Rambu-Rambu Lalu Lintas Dilanggar, Hati-Hati Bisa Jadi Sebab Klaim Asuransi Ditolak

21/03/2020| Abdul

Mengemudikan mobil di jalan untuk pergi ke suatu tempat yang dituju tidak akan tahu akan bagaimana nantinya. Yang pasti keinginannya adalah selamat sampai tujuan dan tidak terjadi apa-apa. Namun kadang kala kecelakaan bisa saja terjadi seperti bersenggolan dengan kendaraan lain sampai yang mobil terbalik. Jika mengalami hal tersebut dan klaim asuransi ditolak maka akan membuat seseorang pusing.

Gambar ini menunjukkan seorang pria menelpon dan melihat kertan duduk di mobil dengan kap terbuka

Asuransi bisa meringankan biaya pengeluaran saat ada masalah pada mobil

>>> Baca Juga, Modifikasi Mobil Tidak Lapor, Asuransi Ogah Tanggung Kerusakan

Asuransi Mobil

Sebelumnya kita membahas asuransi terlebih dahulu. Asuransi kendaraan menjadi salah satu pilihan yang dapat diambil untuk membantu meringankan beban pemilik saat terjadi kecelakaan di jalan. Dengan begitu biaya yang perlu dikeluarkan untuk perbaikan tidaklah besar.

Meskipun begitu, ternyata masih banyak orang yang belum paham mengenai poin penting yang ada hubungannya dengan klaim asuransi. Alhasil saat klaim ditolak banyak orang awam yang tidak terima, padahal penolakan tersebut karena pemegang polis asuransi melanggar peraturan yang sudah tertera pada perundang-undangan atau polis asuransi.

Untuk istilah perlindungan asuransi ada All Risk, yang mana banyak anggapan bahwa perlindungan tersebut mencakup segala resiko yang dijamin. Akan tetapi sebenarnya tidak begitu, maksudnya adalah perlindungan komprehensif dan tidak semua masalah atau kejadian discover pihak asuransi.

 Sementara untuk asuransi jenis TLO (Total Loss Only) jika diambil makna secara harfiah maka artinya adalah hanya (jika) kehilangan total. Adapun maksudnya adalah untuk biaya perbaikan dan juga kerugian yang terjadi pada pemilik polis nilainya lebih dari 75% atau sama dengan harga kendaraan. Bahkan apabila kendaraan dicuri pihak asuransi akan menjamin kerugiannya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan selembar kertas dan bolpoin menunjukkan klaim ditolak

Klaim asuransi yang ditolak bisa dikarenakan beberapa sebab

>>> Jangan Sampai Keliru Dengan Istilah Asuransi Mobil All Risk

Klaim Asuransi Ditolak, Kenapa?

Dalam pengajuan klaim asuransi tidak serta merta di approve. Ada beberapa tahapan dan pemeriksaan kendaraan atau tempat kejadian dimana terjadi kecelakaan atau kehilangan. Jadi bisa saja klaim asuransi ditolak meskipun sudah mengambil seluruh perlindungan. Seperti misalnya saat kecelakaan yang terjadi penyebabnya adalah pengendara yang lalai atau disebabkan karena Undang-Undang Lalu Lintas yang dilanggar.

Sebagai contoh yang bisa membuat klaim ditolak seperti menerobos lampu lalu lintas, tidak membawa SIM atau sudah habis masa berlakunya, melebihi kecepatan yang telah ditentukan di jalan yang dilewati, melaju di bahu jalan, memotong marka jalan dan kelebihan muatan. Yang mana pelanggaran-pelanggaran yang disebutkan tersebut telah jelas dicantumkan dalam PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia) BAB II Pengecualian Pasal 3 ayat 4. Jadi pemegang polis asuransi perlu benar-benar memahaminya.

“Garda Oto sendiri ingin selalu memberikan peace of mind dimanapun pelanggan kami berada, oleh karena itu tidak henti kami ingatkan setiap pelanggan untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas termasuk memperhatikan masa berlaku SIM. Selama semuanya sesuai dengan aturan yang berlaku, kami pun akan selalu siap membantu, tetaplah berkendara aman karena pelanggaran adalah awal dari kecelakaan” papar L. Iwan Pranoto yang merupakan SVP Communication, Event & Service Management dalam keterangan resminya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melaju di jalanan dan satu mobil di bahu jalan

Patuhi peraturan rambu lalu lintas agar klaim asuransi diaprove

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai melanggar lalu lintas bisa jadi sebab klaim asuransi ditolak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International