Biar Tak Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil, Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini!

07/01/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Sebagian orang mabuk perjalanan sudah jadi kebiasaan. Entah karena alasan tak tahan AC, tak enak badan hingga efek makanan dan minuman. Lantas, apa saja jenis makanan dan minuman yang wajib dihindari agar Anda terhindar dari risiko mabuk di dalam mobil nanti?

Pergi berlibur memang seru dan menyenangkan. Sayangnya, ada beberapa hal yang bisa mengganggu keasyikan dan serunya liburan, seperti mabuk perjalanan saat berkendara naik mobil. Untungnya, masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah berkat beberapa trik yang dapat Anda ikuti, seperti menghindari beberapa jenis makanan atau minuman.

Makanan dan Minuman yang Dihindari Agar Tidak Mabuk Perjalanan

1. Gorengan

Foto Gorengan kaki lima

Selain bisa sebabkan kolesterol, gorengan bisa picu mabuk perjalanan

Selain tidak sehat, terutama jika digoreng menggunakan minyak dari lemak hewani yang kaya lemak trans atau minyak bekas, gorengan juga dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan Anda. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan minyak di dalam makanan yang dapat mengganggu pencernaan, sehingga tubuh pun jadi terasa kurang nyaman di sepanjang perjalanan Anda di dalam mobil nantinya.

2. Alkohol

Foto macam-macam Minuman beralkohol

Hindari minuman beralkohol kapan pun dan dimana pun

Konsumsi alkohol, terutama dalam jumlah berlebih, baik itu sebelum atau saat sedang berkendara akan memicu gejala mabuk perjalanan. Hal ini dikarenakan kinerja alkohol yang dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi dengan lebih cepat di dalam tubuh. Selain itu, alkohol pun dapat menimbulkan rasa mual dan sakit kepala yang jelas tidak akan membuat perjalanan Anda selama di mobil nanti nyaman.

>>> Inilah Obat Paling Ampuh Usir Ngantuk Saat Menyetir

3. Daging dan Keju Dingin

Foto sandwich dingin siap saji

Jika tak tahan, sandwich dingin bisa bikin mabuk perjalanan

Banyak traveler atau pelancong yang memilih sandwich sebagai pilihan makanan untuk mengisi perut sebelum memulai perjalanan, termasuk sandwich yang dibeli dari mini market. Padahal, sandwich dari swalayan terbuat dari bahan-bahan beku yang tak lagi segar. Hal tersebut pun berarti risiko adanya kandungan bakteri maupun mikroorganisme lainnya yang lebih besar di dalam makanan tersebut, sehingga tubuh justru akan merasa mual selama perjalanan nanti. Dan dampak negatif tersebut bisa jadi makin parah jika kondisi tubuh sudah tidak fit sejak awal, misalnya karena kelelahan.

>>> Membeli mobil baru, cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

4. Makanan Non-Vegetarian

Foto Sardines ikan siap makan

Lebih sulit dicerna ketimbang nabati, daging dan ikat bisa picu mual di perjalanan

Berbagai jenis makanan non-vegetarian seperti daging merah, ikan, dan ayam perlu waktu lebih lama agar dapat dicerna oleh tubuh. Karenanya, hindari konsumsi jenis-jenis makanan tersebut sebelum Anda memulai perjalanan karena efeknya bisa mempersulit proses pencernaan di dalam tubuh, yang bisa memicu timbulnya rasa mual dan bisa membuat mabuk perjalanan.

>>> Mungkin Anda tertarik, Banyak tulisan review mobil yang tertarik hanya ada di sini

5. Susu dan Produk Olahannya

Foto Yogurt dalam gelas

Enak sih, tapi olahan susu bikin memperbesar risiko mabuk perjalanan

Susu maupun produk olahannya, misal krim dan keju, dapat memperbesar resiko timbulnya rasa mual dan tidak nyaman pada perut sepanjang perjalanan, termasuk saat mengendarai mobil. Selain itu, jenis makanan ini pun bisa menimbulkan sensasi kembung pada perut yang jelas akan memperparah rasa mual yang timbul.

>>> Berniat Liburan Bersama Keluarga, Berikut Tips Mencegah Anak mabuk Perjalanan

Tips Bebas Mabuk Perjalanan Lainnya

Masih ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi gejala mabuk perjalanan selama di mobil nanti. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat dan mampu mencegah mabuk darat, seperti banyak minum air putih dan menghindari makanan berlemak atau makanan pedas. Selain itu, hindari makan sampai kekenyangan yang jelas akan membuat perut makin tak nyaman di dalam mobil nantinya.

Selain itu, pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela dan hindari penggunaan pewangi mobil dengan aroma kuat agar tidak memperparah mual yang timbul. Mengonsumsi permen jahe pun sudah lama jadi solusi untuk mencegah maupun mengatasi mabuk perjalanan, baik itu di darat, laut, maupun udara. Anda juga bisa pertimbangkan opsi untuk pindah tempat duduk ke samping pengemudi untuk mengatasi rasa mual yang timbul.

Foto Antimo, obat anti mabuk

Antisipasi biar tidak mabuk, minum obat anti mabuk sebelum perjalanan

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin

    20/03/2019

    Segelintir pengguna kendaraan menahan keinginan untuk buang air kecil karena berbagai alasan. Tahukah Anda bahwa menahan kencing saat mengemudi memiliki dampak sangat berbahaya, mulai terkena batu ginjal hingga kehilangan fungsi alat kelamin.

  • Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?

    19/03/2019

    Kendaraan atau wahana odong–odong menjadi salah satu wahana favorit anak – anak. Belum lagi, harganya yang murah. Perkembangan odong–odong juga mengalami kemajuan. Jika dulu odong–odong hanya dikayuh dengan berkeliling, sekarang odong–odong juga mengalami modifikasi. Salah satunya adalah mengubah mobil sebagai odong–odong. Lantas bolehkah mobil dimodifikasi jadi odong–odong?

  • Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi

    18/03/2019

    Meski punya skill mengemudi yang mumpuni, sebaiknya keamanan selalu diprioritaskan. Terlebih bila Anda seorang perempuan berparas cantik, selain selalu waspada dengan keadaan sekitar, Anda benar-benar mempersiapkan diri agar selalu aman saat mengemudi. Bila perlu siapkan juga alat-alat yang bisa melindungi dari tindakan 'buruk' orang lain.