Terlanjur Masuk Tol Dan Saldo E-Toll Tidak Cukup, Ini Solusinya

03/05/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Bagi para pengguna tol tentunya sudah tidak asing dengan namanya e-toll. Metode pembayaran tol yang sudah tidak secara tunai melainkan menggunakan kartu e-toll. Kebijakan dari pemerintah ini tentunya mempunyai kelebihan yang lebih memudahkan para pengguna jalan tol sendiri. Namun apa jadinya jika sudah masuk tol namun saldo e-toll kurang? Berikut solusi dan tips jika terlanjur masuk tol dan saldo e-toll kurang.

Satu kewajiban yang harus dipenuhi pengguna jalan tol adalah membayar sesuai tarif dan golongannya. Dulu masih menggunakan uang tunai yang diberikan kepada penjaga gerbang tol. Namun sekarang tidak lagi, pengguna tol harus memiliki e-toll card atau yang sejenisnya dengan saldo yang mencukupi sebab seluruh pembayaran dilakukan secara elektronik.

Gambar Tarif Tol Medan-Tebing Tinggi yang diterbitkan pemerintah

Transaksi di gerbang tol dilakukan menggunakan uang elektronik

Disini permasalahannya, karena terburu-buru atau lupa pengguna tol mungkin saja tidak mengetahui kalau saldo e-toll nya sudah menipis. Tahu-tahu saat akan melakukan tapping, dana tidak mencukupi. Nah, kalau Anda mengalami hal semacam ini tidak usah panik. Ada solusi yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Minta tolong pada penjaga gerbang tol

Meski sudah meniadakan pembayaran dengan sistem tunai bukan berarti gerbang tol dibiarkan tanpa penjagaan. Ada petugas jalan tol yang selalu mengawasi setiap saat demi mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk saat pengendara lupa atau kehabisan saldo e-toll. Mintalah tolong kepada mereka!

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Meminjam E-toll Pengemudi Lain

Tips dan solusi selanjutnya jika saldo e-toll kurang saat berada di jalan tol adalah dengan meminjam kartu e-toll milik pengendara lain. Biasanya jika bermasalah dengan pembayaran e-toll khususnya jika saldo habis akan menyebabkan pengendara lain yang juga ingin membayar dan melewati gerbang tol menunggu. Hal yang tidak mengenakan tapi bisa digunakan sebagai solusi membayar tol. Saat sedang mengantre coba untuk meminta bantuan kepada pengendara lainnya untuk meminjamkan kartu e-toll nya untuk pembayaran dan setelah selesai membayar dan melewati gerbang tol segera menggantinya dengan uang cash atau yang lainnya.

Tips ini bisa digunakan jika dalam keadaan yang benar-benar genting namun tidak disarankan untuk digunakan setiap saat karena belum tentu juga pengendara lain mau meminjamkan kartu e-toll mereka. Dan tentunya hal ini sangat mengganggu dan menghambat perjalanan pengendara lain yang mengantre. Pastikan untuk mengucapkan terima kasih jika diperbolehkan untuk meminjam dan menggunakan kartu e-toll pengendara lain karena bantuan tersebut sangat berguna. Ingat bahwa tips dan solusi ini hanya disarankan jika keadaan benar-benar genting dan tidak tahu harus berbuat apa lagi.

>>> Mau Bayar Tol, Pilih Gerbang Paling Kiri, Tengah atau Paling Kanan?

Foto E-toll Card yang diterbitkan salah satu bank di Indonesia

Pastikan Anda memiliki uang elektronik dalam jumlah yang mencukupi

Segera Isi Ulang Saldo

Jika saldo e-toll kurang saat sudah masuk tol adalah dengan mengisi ulang saldo e-toll. Tips ini memiliki beberapa syarat yang harus diperhatikan pertama yaitu jalur tol yang dilalui harus ada rest area. Di rest area biasanya terdapat jasa penambahan saldo e-toll yang tentunya sangat berguna bagi yang kehabisan saldo e-toll. Isi ulang saldo e-toll kemudian bisa melanjutkan perjalanan menuju gerbang tol selanjutnya. Bagi jalur tol yang tidak mempunyai rest area atau kios yang menyediakan jasa isi ulang saldo e-toll tips ini tidak bisa digunakan atau dipraktikkan secara langsung.

Syarat kedua adalah masih berada di gerbang masuk tol dan bukan gerbang keluar yang dimana jika saldo e-toll habis di gerbang masuk tol tidak masalah dan gerbang masih bisa terbuka karena hitungan pembayaran akhir berada di jalur keluar tol. Usahakan jika saldo e-toll habis di gerbang masuk tol segera cari rest area atau kios yang menyediakan jasa penambahan saldo e-toll. Tentunya jika saldo e-toll kurang dan tidak segera mencari rest area atau kios yang menjual saldo e-toll akan menjadi masalah pada saat pembayaran di gerbang keluar tol. Tips ini memiliki beberapa gak penting yang harus benar-benar diperhatikan.

>>> Bingung Memilih Rest Area saat Mudik, Perhatikan 5 Tips dan triknya

Gambar Rest Area Jalan Tol Ungaran Jawa Tengah diambil dari udara

Saldo e toll bisa juga didapatkan di rest area jalan tol

Jangan sampai saldo kurang tapi tetap memaksakan untuk tetap melanjutkan perjalanan karena nantinya akan kesulitan di gerbang tol selanjutnya terutama di gerbang keluar tol. Jika hal ini terjadi maka akan sangat menganggu perjalanan. Bukan hanya mengganggu perjalanan pribadi tapi juga perjalanan orang lain. Maka dari itu benar-benar pastikan bahwa tips di atas diperhatikan dengan benar termasuk syarat-syaratnya.

Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas Drive Thru di tersedia beberapa gerbang tol. Fasilitas ini memungkinkan pengguna jalan tol mengisi ulang saldo e-toll tanpa harus turun dari mobil. Biasanya terletak di gerbang paling kiri agar tidak mengganggu pengguna tol lain.

>>> Ada Drive Thru Di Tol Semarang, Isi Ulang E-Toll Jadi Makin Mudah

Foto Fasilitas Drive Thru yang tersedia di jalan tol Semarang

Fasilitas drive thru memberi kemudahan kepada pengguna jalan tol untuk isi ulang e toll

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca