Bingung Memilih Rest Area saat Mudik, Perhatikan 5 Tips dan triknya

01/06/2018| Abdul

Dalam memilih rest area saat mudik membutuhkan trik tersendiri. Mengingat saat musim mudik tiap rest area kerap dipenuhi oleh pemudik. Biasanya yang paling penuh dan membludak oleh pemudik adalah SPBU. Berikut ini merupakan tips untuk mencari rest area supaya dapat beristirahat dengan nyaman.

1. Mencari masjid jika SPBU penuh

Adapun alasan mengapa SPBU dipenuhi oleh para pemudik adalah lengkapnya fasilitas seperti musholla, Toilet, minimarket dan hal lain yang dibutuhkan. Jadi tidak heran jika para pemudik memilih tempat ini untuk beristirahat dan menghilangkan rasa lelah. Hasilnya adalah pemudik yang meluber sampai bahu jalan. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa mencari masjid atau musholla di pinggir jalan. Memang biasanya juga telah ramai, namun lebih baik dibandingkan di SPBU.

Gambar ini menunjukkan sebuah masjid dengan 2 buah mobil di depannya

Mencari tempat istirahat saat melakukan perjalanan mudik memang diperlukan

>>> Baca juga, Perjalanan Mudik Tetap Puasa, Begini Cara Paling Mudah Atasi Dehidrasi di Perjalanan

2. Berpikir dahulu sebelum rehat di rumah warga

Pada saat musim mudik banyak sekali warga yang memanfaatkan momen tersebut dengan membuat rest area dadakan. Biasanya rumah mereka digunakan untuk dimanfaatkan oleh pemudik supaya dapat beristirahat. Akan tetapi yang perlu menjadi pertimbangan adalah masalah kebersihan, karena banyak rumah warga yang dijadikan rest area dengan keadaan seadanya.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi tempat untuk rest area mudik

Pilihlah rest area untuk istirahat yang nyaman

Namun jika terdapat rumah warga yang resik dan bersih serta terlihat nyaman untuk beristirahat, maka tidak salah memilihnya untuk sejenak menghentikan laju kendaraan Anda untuk menghilangkan rasa lelah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informai seputar tips dan trik terbaru lainnya

3. Melakukan Rehat di sekolah dan kantor dinas

Di sepanjang jalur Pantura terdapat kantor pemerintah yang membuka rest area, seperti Kantor Dinas PU, Bulog dan sekolah juga membuka diri untuk para pemudik yang akan melakukan istirahat.perlu diketahui, biasanya rest area yang disediakan oleh pemerintah atau sekolah lebih nyaman bila dibandingkan dengan rumah warga. Bahkan beberapa kantor polisi juga dijadikan rest area supaya para pemudik dapat menghilangkan rasa lelah mereka.

Gambar ini menunjukkan tulisan rest area dengan background warna biru

Gunakan waktu sebaik-baiknya saat berhenti di rest area seperti memulihkan tenaga

>>> Klik di sini untuk mengupdate berita Mobil terbaru yang ditawarkan oleh cintamobil.com

4. Mencari tempat yang terang dan juga ramai

Perlu diperhatikan ketika memilih rest area saat mudik di malam hari. yang mana di waktu ini akan lebih berbahaya dan beresiko terjadi kejahatan. Oleh sebab itu, ketika ingin beristirahat di malam hari saat mudik alangkah baiknya memilih tempat yang ramai dan terang. Tujuannya adalah supaya aman saat beristirahat. Ingatlah bahwa kejahatan selalu mengintai dimana saja, apalagi saat musim mudik.

Gambar ini menunjukkan sebuah rest area yang ramai pemudik dalam kondisi malam hari

Mencari rest area yang aman sangat diharuskan terutama di malam hari

>>> Mungkin tertarik, Lelah Mengemudi, Mampir Saja Di Rest Area. Gratis Kok

5. Mencari rest area arah Jakarta

 Tidak dipungkiri bahwa rest area yang keluar dari arah Jakarta atau ke arah Jawa biasanya penuh, baik SPBU atau musholla dan tempat lainnya. jika mengalami hal tersebut, solusinya adalah mencari rest area yang menuju arah Jakarta yang biasanya letaknya di seberang jalan.

gambar ini menunjukkan SPBU dalam kondisi agak sepi dengan beberapa mobil terlihat berbaris

Rest area yang menuju arah Jakarta biasanya tidak dibanjiri oleh pemudik

Biasanya SPBU atau musholla yang menuju arah Jakarta terbilang sepi. Karena semua pemudik biasanya menjauh dari Jakarta. Akan tetapi masalahnya adalah pemudik kerap sekali malas atau atau gak mau berusaha. Karena memang harus memutar balik supaya mendapatkan SPBU atau Masjid yang tenang. Pada umumnya pemudik yang menuju arah Jakarta relatif sedikit.

Demikianlah tips memilih rest area saat mudik, jangan paksakan untuk terus berkendara tanpa istirahat. Apalagi perjalanan yang ditempuh dengan jarak yang panjang serta membutuhkan waktu yang lama. Mungkin juga pemudik punya trik tersendiri agar dapat beristirahat di rest area yang nyaman, atau memiliki tempat khusus seperti rumah teman dan saudara yang berdekatan dengan jalur mudik yang dilewati.

Berita sama topik

  • Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    23/04/2020| Abdul

    Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    Bulan Ramadhan hampir tiba, ditambah lagi sekarang sedang liburan. Tapi ingat, untuk liburan kali ini karena mencegah penyebaran virus corona. Jadi masyarakat perlu benar-benar memperhatikannya. Kalau ada pertanyaan ingin liburan atau berada di rumah, sebaiknya tetap berada di rumah mengikuti arahan pemerintah.

  • Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    13/03/2020| Fatchur Sag

    Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    Beragam skenario pengaturan lalu lintas, perlengkapan, dan peralatan dipersiapkan jajaran Polres Cirebon Kota dalam rangka menyambut musim mudik Lebaran 2020.

  • Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    03/06/2019| Fatchur Sag

    Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    Mudik lebaran sering jadi kesempatan sebagian pemudik untuk melampiaskan kebahagiaan secara berlebihan. Ini kurang baik dan sebaiknya anda hindari, sebab aji mumpung bisa berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan. Kok bisa?

International