Tips Arus Balik: Cara Agar Mobil Hemat BBM Saat Kembali Ke Kota Dengan Mobil Pribadi

20/06/2018| Abdul

Untuk meminimalisir hal tersebut, berikut ini terdapat tips hemat BBM saat kembali ke kota dengan Mobil pribadi.

1. Berkendara santai tidak ngebut

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan sedang memegang kemudi mobil dan mengisyaratkan membelok

Jangan terburu-buru dalam menempuh perjalanan utamakan keselamatan

Saat Anda melakukan perjalanan menuju ke kota untuk mengikuti arus balik, sebaiknya memperhatikan kecepatan laju Mobil Anda. Cukup berjalan santai tidak usah ngebut, apalagi sudah tidak berpuasa jadi bisa sambil ngemil.

Pasalnya putaran mesin yang semakin cepat, maka konsumsi bahan bakar juga lebih banyak. Dengan begitu jika sering kebut-kebutan maka semakin boros bahan bakar.  Untuk kecepatan yang dianjurkan berkisar antara 40 sampai 80 kpj. Selain hal tersebut, berjalan dengan santai dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan di jalan. Ditambah lagi perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi seputar tips pengemudian Mobil

2. Memaksimalkan penggunaan Ac Mobil

Gambar ini menunjukkan kisi-kisi AC Mobil yang berada pada dashboard Mobil

Saat melintasi jalanan penuh pepohonan dengan udara yang segar lebih baik matikan Ac dan membuka jendela

Selanjutnya dalam tips hemat BBM saat kembali ke kota dengan Mobil pribadi adalah memaksimalkan dalam penggunaan Ac. Pada saat mengeluarkan udara dingin, umumnya kinerja mesin menjadi sedikit lebih keras. Jika begitu perlu bahan bakar sebagai penunjang kinerjanya, oleh sebab itu dengan mengurangi penggunaan Ac dapat menghemat bahan bakar.

Jadi ketika sedang berada di jalanan yang macet, Anda bisa menyalakannya. Akan tetapi saat jalanan lancar ditambah udara yang sejuk maka bisa mematikannya dan membuka jendela.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi seputar harga mobil terbaru mobilmo.com

3. Membawa barang hanya yang dibutuhkan

Gambar ini menunjukkan bagasi Mobil warna biru diisi 3 koper 2 berdiri 1 tidur

Jangan membawa barang melebihi kapasitas yang dapat ditampung oleh Mobil

Ketika dalam perjalanan kembali ke kota untuk melakukan aktivitas seperti biasa setelah libur lebaran, sebaiknya membawa barang secukupnya. Tidak dipungkiri lagi bahwa serasa ingin membawa oleh-oleh dari kampung sampai Mobil penuh. Akan tetapi ternyata hal tersebut dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih banyak. P[asalnya semakin banyak beban yang ditanggung mesin, maka semakin banyak pula konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan.

Jadi apabila barang bawaan yang dibawa terlalu banyak, Anda bisa memanfaatkan jasa travel untuk mengangkutnya. Ditambah lagi beban yang berlebihan juga dapat mengganggu keselamatan dalam berkendara. cukup membawa barang yang dibutuhkan dalam perjalanan dan tidak melebihi batas maksimal beban yang dapat ditanggung oleh kendaraan.

>>> Baca juga, SIM Habis Masa Berlaku Saat Liburan, Begini Mengurusnya yang ditawarkan oleh cintamobil.com

4. Berhenti secukupnya

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil warna merah sedang berhenti dalam kondisi malam hari

Melakukan pemberhentian setiap 2 jam sekali bertujuan agar tubuh tetap fit saat berkendara

Adapun tips terakhir supaya hemat BBM saat kembali ke kota dengan Mobil pribadi adalah jangan berhenti terlalu sering. Cukup 2 jam sekali untuk beristirahat dan meregangkan tubuh supaya tetap rileks dalam berkendara. selain itu langkah tersebut juga berguna untuk menurunkan suhu mesin Mobil.

>>> Mungkin tertarik, Perhatikan Tips Ini Saat Mengemudi Mobil sendiri Saat Mudik Agar Tidak Kelelahan

Pasalnya saat Mobil terlalu sering berhenti, maka pengendara akan menyalakan dan mematikan mesin terlalu sering. Jika begitu konsumsi bahan bakar dapat menjadi boros dibandingkan dengan istirahat 2 jam sekali. Biasanya hal tersebut terjadi saat terjebak kemacetan, sehingga mau tidak mau harus melakukan pengereman dan menaikkan gas secara terus menerus dan tidak menentu. Untuk menghindari masalah ini bisa dengan mencari jalan alternatif, oleh sebab itu kuasailah rute jalan agar perjalanan menjadi lancar dan bisa beristirahat setiap 2 jam sekali.

Demikianlah informasi mengenai tips hemat BBM saat kembali ke kota dengan Mobil pribadi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Bosan dengan mobil kamu? Jual saja di situs jual beli mobil harga bagus cintamobil.com

Berita sama topik

  • Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    23/04/2020| Abdul

    Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    Bulan Ramadhan hampir tiba, ditambah lagi sekarang sedang liburan. Tapi ingat, untuk liburan kali ini karena mencegah penyebaran virus corona. Jadi masyarakat perlu benar-benar memperhatikannya. Kalau ada pertanyaan ingin liburan atau berada di rumah, sebaiknya tetap berada di rumah mengikuti arahan pemerintah.

  • Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    13/03/2020| Fatchur Sag

    Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    Beragam skenario pengaturan lalu lintas, perlengkapan, dan peralatan dipersiapkan jajaran Polres Cirebon Kota dalam rangka menyambut musim mudik Lebaran 2020.

  • Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    03/06/2019| Fatchur Sag

    Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    Mudik lebaran sering jadi kesempatan sebagian pemudik untuk melampiaskan kebahagiaan secara berlebihan. Ini kurang baik dan sebaiknya anda hindari, sebab aji mumpung bisa berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan. Kok bisa?