Tips Menghitung Biaya Pengeluaran Saat Mudik Dengan Mobil Pribadi Agar Lebih Hemat

01/06/2018| Abdul

Biaya pengeluaran saat mudik dengan Mobil pribadi terbagi menjadi beberapa macam seperti biaya bensin, jalan tol dan lainnya yang tidak terduga saat di jalan. Bahkan biaya asuransi juga harus dikeluarkan dengan tujuan tetap aman dan nyaman ketika dalam perjalanan.

Ketika Anda memutuskan untuk mudik dengan Mobil pribadi sebaiknya memperhitungkan dengan matang estimasi pengeluaran saat di jalan. Tujuannya adalah keuangan terkontrol dan tidak terbuang dengan percuma.

Berikut ini merupakan perhitungan biaya pengeluaran saat mudik dengan Mobil pribadi yang dikutip dari situs cekaja.com. Beberapa hal perlu perhatian seperti biaya servis, bahan bakar, asuransi, makan dan lainnya.

1. Persiapan

Persiapan yang matang sangatlah diperlukan supaya tidak terjadi sesuatu yang fatal saat dalam perjalanan. persiapkan dana untuk melakukan servis di bengkel sebelum digunakan untuk perjalanan mudik. Selain itu mengasuransikan kendaraan juga sangat diperlukan, guna untuk menekan biaya pengeluaran saat terjadi hal buruk dalam perjalanan.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang smartphone dan terdapat beberapa lembar uang disampingnya

Menghitung biaya saat perjalanan mudik dapat meminimalisir pengeluaran yang percuma

>>> Klik di sini untuk mengetahui info seputar tips mudik lainnya

2. Biaya Bensin

Selanjutnya adalah menghitung biaya bahan bakar yang nantinya akan dikeluarkan. Hitunglah dengan estimasi harga yang paling tinggi dari bahan bakar per liternya. Selain itu hitung juga berapa jarak yang dapat ditempuh dalam menggunakan 1 liter bahan bakar. Setelah itu dilanjutkan dengan memperkirakan jarak dari tempat Anda menuju kampung halaman.

Gambar ini menunjukkan seorang konsumen membayar bahan bakar pada petugas spbu

Biaya bahan bakar lebih baik dilebihkan karena saat macet konsumsi BBM lebih banyak

Seperti misalnya harga bahan bakar antara 8.000 sampai 10.000 rupiah per liter, maka ambil angka tertingginya yaitu 10.000 rupiah per liternya. Selanjutnya mengetahui jenis Mobil juga diperlukan, karena konsumsi bahan bakar tiap kendaraan berbeda. seperti misalnya untuk All New Avanza 1.3 L dapat menempuh jarak 12,6 km dalam 1 liter bahan bakar atau all New Xenia yang dapat menempuh jarak 12,6 km dalam 1 liter bahan bakar.

Untuk contoh perhitungannya adalah:

- Tujuan mudik = Jakarta – Brebes dengan jarak 281 km

- Mobil = All New Xenia 1.298 cc (12,6 km per 1 liter bensin)

- Bensin yang dibutuhkan = 281 km : 12,6 km = 22,3 liter

- Biaya bensin = 22, 3 liter x Rp. 10.000 = Rp. 223.000

>>> Klik di sini untuk mengetahui info seputar tips daan trik yang ditawarkan oleh cintamobil.com

3. Biaya Jalan Tol

Saat akan menghitung biaya jalan tol, sebaiknya mengetahui rute dan jalan tol mana yang nantinya akan dilewati. Setelah itu carilah informasi mengenai tarif Tol terbaru. Dengan begitu barulah Anda bisa melakukan perhitungan. Akan tetapi pada saat ini banyak jalan tol yang pembayarannya lewat kartu e-Toll atau menggunakan sistem elektronik. Jadi pengguna hanya mengisi saldo dan untuk membayarnya tinggal menempelkan kartu saka pada tempat yang telah disediakan di gerbang tol. Jadi sebaiknya mengisi saldo terlebih dahulu sebelum berangkat dan jangan sampai kartunya ketinggalan.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kartu dan menempelkannya pada alat khusus yang terdapat di gerbang tol

Penggunaan kartu e-Toll meminimalisir kemacetan yang terjadi di gerbang Tol

>>> Baca juga, Menumpuk Saldo E-Toll Agar Mudik Lewat Jalan Tol Trans Jawa Tetap Lancar

4. Biaya Makan dan Minum

Saat dalam perjalanan membawa bekal dari rumah untuk persiapan di jalan untuk berbuka. Selain itu hal tersebut juga dapat menghemat biaya pengeluaran. Akan tetapi jika dirasa merepotkan, maka menyiapkan dana untuk makan dan minum perlu dilakukan.

Gambar ini menunjukkan beberapa orang sedang mengantri untuk membeli makanan dan minuman untuk buka puasa

Membeli makanan untuk berbuka tidak perlu mahal, yang penting dapat memulihkan stamina tubuh setelah seharian berpuasa

Membatasi biaya makan dan minum bisa menjadi salah satu cara untuk dapat menghitung dana menghemat uang. Seperti misalnya saat berbuka tiap orang dibatasi Rp. 30.000 sekali makan, dengan begitu mana saat ingin makan tidak akan berhenti di restoran yang harganya mahal. Dengan me

ncari warung makan yang sesuai budget yang dimiliki dapat menekan biaya pengeluaran.

Demikianlah informasi tentang tips menghitung biaya pengeluaran saat mudik dengan Mobil pribadi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Berita sama topik

  • Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    23/04/2020| Abdul

    Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    Bulan Ramadhan hampir tiba, ditambah lagi sekarang sedang liburan. Tapi ingat, untuk liburan kali ini karena mencegah penyebaran virus corona. Jadi masyarakat perlu benar-benar memperhatikannya. Kalau ada pertanyaan ingin liburan atau berada di rumah, sebaiknya tetap berada di rumah mengikuti arahan pemerintah.

  • Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    13/03/2020| Fatchur Sag

    Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    Beragam skenario pengaturan lalu lintas, perlengkapan, dan peralatan dipersiapkan jajaran Polres Cirebon Kota dalam rangka menyambut musim mudik Lebaran 2020.

  • Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    03/06/2019| Fatchur Sag

    Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    Mudik lebaran sering jadi kesempatan sebagian pemudik untuk melampiaskan kebahagiaan secara berlebihan. Ini kurang baik dan sebaiknya anda hindari, sebab aji mumpung bisa berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan. Kok bisa?

International