Tahu Tidak, Sebagian Pengemudi Lebih Nyaman Mendengar Suara Mesin Mobil Ketimbang Musik

30/04/2019| Fatchur Sag

Bagi kebanyakan orang, musik dan nyanyian menjadi teman pilihan saat berkendara. Dengan musik mereka menjadi lebih nyaman apalagi jika musik dan nyanyian itu berasal dari artis idolanya. Dengan musik pula, mereka mengusir rasa penat dan mengantuk.

Foto pengemudi mengoperasikan fitur hiburan di mobil

Pemutar musik menjadi fitur kenyamanan yang ada di setiap mobil

Nah, tahu tidak meski suara musik indah terdengar bagi siapapun, ternyata ada juga pengendara atau pengemudi yang lebih suka mendengar suara mesin mobil. Menurutnya suara mesin mobil memberi sensasi tersendiri yagn sangat berkesan. Ada juga alasan yang lain mereka lebih suka mendengarkan mesin mobil dengan maksud ingin memahami mobil kondisi mobil.

Memahami Suara Mesin, Memahami Mobil

Tentu, ada sebagian pengemudi lebih senang mendengar suara mesin menggerung saat mengendarai mobil ketimbang suara musik. Hal itu sebenarnya sah-sah saja, khususnya para otomotif mania, yang menganggap suara gerungan mesin mobil jauh lebih indah ketimbang suara musik yang ditata harmonisasinya.

Namun, tahukah bahwa sebenarnya, ketika Anda memahami suara mesin mobil itu artinya Anda memahami mobil Anda, karena pada dasarnya kasar ataupun halusnya suara mesin mobil menjadi pertanda adanya masalah pada mesin.

>>> Penyebab Suara Angin Masuk Ke Dalam Kabin

Suara mobil yang menderu memberi sensasi bagi sebagian pengemudi

Sebagian orang lebih suka mendengarkan deru suara mesin mobil dibanding mendengarkan musik

Tidak perlu jauh-jauh, coba Anda nyalakan mesin dan AC mobil, bagaimanakah suaranya – halus atau kasar? Jika kasar, coba matikan AC mobil dan tetap nyalakan mesin, apakah suara mesin berubah halus? Curigailah, ada masalah pada AC mobil Anda! Itu salah satu manfaatnya.

Ford bahkan mematenkan suara mesin palsu supaya pengemudi bisa mengoper gigi dengan jelas. Hal ini karena suara mesin mobil baru buatan Ford dinilai terlalu halus, sehingga menyulitkan pengemudi mendengar kapan waktu yang pas untuk mengoper gigi. Dengan menambahkan suara mesin palsu, maka itu akan membantu pengemudi untuk mendapatkan timing oper gigi.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Mesin Mobil Bensin Bersuara Diesel, Tanda Mobil Perlu Dibawa ke Bengkel

Sebagaimana kami sebutkan sebelumnya, ada alasan seorang pengemudi lebih senang mendengar suara mesin mobilnya sendiri yaitu memahami kondisi mobilnya. Pada dasarnya suara mesin mobil berbahan bakar bensin itu halus. Tidak sekasar suara mesin mobil berbahan diesel.

Lalu bagaimana ketika mendengar mesin mobil bermesinbensin bersuara mirip mesin diesel? Ketika mendengar suara mesin mobil seperti itu, maka Anda perlu membawa mobil ke bengkel secepatnya karena kemungkinan ada masalah cukup besar. Jika Anda membiarkan hal itu terlalu lama akan bisa merusak suku cadang yang terletak di daerah mesin.

>>> Ini Lho Penyebab Mesin "ngelitik"

Seorang wanita heran dengan suara mesin mobilnya yang terdengar kasar

Suara mobil terlalu kasar dari biasanya, pertanda ada yang tidak beres dan perlu pemeriksaan

Namun, apa penyebab mesin mobil bersuara kasar? Ada lima hal yang harus Anda periksa.

  • Oli mesin kurang menjadi indikator utama penyebab suara mesin mobil kasar. Kekurangan oli membuat semua komponen di dalam tak terlumasi. Hal ini membuat Hidraulic Last Adjuster tak mendapat oli yang seharusnya dibutuhkan.
  • Komponen-komponen seperti water pump, bearing alternator, dan bearing AC yang bermasalah bisa menimbulkan bunyi-bunyian keras dan kasar.
  • Tekanan tensioner menuju timing belt kendor. Dalam posisi kendor, bagian ini akan memicu bunyi yang akan mengganggu pengguna mobil.
  • Fan belt mesin mobil sudah usang – getas, kendor, dan pecah-pecah. Ada dua sampai tiga fan belt mesin mobil, tergantung jenis dan merek mobil.
  • Ketika mesin mobil pernah kekurangan oli, maka mungkin akan terdengar suara gesekan dari komponen-komponen mesin yang berbahan besi. Contoh-contoh komponen yang mungkin bersuara keras adalah piston, setang piston, connecting rod, dan lain-lain.

Itulah kenapa Anda perlu merawat mobil dengan benar. Cara paling mudah merawat mobil adalah rajin mengecek secara berkala untuk mendeteksi umur komponen. Anda juga harus menjaga agar kebutuhan mesin akan asupan oli tercukupi agar komponen-komponen mobil terjaga dengan baik dan saling menggesek dengan lancar.

Ketika Anda melakukannya secara tepat, maka suara mesin mobil Anda akan kembali mulus. Oleh karena itu, Anda mungkin bisa menjadi golongan pengemudi yang bisa menikmati gerungan mesin mobil.

>>> Menarik, Biaya Servis Mobil di Diler Ini Dikemas Seperti Menu Makanan Di Restoran

Melakukan perawatan berkala di bengkel resmi mobil Subaru

Perawatan berkala memastikan mobil dalam kondisi terbaik

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    09/09/2021| Abdul

    Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    Terdapat larangan menyalip di terowongan dan jembatan yang perlu diperhatikan. Hal tersebut berhubungan dengan keselamatan selama perjalanan dan tidak terjadi kecelakaan.

  • Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    11/08/2021| Doris Elisa

    Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    Apakah Anda ingin mengganti ban mobil Dunlop untuk mobil kesayangannya? Anda ingin mencari informasi, daftar harga ban mobil Dunlop khususnya harga ban Dunlop ring 15, dimana jual yang berkualitas dan bergengsi? Ikuti artikel ini, Mobilmo.com akan menjawab semua pertanyaan Anda.

  • Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    06/08/2021| Doris Elisa

    Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    Banyak orang yang salah pikir bahwa tujuan ban mobil diberi alur dan rambut itu hanya sebagai hiasan saja. Padahal, alur dan rambut berpengaruh besar pada pergerakan, keselamatan kendaraan dan pengemudi. Lantas mengapa ban mobil diberikan alur dan rambut?