Penyebab Suara Angin Masuk Ke Dalam Kabin

27/10/2018| Arfian Alamsyah

Tampak karet pintu Mitsubishi Mirage

Suara angin bisa masuk dari celah kabin dan karet tidak rapat

”Biasaya volume noise alias kebisingan angin akan meningkat seiring dengan peningkatan kecepatan mobil, namun kadangkala suara tersebut malah tidak terdengar karena sangat tergantung darimana datangnya arah angin,” jelas Henry Hutabarat, seorang trainer perusahaan konsultan otomotif bernama Sewells.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

Tampak ilustrasi sumber angin masuk kedalam kabin mobil

Yang dilingkari merah merupakan sumber-sumber angin masuk kedalam kabin saat mobil melaju

Sebagai media yang mengedepankan pembahasan dari sisi kacamata teknik kendaraan terutama mobil, berikut ini penyebab utama suara angin yang masuk kedalam mobil versi Mobilmo.com :

1. Gangguan suara angin yang terjadi karena adanya ketidakteraturan udara dalam bodi kendaraan.

2. Gangguan suara angin yang terjadi karena adanya kebocoran udara melalui lubang antara sambungan panel bodi kendaraan.

Mekanisme Timbulnya Suara Angin

1. Noise timbul karena udara yang masuk melalui ketidakrapian bodi kendaraan.

Tampak celah sambungan bodi mobil

Mengganti karet pintu dengan kualitas yang lebih baik akan membantu mengurangi kebisingan udara 

Jika udara mengalir melalui tonjolan atau lekukan pada bodi kendaraan, akan terbentuk kantong udara di belakangnya. Bunyi yang ditimbulkan akan masuk ke kabin penumpang melalui pintu dan jendela.

>>> Baca juga: Ketahui Penyebab Pintu Mobil Tidak Tertutup Rapat

2. Noise yang timbul dari kebocoran udara.

Pada kecepatan tinggi, tekanan udara di luar kabin penumpang akan lebih rendah daripada di dalam. Jika udara dari dalam kabin keluar melaui lubang pada weather-strip atau bodi kendaraan, dan berbenturan dengan aliran udara di luar, maka akan timbul noise. Kebocoran udara yang dimaksud :

  • Bunyi angin dapat muncul di mana saja, namun empat daerah yang ditunjukkan dalam gambar adalah yang paling sering diketahui sebagai sumbernya.
  • Beberapa penghitungan untuk bunyi angin dapat dipakai untuk melapisi lubang pada panel badan kendaraan atau untuk melapisi pintu-pintu dan kaca jendela.
  • Kendaraan modern memiliki celah pada panel body yang lebih sedikit sehingga bunyi karena angin lebih sedikit daripada kendaraan model lama.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International