Mudik Lebaran : Bawa Uang Tunai Yang Cukup

23/05/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Penting untuk membawa uang tunai saat mudik sebab tak semua kebutuhan dipenuhi dengan uang elektronik seperti kartu kredit atau ATM.

Lebaran, momen dimana umat muslim meluapkan kebahagiaan karena mampu melewati masa satu bulan Ramadhan penuh perjuangan. Kebahagiaan makin bertambah dengan mereka berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Mereka yang sedang di peratauan rela meninggalkan pekerjaannya untuk 'pulang kampung' demi pertemuan indah tersebut.

Foto menunjukkan barang-barang yang akan dibawa mudik

Banyak yang harus dipersiapkan untuk mudik lebaran

Nah, bagi Anda yang berada berencana untuk mudik lebaran tahun ini sebaiknya lakukan persiapan secara matang baik dalam hal kesehatan, sarana transportasi maupun perbekalan seperti uang, pakaian, makanan dan minuman secukupnya untuk persediaan dalam perjalanan. Khusus untuk perbelakan berupa uang, seperti diketahui ada dua jenis uang yang paling kita kenal, uang tunai dan uang elektronik seperti ATM, kartu kredit, kartu debit, e-toll dan lain-lain.

>>> Terlanjur Masuk Tol Dan Saldo E-Toll Tidak Cukup, Ini Solusinya

Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Uang elektronik lebih aman karena Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak yang berpotensi memancing tindak kejahatan orang tak bertanggung jawab. Uang elektronik penting untuk keperluan transaksi berbasis elektronik seperti membayar tol, parkir dan lainnya.

Sementara uang tunai meski dari sisi keamanan tidak lebih aman dari uang elektronik tetap harus tersedia sebab tidak semua keperluan saat mudik bisa dipenuhi dengan uang elektronik. Bawalah uang tunai secukupnya terutama saat di perjalanan untuk jaga-jaga barang kali Anda benar-benar membutuhkan. Seperti diketahui transaksi uang elektronik hanya digunakan di lokasi-lokasi tertentu seperti tol, mall modern dan yang lain. Di lokasi-lokasi lain atau untuk keperluan lain masih lebih banyak yang hanya menerima uang tunai seperti di toko-toko atau warung pinggir jalan, di parkiran biasa atau untuk jasa sesuatu.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto menunjukkan uang tunai dikeluarkan dari amplop

Bawalah uang tunai secukupnya, tidak terlalu banyak juga tidak terlalu kurang

Sekali lagi, bawalah uang tunai secukupnya saat Anda mudik terutama saat di perjalanan. Sedangkan saat sampai di tempat tujuan atau di kampung halaman, Anda bisa membawa uang elektronik berupa kartu ATM dan yang lain lalu mengambilnya di ATM terdekat manakala benar-benar dibutuhkan. Jangan hanya karena alasan keamanan Anda hanya membawa sedikit sekali uang tunai. Hal ini bisa membuat Anda repot manakala membutuhkan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca