Tips Olahraga Ringan Bagi Pengendara Untuk Menjaga Stamina

15/05/2018 Abdul Kosim Pengemudian mobil

Saat berpuasa kondisi tubuh akan menurun saat di siang hari. mungkin ketika di pagi hari masih dapat beraktivitas seperti biasa baik bekerja, mengemudi Mobil dan lainnya. Akan tetapi ketika matahari sudah mulai naik biasanya rasa lemas, lesu dan kantuk akan menghinggapi. Apalagi bagi pengendara harus tetap menjaga kondisinya supaya tetap dapat fokus terhadap jalan. Oleh sebab itu olahraga ringan bagi pengendara sangat dianjurkan supaya stamina tetap terjaga.

Kadar gula yang terdapat dalam tubuh akan menurun ketika berpuasa. Dengan begitu tubuh akan terasa lemas dan lelah ketika sedang mengemudi. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan dengan cara olahraga ringan bagi pengendara, dengan begitu tubuh akan kembali segar sedikit demi sedikit.

Seperti yang dikatakan oleh Dr. Haryo Tilarso, SpKO, FACSM, “Tubuh harus tetap bergerak agar dapat memobilisasi lemak untuk dikatabolisir menjadi gula darah dalam tubuh. Kadar gula akan kembali meningkat dan rasa lelah serta kantuk akan hilang,” ungkapnya saat ditemui di Klinik KONI Jakarta, seperti yang dikutip pada dapurpacu.

Gambar ini menunjukkan pengemudi mobil dengan tangan di kemudi dan tuas perseneling

Mengemudi Mobil di bulan puasa membutuhkan stamina lebih

Menurut Dr. Haryo Tilarso, ketika sedang berpuasa bukan berarti harus menghindari beberapa aktivitas yang dapat menguras tenaga seperti misalnya berolahraga. Jadi dalam pemilihan waktu yang tepat serta memilih jenis olahraga yang pas dapat membantu menjaga stamina tubuh. Pilihlah olahraga ringan yang sesuai sehingga tubuh tidak terbebani dengan aktivitas menyehatkan tersebut.

“Olahraga dianjurkan selama 30 menit sebelum atau sesudah berbuka. Olahraga sebelum berbuka biasanya dengan gerakan agak ringan, semisal senam,” ujarnya.

Melakukan olahraga ringan sebelum dan sesudah berbuka tidak banyak mengeluarkan keringat. Karena memang kalori dan cairan dalam tubuh sudah tidak banyak tersimpan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate berita tentang otomotif Mobil terbaru

“Senam ringan tidak terlalu banyak membutuhkan kalori dan tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat. Karena senam di waktu itu memang sudah tak banyak lagi kalori dan cairan yang tersimpan dalam tubuh.” tambahnya.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita baju merah tampak belakang sedang berlari di sore hari

Olahraga ringan sangat dianjurkan sebelum atau sesudah berbuka

Olahraga ringan bagi pengendara sebenarnya tidak terlalu berat. Bahkan bisa dilakukan sambil beraktivitas keseharian. Seperti misalnya berjalan kaki secara ringan untuk menuju masjid. Selain dapat menjaga kondisi tubuh, Anda juga bisa dapat pahala lebih dengan melakukan shalat Tarawih. Bahkan pada saat shalat Tarawih, tanpa disadari gerakannya juga termasuk dalam salah satu olahraga yang menyehatkan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi mengenai Review Mobil terbaru

Selain itu, Anda juga bisa berjalan-jalan sebelum atau sesudah berbuka. Karena hal ini merupakan salah satu alternatif olahraga ringan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Dengan begitu Anda telah siap untuk melakukan aktivitas di pagi hari dengan berpuasa dalam kondisi yang segar bugar.

Bahkan dari pihak Dr. Haryo juga menyarankan untuk menjaga pola tidur dengan sebaik-baiknya. Jika melihat kebanyakan masyarakat, saat bulan ramadhan akan begadang untuk menikmati malam di bulan puasa. Bagi yang tidak mengemudi di siang hari atau memiliki aktivitas padat memang tidak masalah. Namun bagi pengendara bisa jadi hal yang membuat rasa kantuk menyerang.

Gambar ini menunjukkan banyak orang sedang berjalan menuju masjid untuk sholat tarawih

Berjalan menuju masjid untuk shalat tarawih bisa termasuk olahraga ringan

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Tips Berbuka Puasa Saat Perjalanan Dengan Mobil

Saat bulan puasa terdapat waktu yang diharuskan sebelum berpuasa, yakni sahur. Bagi pengendara hal ini sangat penting agar dapat mengisi energi tubuh dengan makanan serta minuman yang baik. Oleh sebab itu pola tidur harus dijaga, mengingat harus bangun pagi untuk menyantap makanan ketika sahur. Selain itu, setelah sahur sangat diharapkan untuk tidak tidur, karena dapat membakar kalori dalam tubuh dan membuat badan menjadi cepat lemas. Anda bisa mengisi waktu luang tersebut sebelum beraktivitas dengan tadarus pagi atau berkumpul bersama keluarga dan berbagi cerita yang menyenangkan.

Demikianlah informasi mengenai olahraga ringan bagi pengendara untuk menjaga stamina tubuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Mungkin anda ingin baca

  • Mengetahui Kegunaan Fitur Shift Lock Pada Mobil Matic

    Mengetahui Kegunaan Fitur Shift Lock Pada Mobil Matic

    18/07/2018

    Terdapat berbagai jenis Mobil yang dipasarkan di Tanah Air seperti MPV, SUV, Sedan dan masih banyak lagi. Selain itu juga terdapat beberapa pilihan transmisi seperti otomatis dan juga manual. Salah satu kendaraan yang banyak digemari adalah Mobil matic, yang mana kemudahan dimilikinya sehingga tidak heran jika pemakainya banyak perempuan. Di dalamnya terdapat salah satu fitur yang perlu diketahui, supaya tidak terjadi masalah yakni Shift Lock pada Mobil Matic.

  • Kelebihan Serta Kekurangan Mobil Dengan Sistem Penggerak RWD dan FWD

    Kelebihan Serta Kekurangan Mobil Dengan Sistem Penggerak RWD dan FWD

    04/07/2018

    Sampai saat ini banyak jenis Mobil yang telah dijual di pasaran. Selain itu terdapat beberapa sistem penggerak roda yang juga dapat dijumpai. Di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis sistem penggerak roda yang populer yaitu RWD dan FWD.

  • Waspada, Ketahui Titik Bahaya Di Jalan bagi kendaraan Untuk Keselamatan Berkendara

    Waspada, Ketahui Titik Bahaya Di Jalan bagi kendaraan Untuk Keselamatan Berkendara

    01/07/2018

    Kabar baik datang untuk pengendara, yang mana tingkat kecelakaan tahun ini mulai ada penurunan. Meskipun begitu, pengendara tidak boleh lengah saat melakukan perjalanan. karena bahaya tetap mengintai dan tidak diketahui kapan dan dimana seseorang bisa saja mengalami kecelakaan. Namun yang pasti, kita harus tetap berdo’a agar selamat sampai tujuan saat perjalanan baik jauh ataupun dekat. Untuk meminimalisir adanya resiko, bisa dengan mengetahui titik bahaya di jalan bagi kendaraan.