin

Gambar seseorang sedang melakukan pengecekan tekanan angin ban

Miliki alatnya agar pengecekan tekanan angin ban bisa dilakukan setiap saat

Pastikan tekanan angin sesuai dengan standar mobil itu sendiri. Kalau kurang, tambahkan angin hingga sampai pada ukuran standarnya. Begitu pula sebaliknya kalau terlalu tinggi tekanan, kurangi angin dengan cara mengempeskan sedikit demi sedikit.

>>> Jangan lupa, Baut Roda Mobil Juga Membutuhkan Perawatan

2. Cek benda-benda asing yang menempel

Gambar kerikil menempel di ban mobil

Benda-benda asing yang menempel pada ban mobil bisa menyebabkan kebocoran yang membahayakan

Seperti logam, pecahan kaca, kerikil dan sebagainya bisa saja menempel pada ban. Kalau ditemukan ada logam menancap semisal paku, usahakan untuk tidak melepas sendiri paku tersebut, tapi bawa segera mobil ke bengkel terdekat. Ini adalah langkah antisipasi agar kalau paku dilepas dan ban kempes mobil sudah berada di bengkel.

3. Cek kondisi fisik

Gambar menunjukkan ban mobil terlihat retak

BIla ban sudah nampak retak atau sobek, segera ganti dengan yang baru

Mengetahui kondisi ban tidak bisa lepas dari memperhatikan dengan seksama kondisi fisik ban itu sendiri. Lihat apakah ada retakan atau sobekan pada karetnya. Jangan sampai hal ini diabaikan, terlebih kalau sampai kelihatan benangnya. Bila menjumpai ban dalam keadaan demikian, langkah paling baik adalah mengganti dengan ban baru atau ban yang lebih layak.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

4. Cek ketebalan

Gambar indikator ketebalan ban mobil

Cek ketebalan ban bisa dilakukan dengan pedoman Tread Wear Indicators

Tidak susah mengetahui ketebalan ban sebab tiap ban sudah memiliki indikator yang disebut Tread Wear Indicator (TWI). Ban yang masih layak pakai harus berada di lebih dari 1,6 mm TWI. Kurang dari itu, ban sudah sebaiknya diganti.

Cukup mudah bukan? Meski kelihatannya sepele, mengetahui kondisi ban dengan cara di atas sangat penting sebab hal ini keselamatan pengendara dan objek lain di jalan raya.

>>> Mau cari mobil buat keluarga? Di cintamobil.com saja, koleksinya banyak harganya juga menguntungkan!

Berita sama topik

International