Simpel, Ini 3 Alasan Mengapa Pengendara Harus Memakai Sabuk Pengaman

03/06/2020| Fatchur Sag

Keselamatan menjadi prioritas utama saat berkendara. Dan hal tersebut dipengaruhi banyak faktor mulai dari kondisi kendaraan, kondisi lalu lintas, kondisi alam hingga kondisi pengendara.

Adanya fitur keselamatan pada kendaraan juga penting, tapi lebih penting adalah mengerti dan menggunakan fitur keselamatan tersebut dengan benar. Sabuk keselamatan atau lebih familiar disebut sabuk pengaman misalnya, berfungsi melindungi pengendara dari fatalitas kecelakaan. Namun, keberadaannya menjadi tak berguna jika pengendara menyepelekan dengan tidak memakainya.

Foto menunjukkan memakai sabuk pengaman dengan benar

Wajib memakai sabuk pengaman

Ada 3 alasan simpel mengapa pengendara harus memakai sabuk pengaman, sebagaimana dibagikan Garda Oto.

1. Menjaga keselamatan

Memakai sabuk pengaman bagian dari ikhtiyar menjaga keselamatan saat berkendara. Di jalanan potensi terjadi insiden selalu ada baik yang disebabkan kecerobohan diri sendiri, kelalaian pengendara lain, hingga hal-hal yang bersifat tidak terduga seperti mengerem mendadak karena menghindari tabrakan.

Saat terjadi benturan sabuk pengaman akan otomatis mengikat kuat sehingga pengendara tidak terlempar dari kursinya. Bila sebaliknya, kalau sabuk pengaman tidak dipakai dan terjadi benturan kuat atau pengereman mendadak, pengendara bisa terlempar sehingga terbentur dashboard, setir, kursi-kursi, kaca depan, dan bahkan bisa terhempas hingga keluar kendaraan.

>>> Jangan Sepelekan, Penumpang Di Kursi Belakang Juga Wajib Pakai Sabuk Pengaman

Foto menunjukkan Pengemudi memakai sabuk pengaman

Lebih merasa aman dan nyaman jika sabuk pengaman dipakai

2. Menjaga fokus

Dengan memakai sabuk pengaman perasaan lebih nyaman dan tenang. Pengemudi bisa lebih fokus mengoperasikan kendaraan. Begitu juga penumpang lebih tenang di kursinya sambil menikmati perjalanan.

>>> Tips Sederhana Memakai Sabuk Pengaman Yang Benar Buat Ibu Hamil

3. Terhindar dari Pelanggaran UU Lalu Lintas

Memakai sabuk pengaman jadi salah satu aturan wajib saat mengoperasikan kendaraan roda empat atau lebih, khususnya untuk pengemudi dan penumpang di samping pengemudi. Hal tersebut diatur secara jelas dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pada Pasal 106 ayat 6 disebutkan; "Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan."

Foto menunjukkan Penumpang menikmati perjalanan

Bisa menikmati perjalanan

Mengabaikan aturan tersebut dengan tidak memakai sabuk pengaman adalah pelanggaran. Polisi berhak melakukan tindakan tilang dan memberikan sanksi sesuai yang sudah ditetapkan berupa pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda maksimal Rp250.000.

Pasal 289 Undang-Undang yang sama disebutkan; "Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor atau Penumpang yang duduk di samping Pengemudi yang tidak mengenakan sabuk keselamatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (6) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)."

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International