Perhatikan Tips Ini Saat Mengemudi Mobil sendiri Saat Mudik Agar Tidak Kelelahan

05/06/2018| Abdul

Dalam perjalanan mudik biasanya dilakukan bersama keluarga tercinta. Akan tetapi masalahnya adalah soal mengemudi yang bisa hanya Anda saja. Dengan begitu mau tidak mau harus berkendara sampai tujuan dengan Anda sebagai pengontrol kendaraan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi Mobil sendiri saat mudik supaya tetap aman dan nyaman.

1. Beristirahat Yang Cukup

gambar ini menunjukkan seorang pengemudi terlihat samar tidur di dalam kendaraan

Beristirahat yang cukup sebelum berkendara menambah stamina tubuh

Sebelum berangkat menempuh perjalanan alangkah baiknya untuk berisstirahat yang cukup. Tujuannya adalah supaya dalam perjalanan tidak timbul rasa kantuk yang melanda. Selain itu, jangan lupa pula untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan 2 atau 3 jam dengan tujuan memulihkan tenaga serta menjaga konsentrasi berkendara. selain itu bagi Anda yang berpuasa, meminum suplemen vitamin juga bisa dilakukan untuk mendukung tubuh agar tetap bugar.

>>> Klik di sini untuk mengtupdate info seputar tips dan trik otomotif lainnya

2. Memeriksa Kondisi Mobil

gambar ini menunjukkan beberapa mekanik sedang memeriksa kendaraan di bengkel resmi

Perawatan Mobil sebaiknya dilakukan secara berkala agar performa tetap terjaga

Selanjutnya sebelum berniat mengemudi Mobil sendiri saat mudik perlu memperhatikan kondisi Mobil. memastikan semuanya baik akan berbuah pada perjalanan yang aman dan nyaman tanpa masalah.

Anda bisa membawanya ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan serta servis agar siap untuk diajak mudik ke kampung halaman. Jangan lupa untuk menyuruh mekanik mengecek sistem pengeremannya, karena hal ini cukup penting soal keamanan.

Setelah melakukan servis sebaiknya membawa ke salon Mobil untuk mencucinya. Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah jika ada waktu. Bersihkan seluruhnya termasuk bagian interior agar nyaman saat digunakan untuk mudik bersama keluarga.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan Mobil lainnya

3. Membawa kelengkapan surat

Gambar ini menunjukkan 2 lembar STNK kendaraan bolak balik

Membawa surat kendaraan untuk berjaga-jaga saat terjadi razia

Pada saat mengemudi Mobil sendiri saat mudik diperlukan kelengkapan surat meliputi SIM dan STNK. Jangan lupa selalu membawa KTP, siapa tahu dibutuhkan di jalan. Dengan membawa surat yang lengkap untuk berjaga-jaga saat terdapat razia yang dilakukan oleh pihak Polisi.

>>> Baca juga, Bagaimana Caranya Mengetahui Keaslian STNK & BPKB Kendaraan?

4. Membawa perlengkapan perkakas sederhana

gambar ini menunjukkan sebuah mobil dengan ban terlepas sedang didongkrak

Perkakas kendaraan seperti dongkrak dapat berguna ketika mobil bermasalah seperti ban bocor

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat dalam perjalanan mudik, membawa alat sederhana sangat diperlukan. Perlengkapan tersebut meliputi kunci, dongkrak, tali derek dan lainnya. tujuannya adalah memudahkan pemilik saat terjadi masalah seperti ban bocor atau Mobil mogok.

>>> Mungkin tertarik, Ingat Ini Agar Perjalanan Mudik Lancar Tidak Terjebak Macet Dan Tetap Nyaman

5. Mengatur posisi duduk

Saat Anda harus mengemudi sendiri saat mudik tanpa ada yang mengganti, sebaiknya mengatur posisi duduk senyaman mungkin. Jika posisi duduk tidak nyaman bisa menyebabkan mudah lelah, capek dan tidak tenang. Sehingga akan selalu bergeser tempat duduk dan mengganggu fokus berkendara. sangat berbeda saat mendapatkan posisi duduk yang nyaman, tentunya mengemudi lebih lama dan tidak mudah capek.

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi sedang melihat jalan tampak belakang

Mengemudi Mobil yang nyaman menjadikan tubuh tidak mudah lelah

Selain beberapa hal di atas, yang terpenting adalah mengutamakan keselamatan bagi Anda dan keluarga. Oleh sebab itu, apabila terasa sedikit capek jangan memaksakan untuk terus mengemudi. Beristirahatlah sejenak di rest area atau tempat yang aman untuk sekedar memulihkan tenaga tubuh.

Ditambah lagi saat musim mudik seringkali terjadi kemacetan, sehingga mau tidak mau stamina tubuh akan terkuras lebih cepat. Dengan begitu saat berkendara harus lebih sering beristirahat. Selain itu menjaga emosi juga diperlukan, agar perjalanan menjadi nyaman tanpa ada masalah dengan pengendara lain. Tingkatkan kesabaran agar puasa tetap terjaga dan menjaga silaturrahmi antar pengendara.

Demikianlah informasi mengenai tips mengemudi Mobil sendiri saat mudik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Berita sama topik

  • Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    09/09/2021| Abdul

    Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    Terdapat larangan menyalip di terowongan dan jembatan yang perlu diperhatikan. Hal tersebut berhubungan dengan keselamatan selama perjalanan dan tidak terjadi kecelakaan.

  • Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    11/08/2021| Doris Elisa

    Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    Apakah Anda ingin mengganti ban mobil Dunlop untuk mobil kesayangannya? Anda ingin mencari informasi, daftar harga ban mobil Dunlop khususnya harga ban Dunlop ring 15, dimana jual yang berkualitas dan bergengsi? Ikuti artikel ini, Mobilmo.com akan menjawab semua pertanyaan Anda.

  • Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    06/08/2021| Doris Elisa

    Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    Banyak orang yang salah pikir bahwa tujuan ban mobil diberi alur dan rambut itu hanya sebagai hiasan saja. Padahal, alur dan rambut berpengaruh besar pada pergerakan, keselamatan kendaraan dan pengemudi. Lantas mengapa ban mobil diberikan alur dan rambut?