Penumpang Mabuk Perjalanan dan Muntah, Perlukah Dimarahi?

05/03/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Singkatnya, mabuk perjalanan itu tidak enak karena secara psikis mereka yang mengalaminya merasa tertekan dan down, serta secara fisik kondisinya payah bukan main. Lalu, kalau Anda yang punya mobil apakah penumpang mabuk perjalanan dan muntah di dalam mobil Anda perlu dimarahi?

Foto naik mobil bersama keluarga

Jika tidak ada masalah, travelling bersama menjadi aktifitas paling menyenangkan

Beberapa orang tergolong mudah mabuk perjalanan dan muntah. Bahkan jika disuruh memilih mereka lebih memilih stand by di rumah sambil menonton televisi dari pada bepergian. Atau jika terpaksa harus berpergian mereka lebih memilih naik motor ketimbang naik mobil. Karena alasan tidak mengenakkan ini pula orang memilih mengurungkan niat mengunjungi destinasi wisata yang jadi tujuan banyak orang.

Seperti disebut di atas orang yang mabuk perjalanan dan muntah mengalami tekanan baik secara fisik dan psikis. Secara fisik mereka terlihat payah bukan main serta kehilangan daya. Secara psikis mereka bisa down, dan seolah kepercayaan diri. Mereka juga merasa sangat malu dengan orang-orang sekitar, terutama dengan pemilik mobil karena sudah mengotori mobilnya dengan sesuatu yang menjijikkan.

Lantas bagaimana jika yang mabuk perjalanan dan muntah itu penumpang mobil Anda, sementara Anda dalam posisi mengemudi. Perlukah dimarahi?

Jawabannya simpel, sebaiknya jangan. Mereka sudah mengalami tekanan lahir batin yang hebat. Bakal lebih tertekan lagi jika Anda marah-marah. Daripada memarahi, jauh lebih baik jika Anda memberikan solusi, misalnya Menyarankan untuk minum obat atau suntik anti mabuk sebelum berangkat bepergian. Jika sudah terlanjur di perjalanan, sarankan ke mereka untuk tidur sehingga tidak merasa mual maupun ingin muntah.

>>> Biar Tak Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil, Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini!

Penumpang mobil mabuk perjalanan

Penumpang mabuk perjalanan dan muntah mengalami tekanan hebat

Penyebab penumpang mabuk perjalanan dan muntah bermacam-macam, mulai dari tempat duduknya yang tidak strategis dan tidak sesuai dengan keinginan penumpang. Atau, karena belum konsumsi apapun sehingga perut penuh udara lalu masuk angin. Bisa jadi, mabuk perjalanan itu terjadi karena banyaknya mengobrol dengan penumpang yang lain.

Dengan mengetahui penyebab sudah diutarakan tersebut, Anda bisa mendeteksi solusi yang akan diberikan. Diantaranya adalah memindah posisi penumpang yang semula berada di pojok belakang dan bau bensin, di pindah ke tengah atau lokasi strategis lain yang sesuai keinginan. Selain itu, solusi lainnya adalah dengan menawarkan makanan sehingga perut tidak kembung karena kemasukan udara yang terlalu banyak, atau dengan cara membiarkan penumpang yang mudah mabuk perjalanan untuk istirahat dan tidak mengajaknya mengobrol.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Sarankan juga kepada penumpang Anda sebelum memulai perjalanan untuk membawa perlengkapan kesehatan sehari-hari seperti minyak kayu putih untuk mengatasi kembung dan masuk angin, atau antangin, fresh care, balsem dan yang lain yang mampu mengalihkan perhatian bau kendaraan penyebab muntah dan mual.

Penyebab lain kenapa seseorang akhirnya mabuk kendaraan adalah karena kondisi alat transportasinya yang kurang memadai. Entah itu karena alat transportasinya yang sudah tua, atau karena cara mengendarainya yang kurang nyaman. Cobalah untuk memilih alat transportasi yang kondisinya masih bagus dan dengan supir yang berpengalaman untuk mengurangi kemungkinan mabuk perjalanan dan muntah.

>>> 6 Tips Mengatasi Agar Anak Tidak Mabuk Saat Perjalanan Jauh

Foto Obat Anti Mabuk Antimo

Antisipasi biar tidak mabuk, minum obat anti mabuk sebelum perjalanan

Solusi lain yang bisa Anda lakukan sebagai jaga-jaga kalau penumpang mabuk perjalanan dan muntah yaitu menyediakan plastik kresek dalam mobil. Tujuannya adalah agar tidak sampai mengenai baju maupun mengotori kendaraan. Baju dan kendaraan yang kotor karena muntah memicu penumpang untuk kembali muntah dan membuat penumpang lain tidak nyaman berada di dekat yang bersangkutan.  

Singkat kata, tidak ada penumpang yang ingin mabuk perjalanan dan muntah. Travelling bagi mereka yang tidak mabuk adalah kesempatan yang menyenangkan karena bisa mengunjungi destinasi wisata yang baru dengan kondisi badan yang sehat bugar.

>>> Ingin membeli mobil, jangan abaikan daftar harga mobil terupdate dan terlengkap hanya ada di sini

Tapi kalau mereka yang memiliki kebiasaan mabuk turut serta dalam di mobil Anda dan Anda mengetahui, lebih baik buat Anda untuk melakukan antispasi dengan hal-hal tersebut di atas. Bukan keputusan bijak dan terbaik jika Anda harus memarahi penumpang yang mabuk perjalanan dan muntah di mobil Anda karena mereka sendiri juga tidak menginginkan dan kondisinya sudah sangat tersiksa. So, coba cara di atas agar nyaman selama berkendara bersama penumpang yang mabuk kendaraan.

Foto plastik kresek ukuran kecil

Keberadaan plastik kresek di mobil cukup penting dan bermanfaat untuk berjaga-jaga jika ada penumpang mabuk, cari yang warna hitam

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin

    20/03/2019

    Segelintir pengguna kendaraan menahan keinginan untuk buang air kecil karena berbagai alasan. Tahukah Anda bahwa menahan kencing saat mengemudi memiliki dampak sangat berbahaya, mulai terkena batu ginjal hingga kehilangan fungsi alat kelamin.

  • Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?

    19/03/2019

    Kendaraan atau wahana odong–odong menjadi salah satu wahana favorit anak – anak. Belum lagi, harganya yang murah. Perkembangan odong–odong juga mengalami kemajuan. Jika dulu odong–odong hanya dikayuh dengan berkeliling, sekarang odong–odong juga mengalami modifikasi. Salah satunya adalah mengubah mobil sebagai odong–odong. Lantas bolehkah mobil dimodifikasi jadi odong–odong?

  • Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi

    18/03/2019

    Meski punya skill mengemudi yang mumpuni, sebaiknya keamanan selalu diprioritaskan. Terlebih bila Anda seorang perempuan berparas cantik, selain selalu waspada dengan keadaan sekitar, Anda benar-benar mempersiapkan diri agar selalu aman saat mengemudi. Bila perlu siapkan juga alat-alat yang bisa melindungi dari tindakan 'buruk' orang lain.