Smart Intersection dari Honda Siap Kurangi Kecelakaan di Persimpangan

14/10/2018| Padli Nurdin

Kota Marysville, Ohio, merupakan kota pertama yang merupakan akses uji coba teknologi terbaru Honda, yaitu Smart Intersection. Kota yang hanya mempunyai 5.000 penduduk pada awal 1990-an telah berkembang berkali-kali lipat. Dan padatnya lalu lintas menjadi salah satu alasan kota ini menjadi rumah uji coba terbaru teknologi Honda.

Gambar yang menunjukan dasbor mobil Honda dengan Smart IntersectionGambar yang menunjukan peringatan sistem Smart Intersection pada mobil Honda

Sistem akan memperingati apabila ada potensi bahaya

Terletak di 5th and Main Street di tengah pusat kota Marysville, Smart Intersection terdiri dari serangkaian kamera bersudut lebar yang duduk di atas masing-masing lampu lalu lintas dan berkomunikasi langsung dengan head-up yang dipasang di dasbor untuk 20 armada Honda Pilot yang saat ini dikendarai secara eksklusif oleh karyawan Honda.

>>> Ini Dia Panduan Singkat Memahami Lampu Indikator Peringatan Pada Mobil

Sistem ini bekerja ketika pengemudi mendekati persimpangan, sistem akan memberi tahu pengemudi tentang bahaya yang bisa terjadi; apakah itu kendaraan yang berada di luar garis penglihatan (blind spot), pejalan kaki yang tidak terlihat, bahkan mobil yang menerobos lampu merah.

Dalam pengembangan saat ini, sistem Kendaraan ke Infrastruktur (Vehicle to Infrastructure atau disebut juga V2X) masih pasif dan hanya bisa digunakan sebagai sistem peringatan. Namun demikian, ada potensi yang jelas untuk menghubungkan teknologi Smart Intersection ke dalam teknologi keamanan aktif, seperti pengereman otomatis.

>>> Mungkin Anda tertarik, Banyak tulisan review mobil yang tertarik hanya ada di sini

Selama demonstrasi, Honda memamerkan tiga fitur deteksi utama: deteksi kendaraan darurat, deteksi pejalan kaki, dan deteksi kendaraan yang menerobos lampu merah. Dalam setiap contoh, tampilan head-up menunjukan grafik animasi besar, sementara mengingatkan pengemudi akan bahaya potensial yang bisa terjadi.

Gambar yang menunjukan kamera pada lampu lalu lintas pada teknologi Smart Intersection

Ada kamera yang akan meninjau empat sisi persimpangan

Mungkin fitur yang paling penting dalam teknologi ini adalah kemampuannya secara virtual melihat melalui bangunan berkat beberapa titik pandang kamera yang menghilangkan blind spot pengemudi. Smart Intersection bisa melihat 100 meter di luar persimpangan dari keempat arah, memberikan jarak pandang yang melampaui penglihatan pengemudi.

>>> Membeli mobil baru? Cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

Pengembangan sistem swakemudi Honda

Honda memang gigih mendorong kendaraannya menuju produksi swakemudi level tiga pada tahun 2020 dan tingkat empat pada tahun 2025. Saat ini, 20 armada awal yang terlibat dalam program ini berfungsi sebagai sampel sampai Honda menambahkan lebih banyak, dengan sasaran 300 kendaraan untuk target berikutnya.

Gambar yang menunjukan sistem teknologi Smart Intersetion

Sistem Smart Intersection meningkatkan jangkauan penglihatan

“Keberhasilan untuk kita semua - dan ada banyak pemangku kepentingan di sini - akan membutuhkan kolaborasi tingkat tinggi, yang meluas baik publik maupun swasta. Kami menyatukan sektor swasta, pemerintah, dan akademisi untuk memberikan kesempatan terbaik bagi pertumbuhan teknologi ini,” kata Ted Klaus, Wakil Presiden Strategi Penelitian di Honda R & D Americas, Inc.

Untuk saat ini, pada fase awal sistem peringatan memang belum sempurna. Smart Intersection merupakan langkah maju yang jelas bagi pembuat mobil dan pemerintah untuk beradaptasi dengan teknologi swakemudi yang tak terelakkan. Honda mengambil inisiatif memulai proyek ini, tetapi banyak pihak yang perlu berkontribusi untuk membuat teknologi V2X bisa digunakan dalam skala yang lebih besar.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    13/09/2021| Abdul

    Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    Pembangunan rest area di jalan tol terdapat aturannya. Jadi dalam pemilihan lokasi untuk pembangunan tidak sembarangan. Jarak antar rest area jalan tol diatur dalam PUPR Nomor 10 Tahun 2008. Dengan mengetahui jaraknya maka saat perjalanan dengan mobil bisa memperhitungkan akan istirahat di rest area yang pas.

  • Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    03/05/2021| Fatchur Sag

    Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    Ada aturan yang harus dipahami dan dipatuhi pengendara, bahwa putar balik di jalan tol sangat dilarang mempertimbangkan risiko buruk yang mengancam di depan.

  • Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    15/03/2021| Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.

International