Trainer: Fitur Cruise Control Belum Cocok di Jalanan Indonesia

13/03/2020| Fatchur Sag

Banyak fitur ditawarkan pada mobil keluaran terbaru. Mayoritas demi memberi kenyamanan kepada pengendara maupun rasa aman. Salah satu yang kini ngetren yaitu Cruise Control, fitur untuk mengstabilkan kecepatan kendaraan secara konstan tanpa harus menekan pedal gas terus menerus. Dengan fitur ini pengemudi bisa lebih nyaman karena kaki bisa istirahat.

Foto menunjukkan tombol Fitur Cruise Control pada setir mobil

Cruise Control mengstabilkan laju kendaraan tanpa menginjak pedal gas

>>> Jangan Asal Ngebut Lewat Jalan Tol, Perhatikan Batas Kecepatan

Dari sisi fungsi fitur Cruise Control sangat berguna. Hanya saja menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, Cruise Control tidak cocok dipakai di Indonesia. Alasannya karena perilaku berkendara orang Indonesia kurang mendukung.

“Kebiasaan pengemudi yang sering berpindah jalur, otomatis membuat kecepatan yang sudah diatur menggunakan fitur tersebut akan kembali lagi seperti biasa, belum lagi kalau sering berpindah lajur, bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” tutur Jusri, seperti dikutip dari Kompas.

Sedikit berbeda dengan Jusri, Training Director The Real Driving Center, Marcell Kurniawan, menuturkan kalau fitur Cruise Control bisa dipakai di Indonesia asalkan serius memperhatikan berbagai hal penting, seperti kondisi jalan, kondisi lalu lintas, kecepatan kendaraan lain dan juga jarak aman.

"Pastikan kondisi jalan baik, lalu lintas lancar, kecepatan kendaraan lain stabil dan jarak aman terpenuhi,” tutur Marcell dari sumber yang sama di atas.

>>> Jangan Salah Kaprah, Cruise Control Tidak Membuat Mobil Jadi Lebih Irit BBM

Foto salah salah satu ruas jalan di Jalur Ambarawa-Magelang

Jalanan pegunungan naik turun berbelok tajam, tidak cocok buat fitur cruise control

Ditambahkan, pengemudi harus selalu waspada sebab laju kendaraan yang stabil bisa saja mengundang kantuk dan menyebabkan hilang konsentrasi. "Sehingga harus tetap waspada dan jangan sampai kehilangan konsentrasi,” ujar Marcell.

Berikutnya dan yang cukup menjadi alasan mengapa fitur Cruise Control kurang begitu cocok dipakai di Indonesia adalah kurang tersedianya jalanan lapang panjang bebas hambatan. Di Jawa hanya ada Tol Trans Jawa. Di Sumatra ada ada Tol Trans Sumatra yang hingga kini belum tersambung 100 persen.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengenal Komponen Utama Pada Power Window Di Mobil

    21/09/2020| Abdul

    Mengenal Komponen Utama Pada Power Window Di Mobil

    Power window merupakan salah satu fitur pada mobil yang memberikan kemudahan kepada pengemudi saat ingin membuka dan menutup jendela. Sistem yang digunakan sudah elektrik sehingga tidak perlu repot memutarnya tapi cukup menekan tombol saja. Terdapat komponen utama pada power window yang membantu kinerjanya.

  • Jangan Lupa Menyalakan Lampu Mobil Saat Turun Hujan, Lampu Yang Mana?

    05/09/2020| Abdul

    Jangan Lupa Menyalakan Lampu Mobil Saat Turun Hujan, Lampu Yang Mana?

    Menyalakan lampu mobil saat turun hujan diperlukan untuk membuat visibilitas berkendara mengalami peningkatan. Namun kadang beberapa orang berpikir, lampu mana yang dinyalakan, apakah lampu senja atau lampu utama?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

International