Sudah Jarang Dipakai, Ini Kelebihan Spion Fender Dibanding Spion Pintu

26/12/2018 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Mungkin terlihat aneh melihat mobil dengan kaca spion terletak lebih maju dibanding spion pintu pada umumnya. Tapi tahu tidak kalau kaca cermin yang sering disebut fender mirror ini punya kelebihan tersendiri?

Bagi yang hanya terpesona dengan mobil zaman now tentu tak akan menyangka kalau di masa lalu mobil-mobil Jepang menyematkan spion fender yang terletak di bagian depan mobil atau tepatnya di atas bagian roda. Namun sejak Undang-Undang diliberalisasi tahun 1983, peletakan spion fender ini sudah tidak lagi dipakai pada mobil-mobil Barat digantikan spion pintu seperti yang ada saat ini.

Jepang yang sebenarnya menolak liberalisasi ini justru dibully dan dianggap sebagai penghambat perdagangan. Mau tidak mau, Jepang mengikuti keinginan pasar agar mobil produksinya bisa diterima di pasar international. Terlebih warga Jepang secara perlahan juga sangat tertarik dengan mobil-mobil barat dengan spion pintu.

Foto taksi Toyota Crown Comfort dengan spion fender

Taksi Toyota Crown Comford dengan spion fender masih beroperasi di Jepang

Saat ini, mobil dengan spion fender tanpa spion pintu masih bisa diketemukan di jalan raya, namun jumlahnya sangat sedikit. Spion fender yang dulu pernah menjadi komponen keselamatan standar di Jepang kini beralih fungsi sebagai aksesoris untuk membuat mobil tampil unik. Bagi mobil bergenre SUV spion fender membuat penampilan makin gagah.

Meski sudah banyak ditinggalkan, spion fender masih menjadi idola bagi sebagian kalangan sebab dianggap punya kelebihan tersendiri dibanding spion pintu. Japantimes.co.jp menulis beberapa kelebihan spion fender sebagai berikut:

1. Meningkatkan visibilitas

Menurut Ryuji Osuga, devisi teknik di Japan Automotive Manufacturers Association, spion fender lebih banyak menjangkau blind spot yang tidak tercover oleh spion pintu. Ini pula yang menjadi alasan masih banyak pengemudi taksi di Jepang yang memilih mobil dengan spion fender ketimbang spion pintu demi mengutamakan keselamatan.

"Alasan utama pengemudi taksi lebih menyukai spion fender adalah karena mereka memberikan visibilitas yang lebih baik, Ada lebih sedikit titik buta sehingga lebih mudah untuk mengkonfirmasi apa yang terjadi di bagian belakang dan samping mobil, terutama di sisi pengemudi," kata Osuga sebagaimana dikutip dari Japantimes.co.jp (18/11/2013).

>>> Mengetahui Posisi Spion Yang Ideal Pada Mobil Agar Jarak Pandang Baik

Foto bayangan objek melalui spion fender

Spion fender atau wing mirrors diklaim memiliki visibilitas lebih baik

2. Membantu bermanuver di jalanan sempit dan lalu lintas padat

Posisi spion fender yang tidak terlalu menonjol dibanding spion pintu memberi keuntungan saat bermanuver di jalanan sempit atau lalu lintas padat. Memang sih, bagi kebanyakan pengemudi tonjolan yang berselisih hanya beberapa sentimeter tidak terlalu dipermasalahkan. Namun tidak dengan pengemudi profesional seperti pengemudi taksi atau para pembalap.

"Sentimeter itu mungkin tidak masalah bagi pengemudi rata-rata," Osuga mengizinkan. "Tapi untuk pengemudi profesional, yang berada di belakang kemudi sepanjang hari, itu membuat perbedaan besar," tutur Osuga.

>>> Belajar Mengemudi Mobil di Tikungan Sempit Agar Cepat Bisa

Foto Pagani Huayra BC 2017 tampak dari depan

Pagani Huayra BC 2017, lihat spionnya bagai dua helai daun di kanan kiri

3. Memberikan privasi lebih besar kepada penumpang

Di Jepang, negara yang memberikan perlindungan privasi cukup tinggi, keberadaan spion fender sangat dibutuhkan. Pengemudi bisa berkomunikasi dan melihat ke arah penumpang di kursi belakang tanpa harus menoleh. Begitu pula saat memutar kendaraan, dengan visibilitas di bagian samping dan belakang mobil lebih luas pengemudi tidak perlu mengeluarkan kepala dan menoleh ke belakang sebab bisa disalah artikan sebagai upaya melihat penumpang di kursi belakang yang membuat penumpang merasa kurang nyaman dan risih.

"Tidak ada cara untuk menggunakan cermin pintu samping tanpa memutar kepala Anda secara signifikan ke samping," Osuga menjelaskan. "Gerakan itu mungkin disalah artikan sebagai upaya untuk melihat ke kursi belakang, dengan cara yang akan mengganggu privasi pelanggan. Untuk menghindari kemungkinan itu, dan untuk memperluas privasi sebanyak mungkin kepada pelanggan mereka, pengemudi profesional lebih suka cermin fender, yang dapat mereka gunakan tanpa menoleh." katanya melanjutkan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Foto Toyota JPN Taxi warna putih tampak dari samping depan

Toyota JPN Taxi, taksi modern yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2013 ini masih setia menggunakan spion fender

Dengan kelebihan spion fender seperti di atas, piranti ini sebenarnya masih layak jadi pilihan. Hanya saja karena mobil-mobil di Indonesia tidak ada yang diproduksi dengan spion fender, Anda harus membeli sendiri di pasar aksesoris dan memasangnya tanpa menghilangkan spion pintu.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca